Sukses


Profil Tim Piala Eropa 2020: Austria

DUA tahun silam, Timnas Austria menjadi 'pesakitan' setelah tak ikut berpesta di pentas Piala Dunia 2018. Kegagalan tersebut membuat Austria melakukan manuver dengan mengganti pelatih. Marcel Koller.

Nama Franco Foda masuk dengan target utama lolos ke putaran final Piala Eropa 2020. Sebuah keputusan yang tepat, karea terbukti misi itu sukses.

Sejatinya, Austria lolos ke Piala Eropa 2020 tidak mengejutkan. Sebab, dari segi materi pemain, Austria punya kualitas yang cukup bagus. Banyak pemain kunci Das Team yang berkiprah di Bundesliga dengan reputasi yang bagus.

Dari penjaga gawang hingga penyerang, ada pilar Austria yang bermain di Bundesliga. Di bawah mistar ada nama Pavao Pervan yang bermain di Vfl Wolfsburg. Lalu, ada Aleksandar Dragovic dari Bayer Leverkusen yang menjadi pilar di lini belakang.

Di lini tengah, Austria punya Julian Baumgartlinger (Leverkusen), David Alaba (Bayern Munchen), Stefan Ilsanker (Frankfurt), dan Marcel Sabitzer (RB Leipzig). Sedangkan, di lini depan ada nama Lukas Hinterseer (Hamburg/Bundesliga 2) dan Karim Onisiwo (Mainz O5).

Nuansa Jerman kian kental di skuad Austria karena ada pelatih Franco Foda. Pria berusia 55 tahun tersebut berasal dari Jerman. Di masa lalu, Franco Foda pernah membela timnas Jerman Barat.

Dengan skuad yang dimiliki, Austria punya peluang besar untuk lolos dari fase Grup Piala Eropa 2020. Pada babak grup, Austria berada di Grup C bersama Belanda, Ukraina, dan satu negara yang akan lolos dari babak playoff.

 

2 dari 5 halaman

Profil Pelatih: Franco Foda

SOSOK Franco Foda merupakan pelatih sukses di sepak bola Austria. Bersama klub, dia pernah membawa SK Sturm Graz meraih dua gelar. Dia membawa SK Sturm Graz menjadi juara Bundesliga Austria (2010/2011) dan Austria Cup (2009/2010).

Franco Foda sempat tergoda untuk melatih klub Jerman. Pada 2012, dia menerima tawaran melatih Kaiserslautern. Namun, karirnya di Jerman tidak cukup bagus. Franco Foda gagal membawa Kaiserslautern promosi ke Bundesliga.

Gagal di Jerman, Franco Foda kembali ke Austria untuk melatih SK Sturm Graz. Klub ini cukup spesial bagi Franco Foda. Saat masih menjadi pemain, dia juga pernah membela SK Sturm Graz.

Franco Foda mulai ditunjuk sebagai pelatih timnas Austria pada 2018. Dia menggantikan peran Marcel Koller yang gagal membawa Austria ke Piala Dunia 2018. Target Franco Foda adalah membawa Austria lolos ke Piala Eropa 2020 dan dia sukses meraihnya.

Di bawah kendali Franco Foda, Austria tampil cukup bagus. Das Team mampu memperagakan sepak bola menyerang dengan bagus. Austria mencetak 19 gol dari 10 laga babak Kualifikasi Piala Eropa 2020. Franco Foda memakai formasi 4-2-3-1 sebagai favoritnya.

 

3 dari 5 halaman

Pemain Bintang: Marcel Sabitzer

TIMNAS Austria punya banyak pemain yang bisa menjadi pembeda. Ada nama David Alaba yang menjadi andalan Bayern Munchen. Lalu, ada mesin gol Marco Arnautovic, dan kapten Julian Baumgartlinger. Tetapi, Marcel Sabitzer bakal menjadi faktor kunci.

Marcel Sabitzer berada pada performa terbaiknya pada musim 2019-2020 ini. Di bawah kendali Julian Nangelsmann, Marcel Sabitzer menjadi pemain kunci bagi RB Leipzig. Dia menjelma sebagai pemain yang lengkap.

