Sukses


Marco Reus dan Jurgen Klopp Dinobatkan Sebagai Pemain dan Pelatih Terbaik Jerman

Bola.com, Jakarta - Striker Borussia Dortmund, Marco Reus, meraih gelar Pemain Terbaik Tahun Ini di Jerman, Minggu (28/7/2019). Penghargaan Pelatih Terbaik Tahun Ini jatuh kepada Jurgen Klopp. 

Acara pemilihan pemain dan pelatih terbaik di Jerman itu digelar Asosiasi Jurnalis Olahraga Jerman. Mereka bekerja sama dengan majalah Kicker.

Pemenang penghargaan tersebut ditentukan melalui voting. Reus mendapat 150 dari total 450 suara. Dia jauh mengungguli bintang muda Bayer Leverkusen, Kai Havertz, serta bek Bayern Munchen, Joshua Kimmich.

Musim lalu, Reus tampil sebanyak 36 kali di semua ajang kompetisi bersama Dortmund. Ia mencetak 21 gol dan 13 assist.

Penghargaan ini bukan yang pertama kalinya didapat Reus. Pemain berusia 30 tahun tersebut sebelumnya pernah memenangkannya pada 2012 saat masih bermain di Borussia Monchengladbach.

Bagi Reus, penghargaan ini sangatlah berarti baginya. Apalagi ia sebelumnya sempat lama dihajar cedera.

"Penghargaan kali ini lebih baik daripada saat itu. Sebuah perasaan yang berbeda dengan tujuh tahun yang lalu," bebernya seperti dilansir Goal International.

"Jika Anda seorang pemain dengan hanya tiga atau empat tahun yang tersisa, Anda merayakan kesuksesan sedikit lebih emosional daripada sebelumnya dan lebih menikmati semuanya." 

"Sulit kembali setelah cedera yang sama seriusnya dengan ligamen saya yang pecah pada 2017 dan menjadi pemain terbaik tahun ini, yang membuat saya bangga dan menunjukkan bahwa saya telah mengambil jalan yang baik setelah cedera saya," tegas Marco Reus

 

2 dari 2 halaman

Komentar Klopp

Sementara itu, Klopp berhasil membuat Liverpool tampil apik pada musim 2018-19. Puncaknya, ia berhasil membawa The Reds menjadi juara Liga Champions.

Penghargaan ini bukan yang pertama kali diraih manajer berusia 52 tahun itu. Ia sebelumnya sudah pernah mendapatkannya dua kali. Yang pertama pada 2011 dan yang kedua pada 2012. Saat itu Klopp masih menjadi pelatih Borussia Dortmund.

Prestasi yang diraih Jurgen Klopp menyamai prestasi Felix Magath. Sebelumnya tak ada pelatih lain yang bisa menyamai raihan eks bos Bayern Munchen tersebut.

Jurgen Klopp unggul 44 suara atas pelatih yang ada di posisi kedua, Friedhelm Funkel. Ia adalah pelatih yang secara mengejutkan membawa Fortuna Dusseldorf sukses finis di peringkat ke-10 di Bundesliga musim lalu.

Klopp senang menerima penghargaan itu. Namun ia mengaku penghargaan tersebut bisa ia raih berkat usaha kolektif.

"Saya tahu kepada siapa saya berutang penghargaan luar biasa ini: pada tim saya dan tim pelatih saya. Hanya secara kolektif kita dapat mencapai keberhasilan yang telah kami raih," ujar klopp.

"Saya juga senang dengan Friedhelm Funkel dan Adi Hutter, yang karyanya telah diakui," imbuh Jurgen Klopp.

Sumber: Bola.net

Video Populer

Foto Populer