Sukses


Cerita Mengharukan Jordan Henderson, Kapten yang Diremehkan dan Kini Juara Liga Champions Bersama Liverpol

Bola.com, Jakarta Jordan Henderson jatuh berlutut, kelelahan dan bahagia, sebelum dia merosot ke tanah sepenuhnya usai Liverpool dipastikan menjadi juara Liga Champions pasca kemenangan 2-0 melawan Tottenham Hotspur pada Minggu (2/6/2019) dini hari WIB di Wanda Stadium, Madrid.

"Tidak ada yang pantas saat ini lebih dari Anda," Adam Lallana berlari untuk memberi tahu teman dekatnya saat ia mengangkatnya.

Sementara itu, air mata jatuh dari wajah Jurgen Klopp ketika ia memeluk 28 tahun, manajer Liverpool kemudian mengatakan: "Jordan Henderson adalah kapten dari pemenang Liga Champions 2019. Itu sebuah kepuasan."

Bek Liverpool, Dejan Lovren melingkarkan lengannya di bahu pemain internasional Inggris, membawanya ke pendukung Liverpool di belakang gawang yang dicetak Divock Origi untuk mengamankan Piala Eropa keenam mereka setelah menang 2-0 atas Tottenham, berteriak:

"Ini milikmu --- nah kapten, ini orangnya."

Virgil van Dijk berjalan di belakang mereka, mengangkat tangan tinggi-tinggi dan mengarahkan jari ke bawah pada Henderson untuk menggarisbawahi kata-kata Kroasia.

Pengabdian para pemain dan staf Liverpool untuk memastikan bahwa Henderson berada di tengah panggung sangat menarik untuk ditonton, tetapi tidak mengejutkan.

Suara peluit akhir di Wanda Metropolitano mengukuhkan dia sebagai kapten klub pemenang Liga Champions.

Tetapi dalam skala yang lebih luas, rasanya bagi Jordan Henderson seperti berhenti total untuk pertempuran yang melelahkan untuk membuktikan bahwa dia termasuk dalam level elite, di Liverpool klub yang jadi panggung banyak pemain besar.

Saksikan siaran langsung pertandingan-pertandingan Premier League, La Liga, Ligue 1, dan Liga Europa di sini

2 dari 3 halaman

Sempat Hendak Dijadikan Barter Transfer

Dari mengatasi penyakit Osgood-Schlatter, kondisi yang semakin menyakitkan yang membutuhkan perawatan rutin, hingga menjadi "lebih kecil dan lebih kurus" daripada pemain muda lainnya di akademi Sunderland, tempat di mana ia harus unggul dalam segala hal hanya untuk diperhatikan, Henderson telah berjuang jadi yang terbaik selama lebih dari 10 tahun terakhir.

Pada usia 21, usai pindah Sunderland ke Liverpool pada 2011 ia mengalami periode sulit. Ia menolak digunakan sebagai barteran transfer untuk Clint Dempsey, yang saat itu berada di Fulham. Jordan memaksa bertahan dan ingin jadi bagian rencana jangka panjang Brendan Rodgers di The Reds.

Mantan pemain Premier League Joey Barton menuduhnya "berusaha meniru legenda" pada 2015, sementara Alex Ferguson mengkritik kiprahnya dalam otobiografinya.

Dietmar Hamann, gelandang Liverpool periode 1999 hingga 2006, mengatakan, "Saya pikir [Henderson adalah] pemain yang baik tetapi apakah dia seorang kapten Liverpool, saya akan menyerahkannya kepada orang lain."

Stan Collymore, mantan penyerang Liverpool 1995-1997, mempertanyakan jiwa kepemimpinan Henderson di masa lalu, tetapi baru-baru ini mengakui bahwa dia salah.

Sebagian besar penggemar Liverpool juga kurang sreg Jordan Henderson didapuk sebagai kapten tim.

Namun, di dalam klub, bagaimanapun, Henderson dianggap penting, yang digambarkan secara emosional setelah kemenangan final Liga Champions di Madrid.

Sederhananya, dia adalah pemimpin The Reds di setiap level.

3 dari 3 halaman

Semua Tentang Orang Lain

"Sebagai seorang pribadi, Hendo (panggilan akrab Henderson) adalah salah satu orang paling fantastis yang pernah Anda temui," Van Dijk, stoper andalan Liverpool kepada ESPN.

"Dia telah menempatkan tim di hadapan dirinya sendiri selama bertahun-tahun. Yang saya sukai adalah dia menggunakan semua yang dia alami - kerendahan hati, kritik, masalah dengan cedera - untuk membantu orang lain melalui situasi yang sama.

"Apa yang dia lakukan diabaikan karena orang mengira kamu mengenakan ban kapten untuk terlihat bagus di dalamnya dan banyak berteriak dan itu adalah pekerjaan yang dilakukan. Ada begitu banyak tanggung jawab di dalam dan di luar lapangan: kamu harus memikirkan semua orang sebelum kamu memikirkan dirimu. Dan Hendo sangat ahli dalam hal itu.

"Jika ada pemain muda yang ingin mengikuti sebuah contoh, itu harusnya dia. Dia adalah pemimpin yang fantastis yang semua orang hormati di Liverpool, dan saya sangat senang Jordan Henderson adalah kapten saya."

Bek belia, Alexander-Arnold, memberikan penilaian yang sama kuatnya.

"Kami tidak akan berada di tempat kami sekarang tanpa dia," katanya kepada ESPN.

"Saya berbicara untuk semua orang ketika saya mengucapkan terima kasih yang besar kepada Hendo karena telah memimpin kami ke sini. Tim selalu berpikir pertama: tidak ada dari kita yang melakukan itu lebih untuk Liverpool daripada Hendo. Dia menunjukkan setiap hari bahwa dia pantas menjadi kapten: bagaimana dia membawa dirinya dalam pusat latihan dan di sekitar tempat itu, rasa hormat yang dia miliki untuk semua orang, apakah itu Mo Salah atau staf kebersihan."

Pemain yang diprediksi bakal meneruskan jejak Jordan Henderson sebagai kapten Liverpol masa depan, menambahkan:

"[Henderson] tidak melihat orang yang lebih besar atau lebih penting daripada orang lain dan itu adalah pelajaran untuk dipelajari bukan hanya dalam sepak bola tetapi juga kehidupan. Dia sangat berharga bagi klub dan siapa pun di Melwood dapat berbicara selama berjam-jam tentang hal itu."

Sumber: ESPN

Video Populer

Foto Populer