Sukses


Elber Ungkap Perbedaan Kultur di Bayern Munchen dan AC Milan

Bola.com, Jakarta - Mantan pemain timnas Brasil, Giovane Elber, mengungkapkan pengalamannya ketika berseragam Bayern Munchen dan AC Milan. Elber mengaku lebih nyaman dengan kultur sepak bola Jerman ketimbang di Italia.

"Menurut saya, gaya permainan sepak bola di Italia cenderung defensif. Saya sejujurnya tidak nyaman dengan situasi itu," kata Elber dalam sebuah acara bertajuk Allianz Junior Football Camp (AJFC), di The Hook Cafe, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Sabtu (8/7/2017).

"Akan tetapi, di Jerman berbeda dengan Italia. Sepak bola Jerman lebih mengedepankan gaya bermain menyerang dan sebisa mungkin mencetak banyak gol," sambung Elber.

Giovane Elber juga berbagi pengalaman ketika bermain di kompetisi tanah kelahirannya, Brasil. Menurut pria 44 tahun tersebut, gaya bermain di Brasil lebih mengedepankan kualitas teknik ketimbang negara-negara lain.

"Ketika berada di Brasil, Anda akan melihat gaya permainan sepak bola indah secara menyeluruh. Namun, level permainan di kompetisi Brasil masih terpaut jauh dengan Jerman dan Italia," tutur Elber.

Sebelum pensiun sebagai pemain pada September 2006, Giovane Elber sempat berseragam Londrina EC, AC Milan, Olympique Lyon, hingga Borussia Mönchengladbach. Namun, dia meraih sukses dalam kariernya ketika membela Die Bayern.

Selama enam musim memperkuat Bayern Munchen, Giovane Elber berhasil meraih empat gelar Bundesliga, empat DFB Pokal, empat Piala Liga Jerman, serta satu Liga Champions.

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, La Liga, Liga Champions dan Liga Europa, dengan kualitas HD di sini

Video Populer

Foto Populer