Sukses


Peluang Liverpool Balas Dendam ke Real Madrid di Liga Champions

Jakarta - Liverpool kemungkinan jumpa kembali dengan Real Madrid pada babak 16 besar Liga Champions. Kemungkinan ini terkuak setelah berakhirnya fase grup Liga Champions.

Seperti diketahui, fase grup Liga Champions berakhir usai matchday keenam rampung digelar pada Kamis (13/12/2018) dini hari tadi. Fase grup matchday terakhir ditandai dengan kekalahan Real Madrid dan Manchester United (MU) dari lawan-lawan masing-masing.

Sedangkan satu hari sebelumnya, Liverpool bersuka cita karena menggamit satu tiket lolos ke 16 besar Liga Champions. Satu gol Mohamed Salah ke gawang Napoli mengakhiri kiprah klub Liga Italia itu di Liga Champions.

Duka juga harus dirasakan oleh Inter Milan. Hanya membutuhkan kemenangan, La Baneamata malah bermain imbang 1-1 melawan PSV Eindhoven. Ini membuat Tottenham Hotspur menemani Barcelona ke fase knock out.

Setelah fase grup selesai, maka pengundian 16 besar Liga Champions menjadi menarik. Tim-tim besar sukses menjuarai grup kecuali Liverpool dan Manchester United.

Liverpool kalah bersaing dengan Paris Saint-Germain (PSG) saat penyisihan grup. Liverpool harus puas berada di posisi dua klasemen grup C. PSG mengoleksi 12 poin, sedangkan Liverpool hanya 9 poin saja.

Yang menarik di 16 besar Liga Champions nanti yaitu kemungkinan Liverpool kembali jumpa Real Madrid. Ini bakal menjadi ulangan final Liga Champions musim lalu.

Jurgen Klopp senang kalau Liverpool jumpa Real Madrid (Paul ELLIS / AFP)

Manajer Liverpool, Jurgen Klopp tak menampik kemungkinan terjadinya duel ulangan final musim lalu di 16 besar Liga Champions. Dia mengatakan timnya siap tempur menghadapi duel tersebut.

"Setahu saya, suporter Liverpool berharap kami bisa membalas dendam pada PSG, namun kami tak mungkin bertemu mereka di 16 besar. Itu yang saya tahu," ujarnya saat ditanya soal kemungkinan bertemu Real Madrid di 16 besar Liga Champions.

"Kami akan menunggu hasil undian nanti," tutupnya.

Sebagai informasi, undian babak 16 besar Liga Champions 2018-2019 akan digelar pada Senin 17 Desember 2018 pada pukul 18:00 WIB di Kota Nyon, Swiss.

 

Saksikan siaran langsung pertandingan-pertandingan Premier League, La Liga, Ligue 1, dan Liga Europa di sini.

2 dari 3 halaman

Lebih Kuat

Menilik Liverpool musim ini tentu jauh berbeda dibandingkan musim lalu. Setidaknya, Liverpool mendapatkan tambahan kekuatan signifikan di sektor kiper dengan hadirnya Alisson Becker.

Selain kiper, Liverpool juga menambah kekuatan di sektor sayap. Kini, Liverpool punya pemain lincah dan kuat seperti Xherdan Shaqiri yang didapatkan gratis.

Dia menjadi pelapis buat Mohamed Salah atau bahkan dijadikan starter di lini tengah. Sedangkan Real Madrid seperti diketahui sudah tergerus kekuatannya. Mereka sudah kehilangan megabintang Cristiano Ronaldo, gelandang tangguh Mateo Kovacic dan juga pelatih jenius penuh keberuntungan Zinedine Zidane.

Sepeninggal Ronaldo dan Zidane, Real Madrid limbung. Saat ini, posisi pelatih baru saja digantikan Santiago Solari. Reputasi Solari belum teruji, tapi Madrid berharap keberuntungan dari eks pemain Madrid di era 1990-an.

Para pemain Real Madrid meyesali kekalahan dari CSKA Moscow. (AFP/Javier Soriano)

Semasa jadi pemain, Solari juga tidak terlalu menonjol. Dia memang memenangi dua gelar La Liga dan satu Liga Champions. Namun perannya kala itu tidak sevital Zidane.

Menjelang 16 besar Liga Champions, penampilan Madrid kembali meragukan. Meski lolos sebagai juara grup, namun Real Madrid kalah 0-3 dari CSKA Moscow di Bernabeu. Ini menjadi kekalahan terbesar bersejarah bagi Madrid di kandang.

Memang, Solari ambil risiko dengan menurunkan pemain muda seperti Javier Sanchez dan Valverde.Namun dia tetap tak menyangka bakal kalah telak.

"Saya sedih dengan hasil akhir, saya tahu sudah ambil risiko, saya tahu sekali soal itu. Hasil bisa berbeda kalau kami kuat, sayangnya kami tidak kuat di banyak area," ujarnya.

3 dari 3 halaman

Pengundian Grup

Berdasarkan hasil penyisihan grup, maka kini ada dua pot yang akan diundi. Pot 1 terdiri dari tim unggulan yang memimpin klasemen, sedangkan pot 2 diisi oleh peringkat dua klasemen.

Berikut tim-tim yang akan diundi di babak 16 besar Liga Champions nanti berdasarkan hasil klasemen:

Grup A: Borussia Dortmund (Jerman), Atletico Madrid (Spanyol)

Grup B: Barcelona (Spanyol), Tottenham Hotspur (Inggris)

Grup C: Paris Saint-Germain (Prancis), Liverpool (Inggris)

Grup D: Porto (Portugal), Schalke (Jerman)

Grup E: Bayern Munich (Jerman), Ajax Amsterdam (Belanda)

Grup F: Manchester City (Inggris), Lyon (Prancis)

Grup G: Real Madrid (Spanyol), AS Roma (Italia)

Grup H: Juventus (Italia), Manchester United (Inggris)

Pembagian Pot:

Pot 1: Bayern Munchen, Barcelona, Real Madrid, Juventus, Porto, Manchester City, PSG, Borussia Dortmund

Pot 2: Atletico Madrid, Tottenham Hotspur, Liverpool, Schalke, Ajax Amsterdam, Lyon, AS Roma, Manchester United

Leg pertama 16 besar bakal mentas pada 12, 13, 19, dan 20 Februari 2018, disusul leg kedua pada 5, 6, 12, dan 13 Maret. Pada seluruh pertandingan fase gugur ini, UEFA untuk pertama kalinya akan mengadopsi Video Asisstant Referee (VAR).

Berdasarkan peraturan, lawan 16 besar Liga Champions tak boleh berasal dari satu grup dan satu negara. Dengan demikian, kemungkinan Liverpool jumpa Real Madrid terbuka. Begitu juga dengan Manchester United dan Tottenham Hotspur. Jadi kita tunggu saja Senin (17/12/2018) nanti.

Saksikan video menarik di bawah ini:

 

Video Populer

Foto Populer