Sukses


Koleksi Museum Cristiano Ronaldo: Makna Foto Mandela

 

Laporan eksklusif kontributor Bola.com, Reza Khomaini, dari Madeira, Portugal Bola.com, Funchal -  Sejak diresmikan pada Desember 2013, CR7 Museu atau Museum Cristiano Ronaldo menjadi destinasi penting yang harus dikunjungi turis di pulau Madeira. Museum yang letaknya area Pestana CR7 Hotel ini, menawarkan para pengunjung untuk mengenal lebih dalam sejarah kehidupan peraih gelar Ballon d’Or lima kali itu.

Bola.com pada awal Desember 2017 sempat mengunjungi museum yang terletak di jalan Av. Sa Carneiro, 9000-017 Funchal itu. Banyak hal yang menarik yang bisa kita didapati. Berikut ini beberapa hal yang mungkin pembaca belum ketahui seputar CR7 Museu.

Patung dan harga tiket

Patung Cristiano Ronaldo di depan CR7 Museum, di Funchal, Madeira, Portugal. (Bola.com/Reza Khomaini).

Sebelum masuk Museum Cristiano Ronaldo, para pengunjung akan disambut terlebih dahulu dengan patung perunggu Cristiano Ronaldo. Berbeda dengan yang terdapat  di bandara Madeira, patung yang berada di depan pintu masuk museum ini boleh dibilang merepresentasikan gaya khas CR7 saat hendak mengeksekusi bola mati atau selebrasi mencetak gol.

Pembukaan Museum Cristiano Ronaldo di area hotel miliknya itu dilakukan 6 Juni 2016. Posisi patung Ronaldo pun kabarnya sempat digeser beberapa meter agar bisa lebih dekat dengan pintu masuk museum.

Patung karya seniman Madeira kelahiran Brazil, Ricardo Velosa, ini menjadi magnet bagi turis asing. Semua yang melewati jalanan hotel milik Cristiano Ronaldo dan juga pengunjung museum, menyempatkan waktu untuk berpose dengan patung tersebut.

Untuk tiket masuk museum sendiri tergolong murah. Pengunjung dikenakan biaya 5 Euro atau sekitar Rp 75 ribu untuk bisa melihat ratusan trofi dan penghargaan yang diraih kapten Tim Nasional Portugal itu selama karier sepak bolanya. Selain itu, pengunjung akan mendapat informasi yang cukup lengkap tentang jejak Ronaldo kecil di Madeira.

"Semua koleksi di museum ini mengupas sejarah Cristiano Ronaldo dari masih kecil hingga sekarang. Nah, dalam waktu dekat, kami harus menambah jumlah penghargaan karena Ronaldo berhasil meraih trofi Ballon d'Or kelimanya," terang Linton Fereira, petugas Museum Cristiano Ronaldo kepada Bola.com.

2 dari 3 halaman

3 foto penting

Ada banyak dokumentasi yang diperlihatkan di CR7 Museu. Namun, di antara ratusan foto-foto digital yang dipamerkan di museum seluas 1400 meter itu, Bola.com melihat tiga foto Ronaldo dengan pigura yang mengundang pertanyaan.

Tiga foto itu adalah foto Ronaldo bersama legenda sepak bola Portugal, Eusebio, foto dengan mantan Presiden Afrika Selatan, Nelson Mandela, dan terakhir pose foto mantan gelandang Manchester United itu bersama sang kakak. Hanya tiga foto bersama ketiga sosok penting di atas yang dipigura dan dipanjang.

Banyak foto-foto Ronaldo bersama sosok penting dalam karir sepak bolanya. Namun semua itu dimasukannya dalam dokumentasi foto versi digital, bukan cetakan yang pigura. Saat Bola.com menanyakan mengenai ketiga foto tersebut, Linton Fereira yang bertugas sebagai pemandu pengunjung museum menjelaskan, ketiga foto tersebut merupakan permintaan dari Cristiano Ronaldo.

"Saya kurang tahu alasannya apa, tetapi semua pemasangan penghargaan, piala, jersey, dan dokumentasi itu sudah dikonsultasikan dengan Cristiano Ronaldo. Jadi ketiga foto itu bisa dibilang permintaan langsung dari yang bersangkutan," ujar Linton.

Linton berpendapat, ketiga sosok di foto tersebut bisa saja memberikan pengaruh positif dalam kehidupan Ronaldo. Selain itu juga, sosok seperti Eusebio sebagai legenda sepak bola Portugal tentu menjadi inspirasi Ronaldo di dunia sepak bola.

"Eusebio adalah legenda. Tentu membanggakan bisa berfoto dengan legenda. Sekarang malah Ronaldo berhasil melewati pencapaian Eusebio. Termasuk Nelson Mandela yang merupakan sosok pemimpin berpengaruh di perpolitikan Afrika Selatan. Mungkin ini yang menjadi mereka spesial di mata Ronaldo," ujar Linton.

Sementara itu, soal foto sang kakak, Hugo Aveiro, Linton dengan singkat mengatakan, "Karena Hugo adalah saudara kandungnya."

3 dari 3 halaman

Sponsor klub lokal

Kepedulian Cristiano Ronaldo terhadap sepak bola di kampung halamannya sangat tinggi. Tidak hanya CF Andorinha dan CD Nacional Madeira, yang memperoleh prosentase pembelian dari dana transfer saat Ronaldo dibeli Manchester United dan Real Madrid.

Ronaldo juga berperan besar menghidupkan salah satu klub kecil di tanah kelahiran, yakni CF Uniao (dibaca: Union) da Madeira. Di klub lokal yang berlaga di Divisi 3 Ligapro Portugal ini, CR7 Museu atau Museum Cristiano Ronaldo menjadi sponsor utamanya.

Keuntungan yang diperoleh pihak museum dari kunjungan turis yang membeli tiket masuk 5 euro itu akan disumbangkan untuk biaya operasional dan gaji pemain dari klub CF Uniao da Madeira. Di jersey klub divisi bawah itu tertempel tulisan dan logo Museum Cristiano Ronaldo.

"Iya, museum ini menjadi sponsor utama CF Uniao. Ronaldo ingin sepak bola di Madeira berkembang. Saat ini, Madeira memiliki SC Maritimo yang bermain di liga teratas. Ada CD Nacional yang pernah dibela Ronaldo yang bermain di divisi bawahnya. Lalu ada dua klub kecil lainnya, yakni Andorinha yang juga klub kecil Ronaldo, dan CF Uniao. Ronaldo ingin semuanya berkembang. Ia sangat peduli terhadap persepak bolaan di kampung halamannya," kata Linton Fereira.

Bersambung...

Baca dan saksikan berita serta vlog liputan khusus Bola.com di Madeira, Portugal melalui tautan ini: Bola.com ke Madeira. 

 

Video Populer

Foto Populer