Sukses


Kinerja 5 Bintang yang Menurun Usai Pergantian Pelatih

Jakarta - Perubahan pelatih memberi tantangan tersendiri bagi pemain. Sangat sering terjadi pemain mengalami penurunan performa menyusul kedatangan pelatih baru.

Victor Moses di Chelsea contohnya. Dia akhirnya menikmati sepak bolanya setelah segala macam kesepakatan pinjaman dalam beberapa tahun terakhir.

Jose Mourinho tidak percaya dengan kemampuan sang gelandang. Tapi, Antonio Conte telah sukses menyelamatkan kariernya. Dia sekarang bermain secara teratur dan jadi pemain utama buat Chelsea.

Nah selain Moses ada lima bintang lainnya yang kariernya menurun usai perubahan pelatih, berikut daftarnya dikutip Sportskeeda:

2 dari 6 halaman

5. Juan Mata- Chelsea

Juan Mata dinobatkan sebagai pemain Chelsea terbaik selama tiga tahun berturut-turut. Namun saat Jose Mourinho kembali dan semuanya lantas berubah 180 derajat.

The Special One seperti ogah mengandalkan gelandang Spanyol itu dalam rencananya. Dia lebih memilih Oscar untuk temani Hazard dan Willian.

Oleh karena itu, dia harus pergi dan Manchester United menawarkan sesuatu yang baru kepadanya. Kariernya mengalami penurunan yang cukup besar dan masih berlanjut sampai sekarang.

3 dari 6 halaman

4. Joe Hart - Manchester City

Semua orang terkejut saat bos baru Manchester City Pep Guardiola memutuskan untuk mengirim kiper nomor satu Inggris itu ke luar. Dia lebih mengandalkan Claudio Bravo sebagai kiper utamanya.

Joe Hart lantas dpinjamkan ke Torino sepanjang musim. Dia sekarang telah menandatangani kontrak dengan West Ham United untuk satu tahun lagi dengan status pinjaman.

Namun, kita semua telah melihat apa yang telah dilakukan Bravo sejauh ini. Pep lantas tetap tak percaya dan lebih memilih Ederson yang datang dari Benfica.

4 dari 6 halaman

3. Kaka - Real Madrid

Bintang Brasil itu bergabung dengan Real Madrid di bawah Manuel Pellegrini. Dia ke Bernabeu setelah memenangkan penghargaan Ballon d'Or yang didambakan pada tahun 2009.

Satu tahun kemudian, Jose Mourinho bergabung dengan klub tersebut. Dia langsung merkerut pemain sensasional di Piala Dunia 2010, Mesut Oezil dari Wender Bremen.

Kaka mulai berjuang untuk bermain dan kemudian cedera terjadi yang menggerus kariernya di Madrid. Oezil beradaptasi dengan sangat cepat di Santiago Bernabeu yang secara efektif mengakhiri karier Kaka di sana.

5 dari 6 halaman

2. Yaya Toure - Manchester City

Selama hampir lima tahun, Yaya Toure menjadi starter otomatis di Manchester City. Hal itu terus terjadi sampai kedatangan mantan bosnya di Barcelona, Pep Guardiola pada musim panas 2016.

Gelandang Pantai Gading itu lantas terdesak oleh pelatih asal Spanyol tersebut. Toure sempat dibekukan di tim selama beberapa bulan usai kedatangan pelatih berkepala plontos itu.

Tak berapa lama, Pep kemudian menyadari kesalahannya dan membawanya kembali ke tim utama. Dia bahkan menghadiahi Toure kontrak anyar selama semusim.

 

6 dari 6 halaman

1. Robin Van Persie - Manchester United

Sir Alex Ferguson merekrut Robin Van Persie dari Arsenal pada 2013. Perekrutan itu terbilang sukses karena sang striker tersebut mencetak 26 gol dalam 38 penampilan Liga dan mempersembahkan gelar Liga Inggris terakhir sang pelatih.

Ferguson lants pensiun meninggalkan striker yang lapar. Lalu datanglah David Moyes dan kemudian Louis Van Gaal, yang semuanya tak bisa memanfaatkan potensi striker Belanda itu.

Van Persie lantas pergi karena mulai menurun dalam kariernya. Ketika baru-baru ini mengunjungi Old Trafford bersama Fenerbahce, dia mengatakan hal-hal bisa sangat berbeda jika Ferguson masih bertugas. Dia sekarang kembali di Belanda bermain untuk klub pertamanya, Feyenoord. (Eka Setiawan)

Sumber: Liputan6.com

Video Populer

Foto Populer