Sukses


Pembuktian Emanuel Santos dalam Mengukir Patung Cristiano Ronaldo

"Tentu saja membuat patung wajah Ronaldo telah mengubah saya," Emanuel Santos.

Kritikan dan cibiran sempat membuat Emanuel Santos terpuruk. Namun, pria 41 tahun itu mampu bangkit dan membuktikan mampu memahat patung Cristiano Ronaldo yang terlihat lebih realistis.

Emanuel Santos hanya seorang pekerja pengumpul troli di Bandara Madeira. Kemampuannya dalam membuat patung didapat secara otodidak dan hal itu pun hanya sekedar hobi.

Meski pematung amatir, Emanuel berinisiatif membuat patung wajah Cristiano Ronaldo. Patung tersebut diperlihatkan ke publik berbarengan dengan pergantian nama Bandara Madiera menjadi Cristiano Ronaldo International Airport, 29 Maret 2017.

"Tidak ada yang cukup berani untuk melakukan apa yang dia lakukan. Dia memiliki ide dan untuk direalisasikan," ujar istri Emanuel Santos, Armanda Gouveia.

Akan tetapi, patung perunggu karya Emanuel tak mendapatkan respon positif. Ejekan justru lebih sering diterima Emanuel dibandingkan pujian. Bahkan, tak sedikit yang mencibir jika patung yang dikerjakannya selama 15 hari tak mirip dengan wajah CR7.

Setahun berselang, hasil pahatan Emanuel Santos tetap mendapat cemoohan. Meski begitu, reaksi negatif yang terus mengalir menjadi cambuk bagi Emanuel untuk membuat patung wajah Ronaldo yang lebih bagus lagi.

Melalui sebuah mini dokumentar karya Bleacher Report Football, Emanuel kembali mengerjakan patung wajah kapten timnas Portugal tersebut. Setelah dikerjakan di workshop mini miliknya, cetakan patung tanah liat itu dikirimkan ke Cosme and Filhos Foundry, Porto, untuk diubah menjadi patung perunggu.

Setelah melalui proses panjang di Cosme and Filhos Foundry, patung tersebut kembali dikirimkan kepada Emanuel di Madeira. Dia pun merasa gugup dengan hasil karyanya kali ini.

"Di sisi lain, saya mencoba untuk menunjukkan siapa sebenarnya Emanuel Santos," ucapnya.

"Tentu saja membuat patung wajah Ronaldo telah mengubah saya. Ada yang berubah dari diri saya. Saya belajar untuk bisa menerima berbagai kritikan, dan sekarang inilah saya," lanjutnya.

Emanuel Santos merasa puas dengan pahatannya kali ini. Senyum mengembang terlihat di wajah pria yang memiliki satu orang putra tersebut.

"Ini sangat bagus," kata Emanuel ketika pertama kali melihat hasil akhir dari patung perunggu wajah Cristiano Ronaldo buatannya.

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 2 halaman

Reaksi Netizen

Kali ini, hasil karya Emanuel Santos mendapatkan reaksi positif. Foto patung wajah Cristiano Ronaldo yang diunggah di akun Instagram resmi Bleacher Report Football mendapatkan like hingga 94 ribu kali.

"Inisiatif yang bagus!!! Tidak ada yang tidak mungkin, dia benar-benar berpikir jika patung yang pertama layak!!! Yang kedua jauh lebih baik," tulis akun @cabuizze.

"Sangat bagus! Salut dan terus berkarya tuan Santos!" tulis akun @a21free.

"Wow... Perbaikan besar Emanuel Santos," tulis akun @aktlperspective.

"Jempol buat tim dan Emanuel Santos. Kerja bagus," tulis akun @sahal_khursheed10.

Akan tetapi, tak sedikit juga yang tetap mencibir hasil pahatan Emanuel Santos. Bahkan, ada yang meminta Emanuel untuk tak lagi membuat patung.

"Saya tahu anak-anak berusia enam tahun yang memiliki pahatan lebih baik dengan bermain adonan," tulis akun @adammoneyofficial.

"Masih tetap belum mirip dengan dia (Cristiano Ronaldo)," tulis akun handyandy369.

"Ketika pertama kali melihat, saya kira itu adalah David Beckham," tulis akun @unknown_barca_fan.

Meski masih menuai pro dan kontra, Emanuel Santos tetap puas dengan hasil kerja kerasnya selama ini. Bagi Emanuel, dukungan dari keluarga dan orang-orang terdekat memberinya kekuatan untuk terus berkarya sebagai pematung.

"Patung pertama Cristiano Ronaldo yang saya buat, jika saya tidak melakukannya dengan cara yang saya lakukan, itu akan terlupakan sejak lama. Jadi, terkadang perlu memiliki keberanian tertentu untuk melawan yang biasa, dan memiliki dampak," kata Emanuel.

"Meskipun ada orang yang mengejek dan membuat komentar negatif, masih ada orang-orang yang menghargai Anda. Apa yang telah saya pelajari selama ini adalah tidak peduli hanya sedikit orang yang melihat sisi positif dari pekerjaan Anda, mereka cukup memberikan Anda kekuatan," imbuhnya.

Tamat

Sumber: Bleacher Report Football

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, La Liga, Liga Champions, dan Liga Europa dengan kualitas HD di sini

Video Populer

Foto Populer