Sukses


Sisi Kontroversi dari Penobatan FIFPro World 2018

Bola.com, London - FIFA telah mengumumkan para pemenang dalam delapan kategori The Best FIFA Football Awards 2018, di London, Senin (24/9/2018). Ada beberapa pilihan yang menjadi pembicaraan publik.

Gelandang Real Madrid dan timnas Kroasia Luka Modric berhasil meraih Pemain Terbaik Pria 2018. Thibaut Courtois sukses menjadi kiper terbaik, dan Didier Deschamps dinobatkan sebagai pelatih terbaik FIFA 2018.

Pada malam tersebut, FIFA juga merilis susunan 11 pemain terbaik dalam FIFPro World XI. Setiap tahun, susunan FIFPro World XI dipilih oleh 25.000 pesepak bola profesional dari 65 negara yang tergabung dalam FIFPro, asosiasi yang membawahi para pemain tersebut.

Susunan pemain terbaik FIFA yang tergabung dalam FIFPro World XI kali ini mendapat tanggapan kontroversi. Banyak nama-nama yang dinilai lebih layak ketimbang pemain yang mengisi daftar tersebut.

Posisi kiper diisi oleh kiper Manchester United dan timnas Spanyol, David de Gea. Tampil baik bersama Manchester United nyatanya tidak menular pada performanya bersama timnas Spanyol di Piala Dunia 2018.

Ia bahkan gagal menepis satu tendangan pun ketika timnas Spanyol harus takluk dari Rusia dalam babak adu penalti pada perdelapan final Piala Dunia 2018. Namanya pun kalah bersaing dari Thibaut Courtois, Hugo Lloris dan Kasper Schmeichel, yang menjadi kandidat kiper terbaik FIFA 2018. De Gea dinilai tidak layak masuk dalam FIFPro World XI.

Dari lini belakang, terpilihnya Dani Alves bisa jadi mencoreng sektor tersebut yang diisi oleh Sergio Ramos, Raphael Varane dan Marcelo. Bek kanan VfB Stuttgart dan timnas Prancis, Benjamin Pavard, dinilai lebih layak ketimbang bek kanan berusia 35 tahun. Pavard berperan penting dalam kesuksesan timnas Prancis menjuarai Piala Dunia 2018.

Tidak hadirnya Antoine Griezmann dan Mohamed Salah kian menambah kontroversi dalam susunan FIFPro World XI tahun ini. Masuk dalam nominasi The Best Men, nama Mohamed Salah tidak tercantum dalam susunan FIFPro World XI. Ia harus kalah bersaing dari Kylian Mbappe. (Reynaldo Imanuel)

Video Populer

Foto Populer