Sukses


5 Mantan Pesepak Bola Top yang Kini Menekuni Karier Manajerial di Klub

Bola.com, Jakarta - Pemain-pemain sepak bola yang mengakhiri kariernya dapat bertahan di dunia yang membesarkannya dengan berbagai cara. Mulai dari menjadi pundit sampai menjadi pelatih.

Terkadang terdapat beberapa mantan pemain yang terlibat dari sisi bisnis dan manajemen dalam sebuah klub. Mulai dari posisi direktur sepak bola sampai kepala akademi. Untuk bisa nyemplung di jajaran manajerial klub, para pesepak bola kudu melengkapi dirinya dengan pendidikan yang memadai.

Berikut adalah tujuh mantan pemain sepak bola yang terlibat dari sisi manajemen sebuah klub.

Saksikan siaran langsung pertandingan-pertandingan Premier League, La Liga, Ligue 1, dan Liga Europa di sini.

2 dari 6 halaman

Per Mertesacker (Arsenal)

Per Mertesacker yang sepanjang kariernya berposisi sebagai bek tengah mengakhiri perjalanannya sebagai seorang pemain sepak bola profesional dengan Arsenal pada musim 2017/18, dan tidak membutuhkan waktu yang lama untuk bergabung dengan manajemen klub tersebut.

Saat ini Mertesacker terlibat dengan manajemen klub London Utara itu sebagai kepala akademi tim dan membantu mengawasi perkembangan pemain-pemain muda yang ada di dalamnya.

3 dari 6 halaman

Michael Zorc (Borussia Dortmund)

Michael Zorc menjalani kariernya sebagai pemain sepak bola pada posisi gelandang dan sepanjang kariernya membela Borussia Dortmund pada 1981 hingga 1998. Setelah pensiun, ia menjadi direktur olahraga di klub Jerman tersebut.

Zorc masih menjabat posisi tersebut hingga saat ini dan terlibat dalam kesuksesan tim itu dalam meraih titel Bundesliga pada 2002, 2011, dan 2012.

4 dari 6 halaman

Marc Overmars (Ajax)

Berposisi sebagai penyerang sayap, Marc Overmars pernah membela beberapa klub besar di Eropa seperti Ajax, Arsenal, dan Barcelona. Pemain asal Belanda ini mengakhiri kariernya pada 2009 dengan Go Ahead Eagles.

Sejak 2015, Overmars menjabat sebagai direktur sepak bola Ajax dengan fokus untuk mengurus transfer dan kontrak pemain dengan klub Belanda tersebut.

5 dari 6 halaman

Karl-Heinz Rummenigge (Bayern Munchen)

Karl-Heinz Rummenigge merupakan salah satu legenda sepak bola Jerman yang pernah membela Bayern Munchen pada 1974 hingga 1984, dan dalam kariernya juga pernah membela Inter Milan dan Servette. Berposisi sebagai penyerang, Rummenigge mengakhiri kariernya pada 1989.

Dua tahun kemudian, ia ditunjuk sebagai wakil presiden Bayern hingga 2002, sebelum mengganti jabatannya menjadi CEO klub tersebut.

6 dari 6 halaman

Edwin van der Sar (Ajax)

Edwin van der Sar merupakan salah satu pemain asal Belanda terbaik yang pernah bermain di Premier League, dengan kemampuan tinggi sebagai penjaga gawang yang ditunjukkannya saat membela Manchester United pada 2005 hingga 2011.

Pada 2015, Van der Sar kembali ke Ajax, klub yang dibela pada awal kariernya, untuk menjadi CEO klub tersebut setelah sempat menjabat sebagai kepala relasi eksternal.

Sumber: 90min

Video Populer

Foto Populer