Sukses


Duel Sengit Antarlini Real Madrid Vs PSG

Bola.com, Madrid - Partai antara Real Madrid kontra Paris Saint-Germain (PSG) pada leg pertama Liga Champions 2017-2018, Rabu (14/2/2018), menjadi sorotan para pencinta sepak bola di seluruh dunia. Banyak pihak menyebut pertandingan tersebut sebagai "perang bintang".

Real Madrid dan PSG sama-sama memiliki materi pemain berkualitas yang melimpah di setiap lini. Menurut catatan Transfermarkt, skuat Los Blancos memiliki nilai 858,5 juta euro (Rp 14,48 triliun) sementara penggawa Les Parisiens bernilai 756,5 juta euro (Rp 12,76 triliun).

Tidak heran apabila kedua kesebelasan sama-sama memiliki skuat bernilai tinggi, terdapat nama-nama besar menghuni ruang ganti mereka. Di kubu Real Madrid, ada Cristiano Ronaldo, Gareth Bale, dan Toni Kroos, sementara pemain termahal dunia, Neymar, memperkuat PSG bersama Edinson Cavani dan Kylian Mbappe.

Selain itu, kedua kesebelasan kerap menuai prestasi dalam lima tahun terakhir. Real Madrid juara Liga Champions dua musim terakhir, sementara PSG merajai Ligue 1, kecuali musim lalu ketika gelar menjadi milik AS Monaco.

Akan tetapi, Real Madrid dan PSG berada dalam kondisi berbeda sepanjang musim 2017-2018. Real Madrid tampil inkonsisten di semua kompetisi, sementara PSG mendominasi Ligue 1 dan Grup B Liga Champions.

Meski Real Madrid tidak berada dalam performa terbaiknya, laga yang akan berlangsung di Santiago Bernabeu itu diprediksi bakal tetap berlangsung seru. Hal itu tidak lepas dari "perang bintang" antara kedua kesebelasan.

Lantas, seperti apa perbandingan setiap lini Real Madrid dan PSG? Berikut ini adalah ulasannya:

 

2 dari 4 halaman

Lini Belakang

Sejujurnya, kedua kesebelasan sama-sama tidak punya kiper dengan reputasi mentereng. Baik Keylor Navas maupun Alphonse Areola kerap diragukan oleh pendukung masing-masing klub.

Meski begitu, keduanya sama-sama disokong oleh bek-bek berkualitas. Di depan Navas, terdapat bek kelas dunia seperti Dani Carvajal, Raphael Varane, Sergio Ramos, dan Marcelo.

Beruntung bagi Real Madrid, keempat pemain itu punya kualitas hebat dan telah bermain bersama untuk waktu yang lama sehingga saling memahami. Namun, tidak banyak opsi di bangku cadangan sehingga praktis hanya Nacho saja bek cadangan Los Blancos yang berpengalaman.

 

Serupa dengan Navas, Areola juga beruntung dibantu oleh barisan bek berkualitas. Lini belakang PSG dihuni nama-nama seperti Dani Alves, Thiago Silva, Marquinhos, dan Layvin Kurzawa.

Berbeda dengan Real Madrid yang kekurangan pelapis di lini belakang, PSG punya beberapa opsi jika pemain intinya harus absen. Di bangku cadangan terdapat nama-nama seperti Kevin Trapp, Presnel Kimpembe, dan Thomas Meunier.

 

3 dari 4 halaman

Lini Tengah

Duel seru bakal terjadi di lini tengah. Hal itu karena kedua kesebelasan punya banyak gelandang berkualitas, bahkan hingga ke pemain pelapisnya.

Pelatih Zinedine Zidane biasa memainkan formasi tiga atau empat gelandang. Casemiro dan Toni Kroos sudah pasti menghuni skuat Los Blancos, sedangkan sisanya diperebutkan oleh Luka Modric, Mateo Kovacic, dan Isco.

Pemilihan Casemiro dan Kroos di lini tengah dapat dimaklumi karena keduanya punya kemampuan menyerang dan bertahan yang sama bagus. Sementara itu, satu atau dua gelandang lain biasanya dipilih yang memiliki naluri menyerang lebih baik seperti Modric atau Isco.

Di sisi lain, pelatih Unai Emery biasa memainkan formasi tiga gelandang. Posisi itu kerap menjadi milik Marco Verratti, Adrien Rabiot, dan Julian Draxler.

Sementara itu bangku cadangan PSG disesaki pemain-pemain yang tidak kalah hebat. Terdapat nama-nama seperti Javier Pastore, Thiago Motta, dan Lassana Diarra.

 

4 dari 4 halaman

Lini Depan

Bersama Barcelona, kedua kesebelasan punya materi lini depan paling berbahaya di dunia saat ini. Situasi tersebut membuat duel nanti bakal menarik disaksikan.

Real Madrid memiliki nama-nama hebat di lini depan, yaitu Cristiano Ronaldo, Gareth Bale, dan Karim Benzema. Selain itu, di bangku cadangan masih terdapat Marco Asensio, Lucas Vazquez, dan Borja Mayoral.

Hal itu menjadi modal berharga Real Madrid menjadi kesebelasan paling produktif kedua di La Liga dengan koleksi 50 gol. Selain itu, Ronaldo juga berstatus pencetak gol terbanyak sementara Liga Champions musim ini berkat sembilan gol yang dia cetak.

 

Sementara itu, PSG punya lini depan yang tidak kalah mentereng dibandingkan Real Madrid. Mereka punya trisula maut yang telah menyumbang 71 gol di berbagai kompetisi yaitu Edinson Cavani, Neymar, dan Kylian Mbappe.

Tidak hanya itu, di bangku cadangan mereka juga punya nama-nama kelas wahid seperti Angel Di Maria yang telah menyumbangkan 13 gol. Kombinasi lini depan PSG telah menghasilkan 84 dari 119 gol yang mereka cetak sepanjang musim ini.

Sumber: Berbagai sumber

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, La Liga, Liga Champions, dan Liga Europa, dengan kualitas HD di sini

Video Populer

Foto Populer