Sukses


Mengenang Hattrick Ronaldo yang Berakhir dengan Standing Ovation dari Old Trafford

Bola.com, Jakarta - Terdapat dua Ronaldo yang punya kesan mendalam bagi Manchester United. Yang pertama adalah Ronaldo Nazario asal Brasil. Kedua, Cristiano Ronaldo yang dulu pernah memberikan gelar juara Liga Champions untuk Setan Merah.

Nama Cristiano Ronaldo sudah masyhur sebagai salah satu legenda Manchester United. Dia memang tidak lama bermain di Old Trafford, tetapi meninggalkan jejak yang gemilang. Ballon d'Or pertama Ronaldo diraih bersama United.

Lantas, bagaimana dengan Ronaldo yang dari Brasil? Bukankah dia tidak pernah bermain untuk Manchester United?

Benar. Ronaldo memang tidak pernah bermain untuk Manchester United. Namun, sihir sosok yang mendapat julukan El Fenomeno tersebut pernah membuat Manchester United kelimpungan dan juga mendapat sambutan meriah dari publik Old Trafford.

Momen epik tersebut terjadi pada Liga Champions 2003. Saat itu, Real Madrid menjalani laga tandang melawan Manchester United di Old Trafford. Sebuah malam yang dingin, yang kemudian dipanaskan oleh aksi Ronaldo.

Simak cerita selengkapnya berikut ini, seperti disadur dari SportBilbe.

2 dari 5 halaman

Perempat Final Liga Champions 2002-2003

Real Madrid berjumpa Manchester United pada babak perempat final Liga Champions 2002-2003. Ketika itu, kedua tim menjadi kekuatan sepak bola Eropa. Mereka punya materi pemain yang sama bagusnya.

Real Madrid punya Luis Figo, Zinedine Zidane, Fernando Hierro, dan Roberto Carlos. Los Galaticos juga punya Raul Gonzalez dan Iker Casillas yang sedang berada dalam performa terbaik. Real Madrid dilatih Vicente Del Bosque.

Pihak Manchester United, tentu saja masih dikomandoi Sir Alex Ferguson, juga punya materi yang sangat mewah. Juan Veron dan Roy Keane di lini tengah. Lalu, ada David Bechkham, Ruud van Nistelrooy, Ole Gunnar Solskjaer, dan Laurent Blanc.

Laga leg pertama digelar di Santiago Bernabeu. Real Madrid menang dengan skor 3-1. Raul mencetak dua gol pada menit ke-28 dan 49. Satu gol Real Madrid lainnya dicetal Luis Figo pada menit ke-12.

Sedangkan, gol balasan Manchester United dicetak dari sundulan Ruud van Nistelrooy pada menit ke-52.

3 dari 5 halaman

Momen Magis Ronaldo di Old Trafford

Kalah dengan skor 3-1 di leg pertama, Manchester United menjalani tugas berat di leg kedua yang digelar di Old Trafford. Setan Merah harus menang dengan skor 2-0 atau menang dengan selisih tiga gol dari Real Madrid.

Ronaldo membuat seisi Old Trafford terdiam setelah mencetak gol pada menit ke-12. Real Madrid unggul 0-1 dan Setan Merah makin terjepit karena ketinggalan agregat 4-1.

Setan Merah kemudian bangkit dan malam yang dingin di Old Trafford menjadi hangat. Enam gol tambahan tercipta pada sisa laga. Dua gol untuk Real Madrid dan empat gol untuk Manchester United.

Ruud van Nistelrooy, gol bunuh diri Ivan Helguera, dan dua gol David Beckham akhirnya membawa Manchester United menang dengan skor 4-3 atas Real Madrid. Akan tetapi, panggung utama laga tersebut menjadi milik Ronaldo.

Ronaldo mencetak dua gol tambahan pada menit ke-51 dan 59. Aksi imprsif pemain yang pernah membela PSV Eindoven tersebut kemudian mendapat apresiasi dari publik Old Trafford. Ronaldo mendapat standing ovation dari Old Trafford.

4 dari 5 halaman

Momen Paling Fenomenal bagi El Penomenon

Ronaldo mengakui bahwa laga melawan Manchester United menjadi momen yang sangat berkesan dalam karirnya. Bahkan, pemain yang juga pernah membela Inter Milan dan AC Milan menyebutnya sebagai penampilan terbaik di Liga Champions.

"Penampilan terbaik saya adalah pertandingan Liga Champions melawan Manchester United di Old Trafford. Itu adalah pertandingan terbuka yang indah di mana saya berhasil mencetak tiga gol, itu benar-benar spektakuler," kata Ronaldo kepada Sports Bible.

“Namun, momen terbaik dari pertandingan itu adalah ketika saya diganti karena semua orang di stadion memberi saya tepuk tangan meriah, lawan saya melakukan itu," kenang Ronaldo.

Ronaldo digantikan pada menit ke-67. Vicente Del Bosque menarik Ronaldo yang sudah mencetak hattrick pada dan memainkan Santiago Solari. Seketika itu pula publik di Old Trafford berdiri dan memberikan tepuk tangan untuk Ronaldo.

“Semua orang berdiri, saya benar-benar tidak mengharapkan itu. Saya sangat terkejut dengan spontanitas dari suporter tim lawan. Itu adalah momen yang sangat ajaib. Bagi saya, salah satu yang paling penting dalam hidup saya," kata Ronaldo.

 

Sumber: SportBilbe

Disadur dari: Bola.net (Asad Arifin, published 9/4/2020)

5 dari 5 halaman

Video

Antoine Griezmann dan 4 Bintang Sepak Bola yang Belum Raih Gelar Liga

Video Populer

Foto Populer