Sukses


5 Rekor Liga Champions yang Tak Mudah Dipecahkan Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi

Jakarta - Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi menjadi dua di antara pemain yang tampil menawan sepanjang berkarier di pentas Liga Champions. Sudah banyak mereka ciptakan di kompetisi kasta tertinggi sepak bola Eropa tersebut.

Cristiano Ronaldo tercatat sebagai top skorer Liga Champions. Dia telah mencetak 120 gol dari 154 penampilan sejak tampil pada 2003 bersama klub pertamanya, Manchester United.

Pemain asal Portugal itu juga tercatat sebagai pemain aktif yang banyak memenangkan gelar Liga Champions. Dia sudah menjadi juara hingga lima kali.

Sementara Messi sudah memenangkan empat gelar Liga Champions. Dia merupakan pemain yang paling banyak mencetak hattrick di ajang ini, delapan kali. Messi telah melewati jumlah hattrick Cristiano Ronaldo di Liga Champions, tujuh.

Messi sendiri tercatat sudah mencetak 103 gol dari 126 pertandingan di Liga Champions bersama Barcelona sejak 2005. Kendati demikian, ada enam rekor Liga Champions yang belum bisa dibuat Ronaldo dan Messi.

2 dari 6 halaman

Gol di Partai Final

Sejak tampil di Liga Champions, Messi baru mencetak dua gol di partai final (2009 dan 2011). Sedangkan Ronaldo berhasil mencatatkan empat gol di partai final (2008, 2014, dan 2017 (dua gol)).

Jumlah gol Messi dan Ronaldo di partai final masih kalah dari Alfredo Di Stefano dan Ferenc Puskas. Dua legenda Real Madrid itu membukukan tujuh gol di partai final.

 

3 dari 6 halaman

Penampilan

Sejauh ini, jumlah penampilan terbanyak di Liga Champions masih dipegang oleh Iker Casillas. Kiper Porto dan itu telah mencatatkan 172 penampilan, tapi jika digabungkan dengan babak kualifikasi, Casillas sudah mencatatkan 179 laga.

Jumlah itu masih belum bisa dilewati Ronaldo dan Messi. Ronaldo masih berada di bawah Casillas, dengan jumlah penampilan 158. Sedangkan Messi baru 126 laga.

 

 

4 dari 6 halaman

Pencetak Gol Tertua

Saat ini, Ronaldo masih berusia 33 tahun, sedangkan Messi lebih muda dua tahun. Dengan usia tersebut, mereka masih belum bisa memecahkan rekor pencetak gol tertua di Liga Champions.

Saat ini, rekor tersebut masih dipegang oleh legenda AS Roma, Francesco Totti. Pria asal Italia itu menjadi pencetak gol tertua saat menjebol gawang CSKA Moskow, 25 November 2018. Ketika itu Totti berusia 38 tahun 59 hari.

 

5 dari 6 halaman

Gol Tercepat

Meski sudah lebih dari satu dekade tampil di Liga Champions, Ronaldo dan Messi belum bisa mencetak gol tercepat.

Hingga sekarang, gol tercepat di Liga Champions masih dipegang oleh mantan striker Bayern Munchen, Roy Makaay. Dia hanya membutuhkan waktu 10,12 detik untuk membobol gawang Real Madrid pada 7 Maret 2007.

 

6 dari 6 halaman

Kesuksesan dengan Tim-tim Berbeda

Kemenangan di final dengan tim berbeda terbanyak di Liga Champions, yakni Clarence Seedorf (Ajax 1995, Real Madrid 1998, Milan 2003, 2007).

Bikin gol bersama tim-tim berbeda di Liga Champions: 6 – Zlatan Ibrahimovic (Ajax, Juventus, Internazionale, Barcelona, Milan, Paris Saint-Germain).

Ronaldo sudah pernah tampil di final-final Liga Champions, dan memenanginya, bersama Manchester United dan Real Madrid. Ia juga sudah pindah klub ke Juventus untuk bisa menyamai rekor Seedorf. Sementara Messi masih setia dengan Barcelona.

Sementara Ibrahimovic masih bisa menambah rekornya di Liga Champions jika musim ini berhasil menjebol gawang lawan dalam balutan seragam Manchester United.

Video Populer

Foto Populer