Sukses


Superstar: Ketika Odsonne Edouard Dibandingkan dengan Seniornya Moussa Dembele

Bola.com, Jakarta - Nama Odsonne Edouard sedang menjadi buah bibir pada Liga Skotlandia musim ini. Bersama Glasgow Celtics, ia sudah membukukan 24 gol dan 37 pertandingan.

Pemain berusia 22 tahun itu kini sudah diklaim sebagai sosok pembeda di lapangan dan memiliki kemampuan untuk mengubah jalannya pertandingan lewat kedua kakinya.

Menariknya kini mulai muncul anggapan, bahwa Odsonne merupakan penerus striker yang pernah bersinar bersama Celtics, Moussa Dembele.

Menariknya baik Odsonne dan juga Dembele sama-sama berasal dari Prancis plus datang ke Celtics pada usia masih sangat muda.

Masalahnya apakah benar Odsonne sudah mencapai level yang sama seperti Dembele?

2 dari 3 halaman

Komentar Rekan Setim dan Statistik

Pertanyaan di atas pun dijawab oleh Leigh Griffiths, striker Celtics yang pernah bermain dengan Dembele maupun Odsonne. Menurutnya jika melihat karakteristik, Odsonne jauh berbeda dengan Dembele.

"Odsonne gemar mencari bola dan memegang bola di kakinya. Kemudian ia berusaha melewati lawan lewat dribble," kata Griffiths.

"Sedangkan Moussa merupakan seorang monster. Dia sangat menakutkan pada usianya saat itu dengan ukuran tubuh yang ia miliki," lanjut pemain yang juga berposisi sebagai striker itu.

Andai melihat data statistik, pernyataan Griffiths memang benar adanya. Ketika memperkuat Celtics, Dembele merasakan 94 pertandingan dan membukukan 51 gol.

Edouard sendiri sejauh ini telah mencetak 56 gol pada 118 pertandingan. Rata-rata gol Dembele juga lebih baik ketimbang Edouard: 0,75 berbanding 0,66.

Namun seperti kata Griffiths, Edouard memang lebih memiliki hasrat untuk terlibat dalam permainan tim. Cukup melihat catatan assists sang pemain.

Kini Edouard sudah menyumbangkan 28 assists selama gabung Celtics. Sebagai perbandingan Dembele hanya 18 assists. Jelas rata-rata assists per laga milik Edouard unggul atas Dembele: 0,33 berbanding 0,26.

3 dari 3 halaman

Dibidik Arsenal

Yang pasti, Celtic dan Liga Skotlanda tentu bukan muara terakhir buat Edouard dalam menjalani karier. Seperti Dembele sang senior, pintu pindah ke tim lebih besar sudah ada di depan mata.

Tim papan atas Premier League, Arsenal bahkan diyakini berminat mendatangkannya pada bursa transfer musim panas nanti.

Tidak tanggung-tanggung, sosok yang merekomendasikan nama Edouard agar dipinang Arsenal adalah legenda The Gunners: Thierry Henry. Kini harga Edouard diyakini ada di angka 30 juta paun.

Sumber: BBC

Video Populer

Foto Populer