Sukses


Klub Serie B Ini Cuma Dijual Seharga Rp161 Ribu

Jakarta, - Palermo, nama yang cukup akrab di telinga pencinta sepak bola Italia, khususnya penikmat Serie A. Palermo merupakan satu di antara klub yang dianggap kuda hitam Serie A Italia.

Kini Palermo berkiprah di kasta kedua Italia, Serie B. Belum lama ini, klub yang identik dengan warna pink tersebut dijual ke sebuah perusahaan yang berbasis di London, Inggris.

Yang mengejutkan, Palermo hanya dijual seharga 10 euro atau sekitar Rp161 ribu. Nilai itu sangat murah mengingat brand Palermo cukup bagus, karena sempat lama berkiprah di Serie A.

Sang pemilik, Maurizio Zamparini, mengatakan dia sudah resmi melepas 100 persen kepemilikan Palermo. Harga itu menurutnya hanya simbolik.

Pria asal Italia berusia 77 tahun itu membeli Palermo pada 2002. Tahun lalu, dia mundur dari jabatan sebagai presiden klub mantan klub Serie A itu.

Penggantinya ketika itu, Paul Baccaglini, gagal mengakuisisi saham klub dan pada akhirnya juga mundur. Palermo pun kembali ke tangan Zamparini.

Zamparini 16 tahun di Palermo dan sudah 45 kali mengganti pelatih. Keputusan menjual Palermo diakui membuatnya sedih, tetapi tak terhindarkan.

2 dari 2 halaman

Finansial Besar

"Beberapa waktu lalu target kami menemukan seseorang untuk melanjutkan pekerjaan saya dengan kekuatan finansial yang lebih besar, mampu melakukan investasi yang tidak lagi bisa saya lakukan," jelas Zamparini dalam surat terbuka, seperti dilansir BBC.

"Pemilik baru berbasis di London bakal menjalankan konstruksi stadion dan juga tempat pelatihan," jelasnya.

"Saya, dengan benjolan di tenggorokan ini, telah menandatangani kepergian saya," lanjut Zamparini.

Saat diambil alih Zamparini, Palermo promosi ke Serie A pada 2004-2005, untuk kali pertama dalam 30 tahun. Palermo juga pernah bermain di Piala UEFA dan Liga Europa.

Palermo juga dikenal sebagai klub yang punya talent scout bagus, Edinson Cavani, Paulo Dybala, dan Javier Pastore merupakan jebolan klub asal Sisilia tersebut. Pada 2013-14, Palermo terdegradasi ke Serie B.

Klub berjulukan Rosanero itu sempat naik ke Serie A lagi, sebelum kembali degradasi pada 2016-2017. Musim ini, Palermo berpeluang promosi kembali mengingat mereka berada di posisi teratas klasemen sementara Serie B.

Sumber: Liputan6.com

Video Populer

Foto Populer