Sukses


Sinyal Bundesliga Kembali Digelar, Klub-klub Mulai Bermusyawarah Mufakat

Bola.com, Jakarta - Sejumlah klub Bundesliga sudah mulai berlatih menyusul sinyal bahwa kompetisi akan kembali digulirkan. Kini, muncul perdebatan mengenai durasi masa 'recovery' yang diperlukan tiap klub guna menyongsong sisa musim ini.

Bayern Munchen, RB Leipzig, Freiburg, dan Werder Bremen menjadi klub pertama yang menggelar latihan. Secara perlahan, tim-tim Bundesliga lain mulai mengumpulkan pemainnya.

Beberapa perwakilan tim lalu mengeluarkan pendapatnya mengenai hal ini. Ada kecemasan bahwa pemain rentan mengalami cedera jika liga terlalu cepat dimulai.

Ada pun Bundesliga diprediksi bisa dimulai pada awal Mei mendatang. Banyak klub kemudian berusaha bermusyawarah agar keputusan tidak memberatkan klub-klub peserta.

"Kami harus menggabungkan dua tujuan utama, yaitu menjaga para pemain dalam kondisi yang sangat baik dan pada saat yang sama menghindari kemungkinan infeksi", Martin Przondziono, direktur olahraga Paderborn.

Dengan berhentinya liga, praktis kebugaran pemain menjadi persoalan utama. Pelatih Borussia Dortmund, Julian Nagelsman mengatakan pemain akan bugar dalam waktu dua pekan.

"Para pemain saya tidak kehilangan kebugaran terlalu banyak. Mereka akan kembali bugar dalam satu setengah atau dua minggu," kata Nagelsmann.

Hal ini menentukan kapan waktu ideal yang diperlukan buat para pemain kembali ke puncak kebugaran. Oleh karena itu, kini sejumlah pengamat sedang berdebat guna mencari solusi secara musyawarah mufakat.

 

Video

2 dari 2 halaman

Durasi yang Ideal

Juanjo Del Ojo, pelatih kebugaran AS Monaco, punya pendapat lain. Ia memperkirakan dibutuhkan waktu minimal tiga pekan.

"Itu tergantung pada berapa lama mereka melakukan karantina," kata pelatih Spanyol Juanjo Del Ojo, staf fitness AS Monaco, klub Ligue 1 Prancis.

"Jika masa karantina berlangsung lima atau enam minggu, pemain membutuhkan minimal tiga minggu sebelum kami dapat kembali ke kompetisi dengan pasti dan mengurangi risiko cedera," katanya lagi.

Sumber: L'Equipe, AFP

Video Populer

Foto Populer