Sukses


Data dan Fakta Liverpool di Liga Champions Musim Ini

Bola.com, Jakarta - Liverpool berhasil mengamankan tiket ke final Liga Champions musim ini. Pada partai puncak, The Reds akan bersua Tottenham Hotspur di Estadio Metropolitano, Sabtu (1/6/2019) malam waktu setempat.

Bagi kedua tim, ini adalah pertemuan perdana di Liga Champions. Sebelumnya, The Reds dan Tottenham pernah saling berhadapan di turnamen Eropa pada ajang Piala UEFA 1972-1973.

Dalam pertandingan semifinal tersebut, skuat Si Merah sukses melewati hadangan The Lilywhites dengan keunggulan agresivitas gol tandang, setelah agregat sama kuat 2-2.

Pada pertemuan pertama di Stadion Anfield, 10 April 1973, Liverpool menang dengan skor 1-0. Sementara itu, dalam laga leg kedua di White Hart Lane, 25 April 1973, The Reds menyerah 1-2 dari Spurs.

Sejauh ini, Liverpool memiliki tren yang cukup bagus ketika bersua sesama klub Inggris di turnamen Eropa. Dari 20 pertandingan terakhir, The Reds meraih tujuh kemenangan, delapan hasil imbang, dan kalah dalam lima laga.

Lantas, mampu kah Liverpool mempertahankan catatan tersebut sekaligus meraih trofi Piala/Liga Champions yang keenam? Layak untuk dinantikan.

Berikut ini adalah data dan fakta Liverpool di Liga Champions musim ini:

 

2 dari 4 halaman

Rangking dan Performa Musim Ini:

Statistik:

  • Rangking di UEFA: 11
  • Tampil di final Piala/Liga Champions: 9 kali
  • Meraih gelar Piala/Liga Champions: 5 kali
  • Penampilan terakhir di final: kalah 1-3 dari Real Madrid pada final Liga Champions 2017-2018

Performa Liverpool:

  • Fase awal di Liga Champions musim ini: Babak penyisihan grup
  • Statistik di Liga Champions musim ini: 12 main; 7 menang; 1 imbang; 4 kalah; 22 mencetak gol; 12 kebobolan
  • Top skorer: Roberto Firmino, Sadio Mane, Mohamed Salah (4 gol)
  • Posisi di klasemen akhir Premier League musim ini: Urutan kedua dengan 97 poin
3 dari 4 halaman

Perjalanan Menuju Final

Fase grup:

Liverpool lolos ke-16 besar dengan status runner-up Grup C. mereka mendulang sembilan poin, tertinggal dua angka dari Paris Saint-Germain yang lolos sebagai juara grup.

16 besar:

The Reds berhasil menyingkirkan Bayern Munchen dengan agregat 3-1. Pada leg pertama bermain 0-0, sedangkan pertemuan kedua menang dengan skor 3-1.

Perempat final:

Liverpool tak kesulitan melewati hadangan FC Porto. Mereka berhasil memetik keunggulan agregat 6-1. Pada pertemuan pertama menang 2-0, sedangkan leg kedua mengalahkan Porto dengan skor 4-1.

Semifinal:

Skuat Si Merah mendapat lawan berat pada semifinal, yakni Barcelona. Meski begitu, klub asuhan Jurgen Klopp tersebut berhasil mengatasi El Barca dengan agregat 4-3. Pada pertemuan pertama kalah dengan skor 0-3 dari Los Cules, namun pada leg kedua berhasil memetik kemenangan empat gol tanpa balas.

 

4 dari 4 halaman

Prakiraan Susunan Pemain di Final (4-3-3):

Alisson; Tren Alexander-Arnold, Joe Gomez, Virgil van Dijk, Andrew Robertson; Fabinho, Jordan Henderson, Georginio Wijnaldum; Mohamed Salah, Roberto Firmino, Sadio Mane.

Wasit: Damir Skomina (Slovenia)

Sumber: UEFA

Saksikan siaran langsung pertandingan-pertandingan Premier League, La Liga, Ligue 1, dan Liga Europa di sini

Video Populer

Foto Populer