Sukses


Ponten Pemain Tottenham Hotspur Setelah Permalukan Ajax Amsterdam

Bola.com, Jakarta - Tottenham Hotspur meraih kemenangan 3-2 atas Ajax Amsterdam dalam laga leg kedua semifinal Liga Champions di Johan Cruijff ArenA, Rabu dini hari WIB (8/5/2019). Hasil itu telah cukup membawa Spurs lolos ke final.

Bertindak sebagai tim tamu, Tottenham berbekal kekalahan 0-1 dari Ajax pada pertemuan pertama di Tottenham Hotspur Stadium, 30 April 2019. Mereka wajib menang dengan selisih dua gol, atau minimal unggul agresivitas gol tandang.

Tetapi, The Lilywhites kesulitan membendung laju de Godenzonen dan tertinggal dua gol pada paruh pertama. Sepasang gol Ajax disarangkan Matthijs de Ligt (5') dan Hakim Ziyech (35').

Masuk interval kedua, Spurs langsung tancap gas. Sepasang gol Lucas Moura pada menit ke-55 dan 59' berhasil membawa Tottenham menyamakan kedudukan.

Ketika pertandingan tampak akan berakhir imbang, Moura tampil sebagai pahlawan. Bola hasil sepakan mendatar pemain asal Brasil itu pada menit ke-90+6, membawa Spurs menang 3-2 atas Ajax.

Hasil itu membuat klub asuhan Mouricio Pochettino tersebut lolos ke final Liga Champions dengan agresivitas gol tandang. Pada partai puncak di Wanda Metropolitano, 2 Juni 2019, Tottenham Hotspur akan bersua Liverpool yang berhasil mendepak Barcelona.

Berikut rapor pemain Tottenham Hotspur setelah menyingkirkan Ajax Amsterdam dari Liga Champions:

2 dari 4 halaman

Belakang:

Kiper: Hugo Lloris - 7

Penjaga gawang Timnas Prancis itu gagal membendung bola hasil tembakan Matthijs de Ligt dan Hakim Ziyech, yang akhirnya berbuah gol untuk Ajax. Meski begitu, Lloris mampu menepis bola hasil sepakan Dusan Tadic pada menit ke-4 dan Ziyech menit ke-90+2.

Bek kanan: Kieran Trippier - 5

Trippier mengawali pertandingan dengan buruk. Dia tak mampu menutup ruang tembak Dusan Tadic pada menit keempat. Beruntung, peluang yang diperoleh Tadic dapat digagalkan Hugo Lloris. Tetapi, Kieran Trippier membiarkan Matthijs de Ligt lolos, hingga akhirnya mencetak gol dengan sundulan.

Bek tengah: Toby Alderweireld - 8

Alderweireld sempat kewalahan menghalau pergerakan Dusan Tadic. Namun perlahan, Toby Alderweireld mulai menemukan ritme permainan dan berhasil mematahkan sejumlah serangan Ajax.

Bek tengah: Jan Vertonghen - 7

Meski memakai topeng dalam laga ini, pemain timnas Belgia itu tetap tampil impresif. Dia tercatat memenangi tiga duel udara dan dua tekel berhasil. Bahkan, Vertonghen hampir mencetak gol pada menit ke-86. Namun, peluang itu masih membentur mistar gawang.

Bek kiri: Danny Rose - 8

Sempat kerepotan menghalau serangan pemain Ajax, Danny Rose mampu membantu Tottenham bangkit pada paruh kedua. Rose mencatatkan tiga dribel dan memenangi dua duel udara.

3 dari 4 halaman

Tengah:

Gelandang bertahan: Moussa Sissoko - 7

Mantan pemain Newcastle United tersebut menjadi penyeimbang di lini tengah. Sissoko tidak hanya piawai dalam membantu pertahanan, namun juga membangun serangan. Beberapa kali, pergerakan Sissoko merepotkan barisan belakang Ajax.

Gelandang bertahan: Victor Wanyama - 4

Pemain 27 tahun tersebut tak banyak berkontribusi buat permainan Spurs. Bahkan, Wanyama kerepotan membendung serangan pemain Ajax. Alhasil, dia digantikan Fernando Llorente pada awal paruh kedua.

Gelandang serang kanan: Christian Eriksen - 7

Eriksen tak berperan besar terhadap performa Tottenham Hotspur pada paruh pertama. Namun, setelah istirahat babak pertama, kombinasinya dengan Dele Alli mulai merepotkan barisan belakang de Godenzonen

Gelandang serang tengah: Dele Alli - 8

Pergerakan pemain Timnas Inggris ini beberapa kali mampu menembus solidnya lini belakang Ajax Amsterdam. Dele Alli berperan besar atas gol kedua yang disarangkan Lucas Moura.

Gelandang serang kiri: Son Heung-min - 7

Son merepotkan pemain belakang Ajax dengan kecepatan larinya. Bahkan, umpan silangnya pada menit keenam menerpa mistar gawang Ajax Amsterdam. Son Heung-min gagal mencetak gol, meski melepaskan enam tembakan.

4 dari 4 halaman

Depan:

Penyerang: Lucas Moura - 9

Mengawali laga sebagai penyerang tunggal, Moura tak mampu memperlihatkan performa terbaiknya. Namun setelah bergeser sebagai winger kanan pada paruh kedua, Lucas Moura mulai merepotkan Ajax. Dia berhasil tiga kali membobol gawang de Godenzonen.

Pemain pengganti:

  • Fernando Llorente (menggantikan Victor Wanyama pada menit ke-46) - 7
  • Erik Lamela (menggantikan Kieran Trippier pada menit ke-81) - 6
  • Ben Davies (menggantikan Danny Rose pada menit ke-86) - 6

Sumber: The Guardian

Saksikan siaran langsung pertandingan-pertandingan Premier League, La Liga, Ligue 1, dan Liga Europa di sini

Video Populer

Foto Populer