Sukses


Singkirkan Argentina, Brasil ke Final Copa America 2019

Bola.com, Belo Horizonte - Brasil lolos ke final Copa America 2019 setelah menyingkirkan Argentina dengan skor 2-0 pada semifinal di Mineirao Stadium, Belo Horizonte, Rabu (3/7/2019) pagi WIB.

Brasil berhasil mencetak gol pada menit ke-19 melalui Gabriel Jesus dan Roberto Firmino pada menit ke-71. Dengan demikian, Brasil akan menantang pemenang laga Peru Vs Chile yang akan digelar pada Kamis (4/7/2019).

Pertandingan Babak Pertama

Tim tuan rumah langsung tancap gas sejak menit awal. Argentina akhirnya keluar dari tekanan setelah 13 menit menghadapi gempuran Brasil. Namun, Brasil tampil cukup efektif. Gabriel Jesus membobol gawang Franco Armani setelah menerima bola umpan Firmino.

Memasuki pertenhan babak pertama, Argentina mampu berbalik menyerang. Sergio Aguero sempat membuat gawang Allison Becker terancam lewat aksi sundulannya pada menit ke-30, setelah menyambut bola umpan Lionel Messi.

Bola mengenai gawang dan menimbulkan kemelut. Namun, Argentina belum berhasil memanfaatkan situasi itu. Skor masih 0-0. 

Allison sempat mendapat perawatan dari tim medis. Ia mengalami sedikit gangguan di pinggang. Namun, kondisinya membaik dan mampu melanjutkan pertandingan.

Duel babak pertama Brasil versus Argentina berjalan panas dan banyak pemain melakukan tekel keras. Brasil melakukan delapan pelanggaran, sementara Argentina sembilan kali.

Dua pemain Argentina mendapat kartu kuning, yakni Nicolas Tagliafico dan Marcos Acuna. Sementara, satu pemain Brasil mendapat kartu kuning, yakni Dani Alves.

Dari catatan statistik, Argentina unggul penguasaan bola 51 persen berbanding 49 persen. Mereka juga lebih banyak melepaskan tembakan (enam kali), namun tak satu pun yang mengarah ke gawang. Sementara Brasil, melepaskan dua tembakan ke gawang dan satu berbuah gol.

Hingga babak pertama berakhir, skor 1-0 untuk keunggulan Brasil pada semifinal Copa America 2019. Simak jalannya laga babak kedua berikut ini.

2 dari 3 halaman

Babak Kedua

Argentina langsung tampil agresif demi menyamakan skor. Alisson menjadi penyelamat Brasil setelah mengamankan bola hasil sepakan voli Lautaro Martinez.

Argentina kembali membuat dua peluang lewat aksi Aguero dan Rodrigo de Paul, namun belum berhasil membuahkan gol. Pada menit ke-57 giliran Messi yang tak dinaungi dewi fortuna. Bola hasil tendangan dari sektor kiri mengenai tiang gawang. 

Messi kembali mengancam pada menit ke-66. Lagi-lagi, Alisson menjadi mimpi buruk bagi Argentina. Ia mengamankan bola sepakan Messi yang mengarah ke pojok kiri atas.

Brasil menambah skor pada menit ke-71 melalui kerja sama apik Gabriel Jesus dan Roberto Firmino. Jesus melewati tiga pemain Argentina kemudian mengirim bola dan disambar oleh Firmino.

Pertandingan semakin panas. Tak hanya pemain yang terlibat friksi, pelatih Argentina, Lionel Scaloni, juga mendapat kartu kuning akibat melakukan protes berlebihan.

Hingga babak kedua berakhir, Argentina tak mampu mencetak gol. Skor 2-0 untuk kemenangan Brasil. 

Data statistik pertandingan menunjukkan, Argentina masih unggul penguasaan bola (51:49 persen). Mereka juga melepaskan 14 tembakan, namun hanya dua yang mengarah ke gawang.

Lagi-lagi, Brasil unggul dalam efektivitas. Mereka hanya melepaskan empat tembakan, tiga di antaranya mengarah ke gawang dan dua menjadi gol.

3 dari 3 halaman

Susunan Pemain

Brasil (4-2-3-1): Alisson; Dani Alves, Marquinhos, Thiago Silva, Alex Sandro; Casemiro, Arthur; Gabriel Jesus, Philippe Coutinho, Everton; Roberto Firmino.

Pelatih: Tite

Argentina (4-1-2-1-2)

Franco Armani; Juan Foyth, Nicolas Otamendi, German Pezzella, Nicolas Tagliafico; Rodrigo de Paul, Leandro Paredes, Marcos Acuna; Lionel Messi; Lautaro Martinez, Sergio Aguero.

Pelatih: Lionel Scaloni

Video Populer

Foto Populer