Sukses


Emanuel Santos dan Patung Cristiano Ronaldo yang Tuai Cibiran

"Saya hanya merasa kritikan itu tidak adil," Emanuel Santos.

Sosok Emanuel Santos mendadak tenar dan menjadi perbincangan publik setelah karyanya, patung wajah Cristiano Ronaldo, terpajang di Bandara Madeira. Bukannya mendapat pujian, pahatan Emanuel justru menuai cibiran.

Bekerja sebagai pengumpul troli di Bandara Madeira, Portugal, Emanuel mendengar kabar jika nama bandara akan berubah menjadi nama Ronaldo. Pria 41 tahun tersebut tergerak untuk membuat patung wajah kapten timnas Portugal tersebut.

"Saya menyukai tantangan," ujar Emanuel singkat saat ditanya mengenai alasannya berani membuat patung wajah Ronaldo.

"Saya mendengar jika bandara akan berganti nama dan memakai nama Ronaldo. Saya segera memulai untuk membuat patung dari tanah liat," lanjutnya dalam mini dokumentar karya Bleacher Report Football.

Setelah diperlihatkan kepada Direktur Bandara Madeira, Francisco Fernandes dan CR7, patung tersebut akhirnya dipamerkan kepada publik pada 29 Maret 2017. Pada hari yang sama, nama Bandara Madeira berganti menjadi Cristiano Ronaldo International Airport.

Pergantian nama bandara menjadi Cristiano Ronaldo International Airport merupakan bentuk penghargaan pemerintah Kota Madeira atas prestasi CR7 di dunia sepak bola.

Sementara itu, Cristiano Ronaldo tak memberikan komentar kepada Emanuel Santos terkait pahatan patung perunggu buatannya. "Tidak ada pembicaraan, sayang sekali," jelas Emanuel yang sempat bersua Ronaldo di ruang VIP bandara selepas acara.

 

2 dari 3 halaman

Menuai Cibiran

Sayangnya, hasil kerja keras Emanuel Santos selama 15 hari tak mendapat apresiasi. Patung perunggu karya Emanuel justru menuai banyak cibiran, mulai dari media, publik, hingga di dunia maya.

Sejumlah meme lucu muncul di internet. Tak sedikit yang menyebut jika pahatan Emanuel tak mirip dengan Ronaldo. Bahkan, ada yang menganggap patung tersebut mirip Sloth, tokoh fiksi di film The Goonies.

"Mungkin pembuat patung Cristiano Ronaldo menyukai anggur Madeira?" tulis seorang jurnalis asal Norwegia, Pal Odegard, di akun @paalpot75.

"Untuk seorang pria yang sangat tampan, Ronaldo memiliki keberuntungan yang mengerikan dengan para pembuat patung," tulis jurnalis sepak bola asal Inggris, Tom Williams, di akun @tomwfootball.

"Cristiano Ronaldo secara resmi memperkenalkan Bandara Internasional Raoul Moat (pelaku kriminal) yang baru saja diganti namanya," tulis jurnalis ESPN dan Telegraph, Adam Hurrey, di akun @FootballCliches.

Kritikan dan cibiran tersebut sampai juga di telinga Emanuel Santos. Bagi Emanuel, situasi tersebut adalah saat-saat sulit buat dirinya sendiri dan keluarga.

"Orang-orang mulai menelepon rumah saya dan berkata 'Apakah kamu sudah melihat ini?' dan 'Sudahkah kamu melihatnya?'," kata Emanuel.

"Saya tidak bisa berkomentar. Itu (cibiran yang diterima) semuanya terjadi tiba-tiba. Maafkan saya," lanjutnya sambil menahan tangis. "Saya hanya merasa kritikan itu tidak adil," papar Emanuel.

Hal senada juga diutaran istri Emanuel Santos, Armanda Gouveia. Meski harus melalui masa-masa sulit, Armanda tetap memberikan dukungan penuh kepada sang suami.

"Saya ingat betapa sulitnya hari-hari itu pada momen tersebut. Tidak ada yang cukup berani untuk melakukan apa yang dia lakukan," kata Armanda.

"Dia memiliki ide dan direalisasikan. Media sosial hanya tempat bagi mereka yang tidak cukup berani untuk berbicara langsung dengan apa yang mereka pikirkan. Semua orang melakukan kesalahan dan tidak perlu banyak kritikan," paparnya.

 

3 dari 3 halaman

Bully-an yang Terus Mengalir

Setahun berselang, publik masih mencibir hasil karya Emanuel Santos. Bahkan, pengunjung Cristiano Ronaldo International Airport tetap menganggap patung tersebut sama sekali tak mirip dengan wajah Cristiano Ronaldo.

"Saya kira ini adalah patung dari Billy Graham (tokoh penginjil Amerika Serikat) muda."

"Menurut saya, ini sama sekali tak mirip dengan Ronaldo."

"Patung ini tidak mirip dengan Ronaldo."

"Menurut saya, si pematung membutuhkan bantuan."

Kendati begitu, tak sedikit yang memberikan dukungan buat Emanuel. Bahkan, mayoritas pengunjung bandara yang ditanya oleh Bleacher Report Football menyarankan kepada Emanuel Santos agar membuat patung wajah Cristiano Ronaldo yang baru.

"Oke," jawab Emanuel dengan penuh percaya diri.

Bersambung

Sumber: Bleacher Report Football

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, La Liga, Liga Champions, dan Liga Europa dengan kualitas HD di sini

Video Populer

Foto Populer