Sukses


Alisson Becker, 2 Kali Mempermalukan Barcelona di Liga Champions

Jakarta - Liverpool menghajar Barcelona 4-0 di Anfield dalam pertandingan leg kedua semifinal Liga Champions 2018-2019, Rabu (8/5/2019) dini hari WIB. Divock Origi dan Georginio Wijnaldum disebut pahlawan karena masing- masing mencetak dua gol untuk The Reds.

Namun, ada pahlawan lain yang juga berjasa mengantarkan Liverpool menyingkirkan Barcelona. Dia adalah Alisson Becker, yang tampil gemilang menyelamatkan gawang The Reds dari serbuan pemain Blaugrana.

Klub asal Merseyside ini menang agregat 4-3 atas Barcelona, dan memastikan diri melangkah ke final Liga Champions musim ini. Liverpool membalikkan keadaan setelah kalah 0-3 dari Barcelona di leg pertama.

Berkat Alisson, gawang Liverpool tidak kebobolan dalam laga tadi malam. Pelatih Liverpool, Jurgen Klopp, menyanjung aksi heroik kiper internasional Brasil itu.

"Kiper kami melakukan semua penyelamatan, itu betul-betul sebuah kekuatan bagi kami," ungkap Klopp seusai pertandingan, seperti dilansir situs UEFA.

"Di luar sana ada banyak kiper yang lebih spektakuler, tapi dia (Alisson) selalu menempatkan tubuhnya di belakang bola. Saya tidak tahu bagaimana dia melakukannya," kata pelatih berusia 51 tahun ini.

Selain Klopp, bek kiri Liverpool, Andy Robertson, juga memuji penampilan Alisson. Menurut Robertson, eks kiper AS Roma ini turut berjasa dalam mengantarkan kemenangan untuk The Reds.

Saksikan siaran langsung pertandingan-pertandingan Premier League, La Liga, Ligue 1, dan Liga Europa di sini

2 dari 2 halaman

Penyelamatan Luar Biasa

"Alisson melakukan sejumlah penyelamatan yang begitu luar biasa," ucap Robertson.

Tidak kurang dari lima penyelamatan krusial dilakukan Alisson untuk menggagalkan peluang dari para pemain Barcelona seperti Lionel Messi, Philippe Coutinho, Jordi Alba, dan Luis Suarez.

Penyelamatan terbaik Alisson yakni ketika di pengujung babak pertama, bek kiri Barcelona, Jordi Alba melepaskan tendangan usai menerima umpan Lionel Messi, Alisson menggagalkan peluang tersebut.

Patut diketahui juga sang penjaga gawang juga yang mengakhiri mimpi Barcelona di perempat final Liga Champions musim lalu. Alisson yang jadi aktor AS Roma saat melakukan comeback 3-0 melawan Barca di Olimpico, setelah sebelumnya ditekuk 1-4 di Camp Nou.

Di final, Liverpool masih akan menunggu pemenang antara Ajax Amsterdam dan Tottenham Hotspur. Di leg pertama, Ajax sukses membungkam Tottenham dengan skor 1-0 di London dan leg kedua akan berlangsung pada Kamis (9/5) dini hari WIB di Amsterdam.

Video Populer

Foto Populer