Sukses


Kilas Balik Perang Barcelona Vs Liverpool dan Tottenham Hotspur Vs Ajax Amsterdam di Pentas Eropa

Bola.com, Jakarta - Barcelona, Liverpool, Tottenham Hotspur dan Ajax Amsterdam menjadi tim-tim yang bakal berjibaku demi dua tiket di panggung final Liga Champions 2018-2019. Pada babak semifinal, Barcelona bersua Liverpool dan Tottenham Hotspur bertemu Ajax Amsterdam.

Dua duel tersebut menyembulkan fakta 'peperangan' yang pernah terjadi di antara mereka. Maklum, kecuali Tottenham Hotspur, tiga tim lain berstatus raksasa di Benua Biru.

Barcelona, Ajax Amsterdam dan Liverpool adalah nama-nama yang punya tradisi berada di zona Liga Champoon/Piala Champions. Hal itu kontras dengan Tottenham Hotspur, yang baru merasakan sekali berada di area semifinal turnamen antarklub Eropa.

Tottenham Hotspur dan Ajax Amsterdam pernah bertemu pada putaran pertama Piala Winners 1981-1982. Saat itu, Tottenham Hotspur menang 3-1 pada pertemuan pertama, dan unggul 3-0 saat menjamu Ajax. The Spurs unggul agregat 6-1, berkat penampilan apik Mark Falco.

Sayang, pada musim itu, perjalanan Tottenham Hotspur berakhir di babak semifinal. The Lilywhites takluk dari Barcelona.

Saat ini, Spurs memiliki catatan 9 menang, 5 seri dan 3 kalah, saat bersua tim asal Belanda. Sebaliknya, Ajax punya statistik 7 menang, 7 seri dan 8 kalah, kala bertemu klub-klub asal Inggris.

 

2 dari 2 halaman

Barcelona Vs Liverpool

Sementara itu, label perang raksasa layak disematkan pada pertemuan Barcelona kontra Liverpool. Laga yang dianggap sebagai final kepagian ini menyembulkan memori tentang pertemuan mereka.

Perjumpaan terakhir Barcelona dan Liverpool di pentas Liga Champions terjadi pada babak 16 Besar musim 2006-2007. Saat itu, Barcelona kalah 1-2 dari Liverpool pada pertemuna pertama, dan berbalik unggul 0-1 saat melawat ke Anfield. Hasil tersebut membuat Liverpool melangkah ke babak berikutnya berkat agresivitas gol tandang.

Selain itu, pada Liga Champions 2001-2002, mereka bertemu pada putaran kedua fase grup. Hasilnya, Liverpool kalah 1-3 di Anfield, dan menahan imbang 0-0 di Camp Nou. Setahun sebelumnya, duo ini saling 'bunuh' di semifinal Piala UEFA. Hasilnya, Liverpool menang agregat 1-0.

Jauh ke belakang, tepatnya pada Piala UEFA 1975-1976, Barcelona mampu menyingkirkan Liverpool dari persaingan. Barcelona unggul agregat 2-1, dan membuat El Barca melangkah ke final.

Secara umum, Barcelona meraih hasil 35 kemenangan, 21 seri dan 18 kekalahan, saat bertemu tim-tim asal Inggris. Sementara itu, Liverpool punya hasil 14 menang, 12 seri dan 12 kalah, ketika bertempur versus klub-klub dari Spanyol.

Sumber: UEFA

Video Populer

Foto Populer