Marcel Sabitzer bisa bermain di banyak posisi. Pada musim 2019-2020 ini, bersama RB Leipzig, dia sudah memainkan peran sebagai winger kanan, gelandang kanan, gelandang tengah, dan gelandang serang. Marcel Sabitzer tampil sama bagusnya di posisi itu.

Dari sisi skill, pemain berusia 25 tahun juga makin lengkap. Dia bukan hanya kuat dalam duel satu lawan satu dengan lawan, tetapi juga tendangan jarak jauh. Marcel Sabitzer bisa melakukan cut inside dan menahan bola dengan baik.

Marcel Sabitzer juga bisa menjadi pelayan bagi Marco Arnautovic di lini depan. Sejauh ini, dari 22 laga di Bundesliga bersama RB Leipzig, dia sudah mengkreasi lima assist. Marcel Sabitzer punya akurasi crossing tinggi dan rendah sama bagusnya.

 

4 dari 5 halaman

Jalan Menuju Piala Eropa 2020

AUSTRIA memang bukan tim yang berada di puncak klasemen Grup G pada babak Kualifikasi Piala Eropa 2020. Namun, jika yang dihitung adalah jumlah gol yang dicetak, pada Das Team menjadi yang nomor satu.

Pada 10 laga yang dimainkan di fase grup, Austria mampu mencetak 19 gol. Satu gol lebih baik dibanding Polandia yang menjadi pemuncak klasemen Grup G. Tetapi, Austria juga kebobolan cukup banyak: 9 gol.

Austria menelan tiga kekalahan pada fase grup yakni lawan Polandia, Latvia, dan Israel. Kekalahan atas Polandia terjadi di kandang sendiri. Sedangkan, kekalahan atas Latvia dianggap mengejutkan. Sebab, mereka unggul secara kualitas.

Marco Arnautovic menjadi top skor Austria di babak Kualifikasi Piala Eropa 2020. Penyerang berusia 30 tahun tersebut mampu mencetak enam gol. Sedangkan, Marcel Sabitzer dan Valentino Lazaro berada di urutan selanjutnya dengan dua gol.

Bek tengah Alexandar Dragovic menjadi pemain paling penting Austria di fase grup babak kualifikasi. Pemain asal klub Bayer Leverkusen selalu tampil pada 10 laga yang dimainkan Austria. Sebagai bek tengah, dia punya catatan disiplin yang bagus karena hanya mendapat dua kartu kuning.

Hasil pertandingan Austria di fase grup Kualifikasi Piala Eropa 2020 :

22/3/2019 : Austria 0 - 1 Polandia

25/3/2019 : Israel 4 - 2 Austria

8/6/2019 : Austria 1 - 0 Slovenia

11/6/2019 : FYR Macedonia 1 - 4 Austria

7/9/2019 : Austria 6 - 0 Latvia

10/9/2019 : Polandia 0 - 0 Austria

11/10/2019 : Austria 3 - 1 Israel

14/10/2019 : Slovenia 0 - 1 Austria

17/11/2019 : Austria 2 - 1 Macedonia

20/11/2019 : Latvia 1 - 0 Austria

 

5 dari 5 halaman

Jadwal Pertandingan

ARMADA Austria tergabung di Grup C pada Piala Eropa 2020. Das Team akan berjumpa dua lawan kuat yakni Belanda dan Ukraina. Satu lagi penghuni Grup D bakal ditentukan lewat babak play off. Grup yang cukup berat bagi Austria.

Pada laga pertama di Grup D, Austria punya peluang besar untuk menang. Sebab, mereka akan menjadi tuan rumah. Laga bakal digelar di Ernst Happel Stadion. Namun, pada dua laga selanjutnya, Austria harus bermain di kandang lawan.

Berikut jadwal lengkap Austria pada fase grup Piala Eropa 2020 :

14/6/2020 : Austria Vs Pemenang play-off Pot D (Ernst Happel Stadion)

19/6/2020 : Belanda Vs Austria (Johan Cruijff ArenA)

22/6/2020 Ukraina vs Austria (Arena Nationale)

Disadur dari : Bola.net

Penulis : Asad Arifin

Video Populer

Foto Populer