Sukses


Profil Tim Piala Eropa 2020: Prancis

TIMNAS Prancis menjadi satu di antara unggulan pada Piala Eropa 2020. Modal terkini adalah kesuksesan mereka menjuarai Piala Dunia 2018 di Rusia. Catatan Les Bleus, julukan Timnas Prancis, juga sedang bagus di dua turnamen internasional terakhir.

Pada Piala Eropa 2016, Timnas Prancis mampu melaju ke final sebelum dikalahkan Portugal dengan skor 0-1. Tak salah apabila tim asuhan Didier Deschamps ini favorit juara di Piala Eropa 2020.

Apalagi Timnas Prancis diperkuat sejumlah pemain bintang di kompetisi Eropa. Sebut saja Raphael Varane, Paul Pogba, Antoine Griezmann, Benjamin Pavard, Kylian Mbappe, N'Golo Kante, hingga Hugo Lloris yang menghiasi skuat Les Bleus.

Timnas Prancis dinilai punya kualitas yang merata di setiap lini. Didier Deschamps juga mampu meracik timnya menjadi kekuatan yang disegani, bukan hanya dalam sepak bola Eropa, tapi juga dunia.

Sebelumnya, Timnas Prancis pernah dua kali mengangkat trofi Euro yakni pada 1984 dan 2000. Hanya Jerman dan Spanyol yang pernah juara lebih banyak dari Prancis, yakni tiga kali.

Namun, perjalanan Timnas Prancis di Piala Eropa 2020 diprediksi juga harus terjal dari fase grup. N'Golo Kante dkk tergabung di Grup F Piala Eropa 2020 bersama Jerman dan Portugal, serta satu tim yang dari jalur play-off.

2 dari 5 halaman

Profil Pelatih : Didier Deschamps

DIDIER Deschamps ditunjuk sebagai pelatih Timnas Prancis menggantikan Laurent Blanc, yang mundur seusai Piala Eropa 2012. Dalam tugas perdananya di turnamen internasional, Les Bleus hanya mampu melangkah ke perempat final Piala Dunia 2014.

Di level klub, Deschamps pernah menangani AS Monaco, Juventus, dan Marseille. Pencapaian pelatih kelahiran Bayonne 15 Oktober 1968 itu pun terbilang tidak buruk.

Semasa menjadi pemain, Deschamps pernah memenangi Piala Dunia dan Euro. Kini, sebagai pelatih, setelah mengantarkan Timnas Prancis menjadi juara Piala Dunia 2018, Deschamps juga ingin memenangkan turnamen Piala Eropa.

Deschamps dikenal sebagai sosok yang saklek dengan keputusannya. Termasuk tidak akan memanggil Karim Benzema ke Timnas Prancis selama dia duduk di kursi pelatih.

Soal pemilihan pemain, Deschamps lebih mementingkan siapa yang cocok yang taktiknya, bukan kualitas individu yang menonjol. Hal itu tercermin dalam pemanggilan Olivier Giroud sebagai juru gedor Les Bleus.

3 dari 5 halaman

Pemain Bintang : N'Golo Kante

LINI tengah Timnas Prancis merupakan kunci kekuatan mereka di lapangan. Kehadiran N'Golo Kante menjadi pembeda karena kemampuannya sebagai pemutus aliran serangan lawan.

Kante mampu merebut bola dan mengatur tempo permainan. Dia nyaris terus berlari sepanjang pertandingan untuk memberi pressure kepada pemain lawan dan Kante punya stamina luar biasa.

Kerjasamanya dengan Paul Pogba semakin melengkapi kekuatan lini tengah Les Bleus. Kante gelandang yang hebat dalam bertahan maupun membantu penyerangan.

4 dari 5 halaman

Jalan Menuju Piala Eropa 2020

Timnas Prancis lolos sebagai juara Grup H Kualifikasi Piala Eropa 2020. Les Bleus mengoleksi 25 poin dari 10 pertandingan, di mana mereka delapan kali menang, sekali seri, dan sekali kalah.

Hasil laga Timnas Prancis di kualifikasi Grup H Euro 2020

Moldova 1 - 4 Prancis

Prancis 4 - 0 Islandia

Turki 2 - 0 Prancis

Andorra 0 - 4 Prancis

Prancis 4 - 1 Albania

Prancis 3 - 0 Andorra

Islandia 0 - 1 Prancis

Prancis 1 - 1 Turki

Prancis 2 - 1 Moldova

Albania 0 - 2 Prancis

5 dari 5 halaman

Jadwal Pertandingan di Piala Eropa 2020

Timnas Prancis tergabung di Grup F Piala Eropa 2020 bersama Jerman, Portugal, dan satu tim yang lolos dari jalur play-off. Les Bleus akan akan memulai petualangan di Euro 2020 dengan melawan Jerman.

Laga Prancis kontra Jerman akan digelar pada 16 Juni mendatang di Allianz Arena, Munchen, Jerman. Lalu, selang empat hari giliran Raphael Varane dan kawan-kawan menghadapi pemenang jalur play-off di Budapest, Hungaria.

Dia terakhir fase grup, Timnas Prancis mesti berhadapan dengan Portugal, di mana itu merupakan partai ulangan Euro 2016. Laga ini akan digelar di Puskas Arena pada 24 Juni 2020. Jadwal Timnas Prancis di Piala Eropa 2020

16 Juni 2020, Prancis vs Jerman (Allianz Arena, Munich)

20 Juni 2020, Pemenang play-off alur A atau D vs Prancis (Puskas Arena, Budapest)

24 Juni 2020, Portugal vs Prancis (Puskas Arena, Budapest)

Video Populer

Foto Populer