Sukses


Piala Dunia Antarklub dengan Format Baru Siap Digelar Perdana di China

Bola.com, Jakarta China menjadi kandidat terkuat sebagai tuan rumah Piala Dunia Antarklub 2021. Nantinya, kompetisi tersebut akan diikuti sebanyak 24 tim dari seluruh dunia.

Adapun keputusannya baru akan diumumkan paling lambat hari Kamis waktu setempat kala FIFA melakukan rapat di Shanghai. Tahun ini akan menjadi kompetisi kedua terakhir, di mana Piala Dunia Antarklub dengan format standar akan dihelat di Qatar.

Selanjutnya, Piala Dunia Antarklub akan digelar sebagai persiapan tuan rumah Piala Dunia, seperti menjajal stadion dan sebagainya. Ini juga dijadikan sebagai ajang memperkenalkan negara tuan rumah Piala Dunia.

Piala Dunia Antarklub tahun 2025 nanti misalnya, rencananya akan digelar di tiga negara, yakni Amerika Serikat, Kanada dan Meksiko, dan diikuti oleh 24 tim. Ketiganya merupakan tuan rumah Piala Dunia 2026.

 

2 dari 2 halaman

Dari Mana 24 Tim Tersebut?

Salah satu poin penting dari format baru ini adalah ada perwakilan tiap konfederasi. Awalnya, FIFA ingin Piala Dunia Antarklub diikuti oleh 12 klub sepak bola dari Eropa, namun UEFA menolaknya dan hanya mengijinkan delapan wakil saja.

Proposal berikutnya yang diajukan FIFA kepada konfederasi lain yaitu kepada CONMEBOL dengan meminta enam klub atau perwakilan. Sisanya, satu perwakilan dari Afrika, Asia, CONCACAF dan Oseania.

Sistem kompetisinya berupa penyisihan grup. Nantinya akan ada delapan grup yang terdiri dari tiga klub, di mana juara tiap grupnya berhak lolos ke babak perempat final.

Semua ini masih berupa rencana dan berbentuk draft. Namun, rencana ini ditanggapi dengan serius oleh Gianni Infantino.

"Dengan begini, dunia bisa menyaksikan kompetisi Piala Dunia Antarklub yang sebenar-benarnya. Fans bisa menonton pertandingan terbaik di kompetisi kelas dunia yang bertanding untuk meraih titel juara dunia yang sebenar-benarnya," ujar Infantino dilansir dari The Sun.

Sumber: Diario AS, The Sun

Video Populer

Foto Populer