Sukses


Samsul Arif Ingin Liverpool Menjuarai Liga Champions

Bola.com, Jakarta - Dini hari nanti, juara Liga Champions 2018 akan ditentukan di Kiev, Ukraina. Tentu pemenang antara Real Madrid dengan Liverpool yang akan mengangkat trofi tersebut.

Beragam prediksi bermunculan. Salah satunya prediksi dari penyerang sekaligus kapten Barito Putera, Samsul Arif Munip. Pemain kelahiran Bojonegoro, Jawa Timur tersebut menjagokan Liverpool sebagai jawara Liga Champions. Alasannya, unik. Bukan karena analisa tehnis. Melainkan karena dia tidak suka dengan Real Madrid.

"Tim favorit saya sebenarnya Juventus. Tapi di perempat final dikalahkan Real Madrid. Jadi, saya jagokan Liverpool saja juaranya," kata pemain 33 tahun itu.

Pada fase perempat final, Juventus kalah agregat 3-4 karena saat bermain di Italia, mereka kalah 0-3. Sementara di Spanyol Juventus hanya bisa menang 3-1.

"Saya sedih sekali waktu itu. Tidak sedikit yang menggoda saya ketika Juve kalah telak di kandang sendiri," kenangnya.

Kini pada fase final, Samsul melihat peluang Liverpool jadi juara memang terbuka. Permainan tim asal Inggris itu moncer berkat aksi memukau Mohammed Salah. Pemain asal Mesir itu menjelma jadi bintang dunia musim ini. Pada Liga Champions, mantan pemain AS Roma itu sudah mengoleksi 10 gol.

"Saya memang hanya mengikuti perkembangan Juventus saja untuk tim Eropa. Di Liverpool, yang saya tahu ada Mohammed Salah. Dia luar biasa musim ini dengan gol-golnya. Dia juga pemain yang religius," kata mantan pemain Persib Bandung dan Arema FC itu.

Hanya saja dari segi sejarah, Real Madrid memang lebih unggul. Dari 15 pencapaian di final Liga Champions, mereka hanya tiga kali kalah. Selebihnya, 12 kali berhasil dimenangkan. Itu membuat Real Madrid jadi tim yang paling banyak mengoleksi gelar juara. Sementara Liverpool baru menjadi juara lima kali.

"Biasanya tim langganan juara membuat mental pemainnya lebih bagus. Tapi apapun masih bisa terjadi di lapangan. Bisa saja Liverpool punya semangat lebih besar karena sudah lama tidak juara," sambungnya. (Iwan Setiawan)

Video Populer

Foto Populer