Sukses


5 Pesepak Bola Hebat yang Tak Pernah Raih Gelar Ballon d'Or

Jakarta - Ballon d'Or adalah penghargaan spesial yang diberikan pada seorang pemain sepak bola atas prestasi hebatnya di atas lapangan. Penghargaan itu sudah digelar dari 1956 hingga sekarang.

Ballon d'Or pertama dimenangkan oleh Stanley Matthews dari Blackpool. Sementara itu, Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo masing-masing sudah mengoleksi lima trofi.

Sayangnya, tidak semua pemain berhasil menggondol Ballon d'Or meski sudah tampil memukau di atas lapangan. Padahal tidak ada yang meragukan kemampuan mereka.

Berikut ini lima pemain hebat yang tidak pernah meraih Ballon d'Or seperti dilansir Sportskeeda:

2 dari 6 halaman

Gianluigi Buffon

(Twitter Bayern Munchen)

Ballon d'Or merupakan penghargaan yang tidak ramah dengan kiper. Sebab, hanya ada satu kiper yang pernah meraih penghargaan tersebut yaitu Lev Yashin pada 1963.

Buffon memenangkan Piala Dunia bersama Italia pada 2006 dan mengemas lima clean sheet dan hanya kebobolan dua gol sepanjang turnamen. Buffon meraih sembilan gelar Serie A dan menjadi pemain dengan caps terbanyak di Italia.

Meskipun begitu, Buffon tidak pernah mendapat kesempatan untuk mengangkat Ballon d'Or sampai saat ini.

3 dari 6 halaman

Claude Makelele

(AFP/Adrian Dennis)

Ada beberapa pemain dalam sejarah sepakbola yang memiliki posisi yang akhirnya dinamai sesuai namanya, seperti Claude Makelele. Pemain Prancis itu sangat bagus dalam peran gelandang bertahan dan kemudian muncul istilah posisi Makelele.

Makelele mempunyai peran yang sangat penting ketika berada di Real Madrid. Bahkan Zinedine Zidane sangat menyayangkan ketika Los Blancos memutuskan untuk menjual Makelele ke Chelsea.

Mekelele menghabiskan lima musim di Stamford Bridge dan menjadi salah satu gelandang terbaik di Premier League. Ia kemudian melanjutkan kariernya di PSG hingga pensiun pada 2011.

4 dari 6 halaman

Andres Iniesta

(Michi Ono/Kyodo News via AP)

Andres Iniesta nyaris memenangkan Ballon d'Or dalam dua kesempatan. Ia berada di posisi kedua pada tahun 2010 dan menempati posisi ketiga pada tahun 2012. Dia kalah dari mantan rekan setimnya di Barcelona Lionel Messi pada kedua kesempatan tersebut.

Inesta mampu mengantarkan Spanyol meraih kejayaan Eropa pada Euro 2012 dan dinobatkan sebagai pemain terbaik di turnamen. Setelah itu ia mempersembahkan Piala Dunia kepada Spanyol pada tahun 2010 dengan mencetak gol di final.

Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi sangat mendominasi penghargaan Ballon d'Or pada masa itu sehingga Iniesta tidak mendapat kesempatan.

5 dari 6 halaman

Thierry Henry

(AFP PHOTO/LLUIS GENE

Henry merupakan salah satu pemain terbaik yang pernah menghiasi Premier League. Karena itu, tidak sedikit yang menyayangkan kalau mantan pemain timnas Prancis itu gagal memenangkan Ballon d'Or.

Dia berada di posisi kedua pada tahun 2003 dan ketiga pada tahun 2006. Namun, tidak sedikit yang merasa kalau Henry sangat pantas meraihnya pada 2003 karena pencapaian Nedved tidak mendekati Henry saat itu.

Henry mencetak 39 gol, memenangkan pemain terbaik musim ini, memenangkan sepatu emas dan mengantarkan Arsenal meraih gelar Premier League dengan tidak terkalahkan, tetapi ia masih belum bisa memenangkan Ballon d'Or.

6 dari 6 halaman

Raul Gonzalez

(Dok. UEFA).

Mantan kapten Real Madrid itu adalah pencetak gol terbanyak ketiga dalam sejarah Liga Champions dan telah mencetak total 275 gol di pentas domestik.

Dianggap sebagai legenda Los Blancos, ia memenangkan 10 gelar domestik dan 3 gelar Liga Champions bersama raksasa La Liga itu dan mencetak gol dalam dua final Eropa. Selama 17 tahun karirnya dengan Los Blancos dan membuat lebih dari 550 penampilan, Raul tidak pernah menerima kartu merah.

Pada tahun 2001, Raul menempati posisi kedua dari Michael Owen dalam perebutan Ballon d'Or. Sejujurnya, Owen memiliki musim yang luar biasa pada tahun itu. Tapi Raul tidak pernah memenangkan Ballon d'Or menjadi teka-teki besar.

Sumber: Bola.net

Komentar Ole Gunnar Solskjaer usai Manchester United Ditaklukkan Young Boys

Video Populer

Foto Populer