Sukses


Pele Depresi Berat karena Harus Berjalan dengan Bantuan Tongkat atau Kursi Roda

Jakarta - Kabar depresi yang dialami Pele membuat Tim Vickery angkat bicara. Jurnalis kenamaan Amerika Selatan itu menyebut Pele akan tetap dikenang sebagai legenda.

Legenda sepak bola dunia asal Brasil, Pele, mengalami depresi setelah kondisi kesehatannya tidak kunjung membaik usai menjalani operasi pinggul.

Penyebabnya, Pele tidak melakukan fisioterapi dan rehabilitasi yang ideal setelah operasi pinggul tersebut. Pele enggan meninggalkan rumah karena tidak bisa berjalan tanpa bantuan.

Dalam beberapa kemunculannya di publik belakangan ini, pria bernama lengkap Edson Arantes do Nascimento itu terlihat memakai tongkat atau kursi roda. Pria berusia 79 tahun itu ternyata malu ketika harus selalu dibantu orang ketika menjalankan aktivitas.

Sang anak, Edinho mengungkapkan, Pele menjadi sulit dalam mobilitas menjalani kegiatan. Pemain yang juara di tiga edisi Piala Dunia ini menjadi depresi, karena tidak terlihat seperti yang selalu dia inginkan.

 

 

2 dari 3 halaman

Komentar Vickery

"Saya pikir Pele adalah orang tersukses sepanjang sejarah Brasil, dan juga sepak bola. Saya tidak melihat orang lain yang mampu memasarkan sepak bola sepertinya," kata Vickery seperti dilansir Offtheball.

"Dia selalu menggambarkan Brasil sebagai negara yang bahagia, sama seperti dia memainkan bola. Jika dibandingkan dengan sosok di Inggris maka Pele merupakan Ben Stokes, Lord Nelson, Winston Churcill dan Gary Lineker menjadi satu."

"Pele mampu membuktikan kalau menjadi pesepak bola juga bisa sukses. Namun memang benar kondisinya kurang menguntungkan dalam beberapa tahun terakhir."

Pele menghabiskan sebagian besar karier sepak bolanya bersama klub Brasil, Santos sebelum pindah ke New York Cosmos pada 1970-an. Pele bermain di empat edisi Piala Dunia berbeda, 1958, 1962, 1966, dan 1970.

Ia mampu menyumbangkan tiga gelar Piala Dunia dan beberapa gelar individu prestisius.

 

Sumber asli: Offtheball

Disadur dari: Liputan6.com (Adyaksa Vidi/Windi Wicaksono, Published 12/2/2020)

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan berikut ini:

Video Populer

Foto Populer