Sukses


Jose Mourinho: Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo Beruntung Sekaligus Sial Jadi yang Terbaik

Bola.com, Jakarta - Mantan pelatih Manchester United, Jose Mourinho angkat bicara soal persaingan Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo sebagai pemain terbaik di dunia. Dia menjelaskan bahwa Ronaldo dan Messi merupakan pemain yang beruntung sekaligus sial karena bermain di masa yang sama.

Tak perlu diragukan lagi, Ronaldo dan Messi jelas merupakan dua pemain terbaik di dunia dalam satu dekade terakhir. Mereka mendominasi dunia dengan trofi kolektif bersama tim masing-masing atau penghargaan pribadi.

Perdebatan siapa yang lebih baik di antara Messi atau Ronaldo sudah tak ada guna, sebaiknya kita menikmati saja selama mereka masih bisa bermain. Itulah salah satu pesan yang coba ditegaskan Mourinho, yakni bahwa dua pemain ini memang profesional yang luar biasa.

Keduanya baru saja membuktikan kemampuan mereka. Ronaldo jadi pahlawan Juventus dengan hattrick ke gawang Atletico Madrid (3-0), Lionel Messi jadi bintang utama kemenangan Barca atas Lyon (5-1) dengan dua gol dan dua assists.

Messi beruntung ada Ronaldo, sebaliknya Ronaldo beruntung ada Messi. Di saat yang sama, Messi cukup sial karena ada Ronaldo, Ronaldo pun merasakan hal yang sama.

Saksikan siaran langsung pertandingan-pertandingan Premier League, La Liga, Ligue 1, dan Liga Europa di sini.

2 dari 3 halaman

Saling Memberi Tekanan

Menurut Mourinho, Messi dan Ronaldo sebenarnya saling mendorong untuk mengembangkan permainan mereka dalam beberapa tahun terakhir. Inilah sisi baiknya, Messi tidak bisa bersantai, sebab Ronaldo selalu membayangi. Pun Ronaldo tidak bisa berhenti berlatih untuk mengejar bakat alamiah Messi.

Mereka mendorong satu sama lain, tapi sayangnya mereka juga harus bersaing. Ada kalanya, Messi tertunduk ketika dikalahkan Ronaldo. Hal yang sama juga dialami Ronaldo ketika Messi jauh lebih baik.

"Saya pikir mereka beruntung juga tidak beruntung karena berada di generasi yang sama," kata Mourinho kepada RT.

"Mereka beruntung karena mereka bisa bersaing satu sama lain, mereka beruntung karena mereka mengamati satu sama lain, dengan cara positif, mereka mendapatkan motivasi ekstra dengan hal-hal yang mereka lakukan, jumlah hattricks, jumlah trofi, jumlah sepatu emas."

3 dari 3 halaman

Siapa Penerus Keduanya?

Di sisi lain, Mourinho juga merasa Ronaldo dan Messi juga tidak beruntung. Sebab, jika salah satu dari mereka tidak ada, satu pemain yang lain akan mendominasi wajah sepak bola dalam 10 tahun terakhir.

"Mereka tidak beruntung karena jika hanya ada satu dari mereka, dia akan mendapatkan seperti 10 bola emas, 10 sepatu emas."

Sayangnya, Ronaldo dan Messi tidak bisa bermain selamanya. Mourinho yakin saat ini banyak calon pemain-pemain hebat yang sudah tidak sabar menggusur posisi Ronaldo-Messi sebagai pemain terbaik di dunia.

"Sayangnya Messi dan Ronaldo tidak bertahan selamanya. Jadi saya pikir ini akan jadi motivasi hebat untuk pemain-pemain ini [calon penerus Ronaldo-Messi]," tutur Jose Mourinho.

Sumber: Bola.net

Video Populer

Foto Populer