Sukses


5 Poin Surat UEFA kepada 55 Negara Anggota Terkait Kelanjutan Kompetisi, Harus Tetap Lanjut

Bola.com, Jakarta - Pandemi virus corona sempat memunculkan wacana penghentian kompetisi di kawasan Eropa. Asosiasi Sepak Bola Eropa (UEFA) mengambil kebijakan agar kompetisi musim ini bisa selesai.

Melansir Sky Sport, Jumat (3/4/2020) UEFA, Asosiasi Klub Eropa (ECA) dan Asosiasi Liga Eropa (EL) telah mengirim surat kepada 55 anggota asosiasi, termasuk klub dan liga untuk satu visi dalam mengatasi masalah yang diakibatkan pandemi virus corona.

Dalam surat tersebut, Asosiasi masing-masing negara harus terus bekerja sampai musim kembali digelar setelah situasi ini aman. UEFA juga melakukan rapat dengan video konferensi pada Rabu lalu dengan semua anggota asosiasi.

Awalnya, dewan direksi Liga Belgia merekomendasikan musim ini untuk segera diakhiri. Beberapa klub di Belanda juga menyerukan hal serupa.

Namun, UEFA berkeras agar setiap asosiasi menyelesaikan kompetisi domestik, sekalipun nantinya musim ini baru dimulai lagi pada Juli 2020.

Surat imbauan agar kompetisi tetap dilanjutkan ini ditandatangani oleh Presiden UEFA, Aleksander Ceferin, Andera Agneli (Ketua ECA), dan presiden EL, Lars Christer.

Namun, dalam surat tersebut juga menyertakan kesehatan masyarakat tetap menjadi prioritas utama. Berikut Bola.com berikan poin-poin dari surat UEFA tersebut.

2 dari 2 halaman

5 Poin Surat UEFA

1. Kompetisi musim ini harus diselesaikan

UEFA berkeras meminta asosiasi untuk menyelesaikan kompetisi domestik, meski nantinya baru akan dimulai pada Juli 2020. Keputusan ini diambil untuk mengurangi kerugian, baik klub atau operator liga akibat hak siar yang tak terpenuhi.

2. Gelar juara berdasarkan bukti di lapangan

UEFA juga meminta penentuan pemenang kompetisi berdasarkan bukti di lapangan bukan karena pemberian atau give away. Terlebih di antara kompetisi elite Eropa belum ada klub yang memastikan juara. Contohnya Liverpool yang masih butuh dua kemenangan lagi.

3. Keputusan pembubaran kompetisi adalah prematur

UEFA juga tidak membenarkan pembatalan atau penghentian permanen kompetisi akibat pandemi corona. Jika sudah ada asosiasi yang membuat keputusan tersebut, dianggap prematur. Padahal, Belgia telah mengumumkan penghentian kompetisinya dan menobatkan Club Brugge sebagai juara.

4. Liga Champions dan Liga Europa digelar setelah kompetisi domestik selasai

UEFA juga sedang menggodok formulasi untuk menyelesaikan kompetisi Liga Champions dan Liga Europa. Liga Champions belum menyelesaikan babak 16 besar karena masih ada beberapa pertandingan leg kedua ditunda. Itu juga berlaku di Liga Europa.

5. Penghentian kompetisi adalah opsi terakhir

UEFA masih percaya kompetisi domestik musim ini masih bisa selesai. Terlebih mereka juga telah memindahkan Piala Eropa 2020 ke 2021. Penghentian kompetisi adalah opsi terakhir yang dipilih jika pandemi virus corona makin parah di kawasan Eropa dan bila sudah tidak ada alternatif tanggal yang tersedia.

Sumber: Sky Sport

10 Klub La Liga Terkaya Saat Ini, Real Madrid Masih Teratas

Video Populer

Foto Populer