Sukses


5 Larangan Aneh Pelatih Klub Elite ke Pemain

Bola.com, Jakarta - Pelatih sepak bola punya gaya berbeda-beda. Tak hanya menyangkut strategi bermain, pola latihan, tapi juga cara mereka menangani pemainnya.

Pelatih bisa dibilang profesi paling panas di industri sepak bola. Mereka bisa kehilangan pekerjaan kapanpun, saat tim yang dilatihnya terpuruk.

Contoh teranyar, Jose Mourinho yang didepak Manchester United pengunjung tahun karena alasan performa klub yang tak stabil di sepanjang putaran pertama Liga Inggris.

Jangan heran untuk menjaga kelanggengan jabatan seorang pelatih kerap membuat aturan-aturan tertentu yang wajib dijalankan pemainnya. Intinya, mereka kudu menurut apa mau manajer tanpa terkecuali.

Berikut adalah tujuh larangan unik yang pernah diterapkan manajer di klubnya versi situs 90min:

Saksikan siaran langsung pertandingan-pertandingan Premier League, La Liga, Ligue 1, dan Liga Europa di sini.

2 dari 6 halaman

John Toshack

Sosok John Toshack mungkin cukup asing di kalangan penggemar sepakbola, namun ternyata pria yang kini berusia 69 tahun itu sempat menukangi beberapa klub, sebut saja Swansea City, Real Madrid dan Besiktas. 

Sementara di level tim nasional, Toshack sempat menukangi tim nasional Wales selama enam tahun, yakni di tahun 2004 hingga 2010. Sebelumnya ia juga sempat melatih timnas yang sama di tahun 1994.

Salah satu aturan paling aneh yang pernah dia terapkan pada Ryan Giggs dan kawan-kawan adalah melarang para pemain Wales memakan ayam dengan menggunakan saus.

3 dari 6 halaman

Paolo Di Canio

Paolo Di Canio bukanlah sosok asing di dunia sepakbola, saat masih aktif bermain, dia sempat membela beberapa klub ternama Serie A  seperti AC Milan, Napoli, Juventus  dan Lazio.

Memutuskan pensiun dan kemudian berkecimpung di dunia manajerial, pria yang sempat memperkuat West Ham United itu sempat melatih dua klub asal Inggris, Swindon Town di tahun 2011 dan Sunderland di tahun 2013.

Cukup banyak aturan unik yang diterapkan Di Canio, saat itu dia melarang para pemain The Black Cats  meminum kopi, soda dan juga memakan makanan yang mengandung mayonaise serta saus tomat.

4 dari 6 halaman

Giovanni Trapattoni

Giovanni Trapattoni mulai melatih di tahun 1972, dia bahkan sempat menukangi sejumlah tim ternama seperti AC Milan, Juventus, Inter Milan, Bayern Munchen dan Fiorentina. Sementara di level tim nasional, pria asal Italia itu sempat melatih Irlandia.

Salah satu aturan unik yang dia terapkan adalah melarang para pemainnya mengonsumsi makanan yang mengandung jamur di hari pertandingan. Sampai saat ini, belum jelas mengapa Trapattoni melarang para pemainnya memakan jamur.

5 dari 6 halaman

Unai Emery

Manajer anyar Arsenal, Unai Emery juga memiliki larangan unik bagi para pemainnya, dia melarang Mesut Ozil dan kawan-kawan mengonsumsi jus buah. Alasannya, dia beranggapan jika kadar gula yang terkandung dalam jus sangat tinggi.

Pria yang juga sempat melatih Valencia dan Paris Saint-Germain itu juga hanya mengizinkan para pemain The Gunners mengonsumsi air mineral.

6 dari 6 halaman

Antonio Conte

Kedatangan Antonio Conte ke Chelsea pada tahun 2016 memang menyita perhatian, terlebih di musim perdananya manajer asal Italia itu sukses membukukan rekor 13 kemenangan beruntun dan mengantarkan timnya memenangkan Premier League.

Namun di balik kesuksesan yang diraih The Blues, eks manajer Juventus itu juga menerapkan aturan diet ketat, bahkan Conte membatasi pemainnya untuk mengonsumsi pizza,saus tomat dan minuman bersoda karena dianggap bisa menurunkan tingkat kebugaran.

5 Klub Terboros di Bursa Transfer 20 Tahun Terakhir

Video Populer

Foto Populer