Sukses


Transportasi Publik di Kota Kelahiran Cristiano Ronaldo

 

Laporan eksklusif jurnalis Bola.com dari Madeira, Portugal. Bola.com, Funchal – Sebagai pulau yang menjadi destinasi turis asing sepanjang tahun, sarana transportasi umum di kota kelahiran Cristiano Ronaldo, pulau Madeira, boleh dibilang mencukupi. Turis asing dijamin bisa menjelajahi pulau yang luas areanya sekitar 801 kilometer persegi tanpa kesulitan yang berarti.

Berikut ini merupakan pengalaman Bola.com menjajal transportasi publik ketika mengunjungi tanah kelahiran megabintang Real Madrid tersebut:

Aerobus/Bus Bandara

Aerobus mempermudah transportasi dari bandara Cristiano Ronaldo ke halte-halte di Madeira. (bola.com/Reza Khomaini)

Anda bisa menghemat puluhan euro jika menggunakan fasilitas Aerobus atau Bus Bandara untuk menuju kota Funchal atau kota-kota lainnya di pulau Madeira. Harga tiket one way atau untuk satu kali jalan dari Aeroporto Da Madeira – Cristiano Ronaldo (Bandara Madeira) menuju Funchal, yang ditumpangi Bola.com hanya bertarif 5 euro atau sekitar Rp 75 ribu.

Bus bandara ini cukup nyaman dan ramah untuk kalangan difabel. Pihak Aerobus juga menawarkan harga lebih murah jika penumpang membeli tiket untuk pulang pergi atau bandara – Funchal dan Funchal – bandara. Dengan merogoh kocek sebesar 8 euro, Anda sudah mengantongi jasa transportasi publik kedatangan dan kepulangan.

Aerobus jurusan Funchal akan berhenti di 24 pemberhentian/halte. Setiap pemberhentian, pihak pelayanan Aerobus mencatumkan nama-nama hotel dan penginapan yang terdapat di dekat lokasi. Jadi, bagi turis yang masih bingung atau belum mengetahui di mana harus turun dari bus, cukup menginfokan kepada supir nama hotel Anda di kota Funchal.

2 dari 2 halaman

Angkutan Kota dan Skuter di Madeira

Bus Kuning

Yellow Bus atau bus kuning menjadi kendaraan umum yang lazim di kota Funchal, Madeira. (Bola.com/Reza Khomaini)

Tidak ada nama khusus untuk bus angkutan kota di pulau Madeira ini. Namun, karena berwarna kuning, masyarakat setempat pun menamai transportasi publik ini dengan sebutan Yellow Bus (bus kuning).

Bus ini paling banyak beroperasi di kota Funchal. Tarif untuk sekali jalan adalah 1,90 euro atau sekitar Rp 28 ribu. Harga ini hanya berlaku jika Anda membelinya dari supir bus. Jika ingin lebih murah, Anda bisa membelinya di gerai-gerai transportasi publik. Dengan menggunakan kartu berbentuk ATM, Anda bisa mengisi kredit di kartu sebanyak mungkin di gerai-gerai transportasi publik.

Tarif satu kredit seharga 1,35 euro atau sekitar Rp 20 ribu. Untuk menggunakannya, penumpang harus men-tap kartu tersebut ke mesin yang berada di pintu masuk bus. Letaknya berada tidak jauh dari tempat duduk supir bus. Kartu ini wajib digunakan kalangan turis yang berlibur di area Funchal. Selain karena harganya yang ekonomis, jurusan yang ditawarkan pihak layanan bus reguler ini sangat banyak.

Taksi

Taksi menjadi satu di antara pilihan transportasi di Madeira. (Bola.com/Reza Khomaini)

Untuk moda transportasi satu ini, sepertinya sudah wajib ada di belahan dunia mana pun. Taksi menjadi alternatif terakhir bagi turis dengan bujet pas-pasan dan tidak begitu paham dengan rute bus reguler. Tidak usah khawatir, di Madeira pihak pemerintah setempat menjamin argometer yang digunakan taksi di Madeira tidak akan menipu para turis.

Untuk di wilayah Funchal, tarif dari pinggir Funchal menuju pusat kota berkisar 5 euro hingga 10 euro, bergantung jarak. Sayangnya, di Madeira, jasa taksi online seperti belum ada.

Saat Bola.com mencoba menggunakan jasa salah satu taksi online tersebut, aplikasi taksi online di telepon selular menyebutkan bahwa belum ada akses pelayanan di kampung Cristiano Ronaldo.

Sewa Skuter

Pilihan ini bisa menjadi alternatif lain bagi para turis yang ingin mengeksplor Madeira dengan waktu yang singkat. Harga per hari rata-rata sekitar 25 euro. Karena tujuan Bola.com di kota Funchal adalah menelusuri jejak Cristiano Ronaldo ketika masih kecil, skuter atau motor matik menjadi pilihan yang paling pas.

Harga 25 euro atau sekitar Rp 375 ribu per hari tergolong wajar. Di beberapa tempat di Eropa yang juga kepulauan seperti Gran Canaria, Mallorca, dan Ibiza, tarif sewa motor matik tidak jauh berbeda. 

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, La Liga, Liga Champions dan Liga Europa, dengan kualitas HD di sini

Video Populer

Foto Populer