Sukses


Profil Stadion Piala Eropa 2020: Fussball Arena Munchen

STADION dengan nama lain dari Allianz Arena yang menjadi markas dari Bayern Munchen. Penghapusan nama stadion bernuansa merk dagang yang tidak terafiliasi dengan UEFA di kompetisi Eropa, yaitu Liga Champions dan Piala Eropa, membuat stadion ini akan disebut sebagai Fussball Arena Munchen pada Piala Eropa 2020 mendatang.

Fussball Arena Munchen merupakan stadion yang yang mulai dibangun pada 21 Oktober 2002 dan dibuka pada 30 Mei 2005 dengan total anggaran mencapai 340 juta euro.

Bayern Munchen pun menjadi tim utama yang menggunakan stadion ini sebagai markas sejak 2005. Namun, yang menarik pertandingan yang dimainkan sebagai laga pembuka di stadion ini justru mempertemukan 1860 Munchen menghadapi FC Nurnberg di sebuah laga ekshibisi.

Stadion ini berkapasitas 75 ribu kursi dan memiliki desain modern. Permainan tata cahaya di seluruh bagian luar stadion membuat Fussball Arena Munchen ini tampak begitu futuristik.

Stadion ini menjadi satu dari 12 stadion yang digunakan Jerman sebagai penyelenggara Piala Dunia 2006. Bahkan stadion yang baru satu tahun dibuka itu langsung mendapat nama khusus dalam perhelatan tersebut, yaitu FIFA World Cup Stadium.

Dalam perhelatan Piala Dunia 2006, Fussball Arena menggelar enam pertandingan, di mana Jerman hanya dua kali merasakan bertanding di stadion tersebut, yaitu pada saat menang 4-2 atas Kosta Rika pada pertandingan pembukaan, dan ketika menang 2-0 atas Swedia pada babak 16 besar.

Setelah itu, stadion ini beberapa kali menjadi markas Timnas Jerman ketika melakoni laga internasional, mulai dari laga kualifikasi Piala Eropa 2008 kontra Republik Ceko yang berkesudahan dengan kemenangan 3-0 untuk Jerman, hingga UEFA Nations League 2018-2019 saat Jerman bermain imbang tanpa gol dengan Prancis pada 6 September 2018.

Seperti halnya lima tim lain yang bakal bermain di stadion di negaranya masing-masing pada fase grup Piala Eropa 2020, Timnas Jerman bakal menjalani tiga pertandingan Grup F di Fussball Arena Munchen. Jerman bakal menghadapi Prancis pada 16 Juni, menghadapi Portugal pada 20 Juni, dan menghadapi pemenang play-off antara jalur A dan D yang masuk ke Grup F pada 24 Juni 2020.

Selain tiga pertandingan fase grup tersebut, Fussball Arena Munchen bakal menggelar satu pertandingan perempat final Piala Eropa 2020 pada 3 Juli mendatang.

2 dari 3 halaman

Jadwal Pertandingan Piala Eropa 2020 di Fussball Arena Munchen

16 Juni 2020

Prancis vs Jerman

20 Juni 2020

Portugal vs Jerman

24 Juni 2020

Jerman vs pemenang play-off A atau D

3 Juli 2020

Perempat Final

3 dari 3 halaman

Momen Bersejarah di Fussball Arena Munchen

Sebagai sebuah stadion yang tergolong baru dibangun, di mana usianya belum mencapai dua dekade, Fussball Arena Munchen belum banyak menggelar banyak pertandingan penting dalam sejarah sepak bola.

Tercatat, stadion ini menggelar laga pembuka Piala Dunia 2006, di mana FIFA menyebut stadion tersebut dengan nama FIFA World Cup Stadium. Jerman menang 4-2 atas Kosta Rika dalam pertandingan tersebut.

Selain Piala Dunia, stadion yang menjadi markas Bayern Munchen ini telah menjadi venue final Liga Champions 2011-2012.

Saat itu Chelsea menghadapi Bayern Munchen dalam laga tersebut, di mana sang pemilik stadion harus menyerah melalui drama adu penalti dan Chelsea berhasil merebut trofi perdana mereka di Liga Champions.

Stadion ini juga rencananya akan kembali menggelar laga final Liga Champions pada musim 2021-2022.

Video Populer

Foto Populer