Sukses


Flashback: 2016 Jadi Tahun Terbaik Bagi Cristiano Ronaldo

Bola.com, Jakarta - Cristiano Ronaldo menorehkan berbagai prestasi mentereng setiap tahunnya. Namun, 2016 menjadi tahun terbaik bagi Ronaldo, karena merengkuh berbagai trofi, mulai dari klub, timnas, dan individu.

Titel juara pertama yang berhasil didapat Cristiano Ronaldo pada tahun tersebut adalah Liga Champions 2015-2016. Ketika itu, CR7 membantu Real Madrid mengalahkan Atletico Madrid pada laga final di San Siro, 25 Mei 2016.

Madrid berhasil mengatasi perlawanan Atletico dengan skor 5-3 lewat drama adu penalti. Penentuan pemenang harus dilakukan lewat titik putih, setelah skor 1-1 bertahan selama 120 menit.

Selepas itu, Cristiano Ronaldo membela Timnas Portugal di Piala Eropa 2016. Pria berusia 35 tahun itu tampil gemilang. Dia berhasil mencetak tiga gol dari tujuh pertandingan yang dijalani.

Berkat kontribusi Ronaldo, Portugal berhasil lolos ke final Piala Eropa 2016. Pada partai puncak, A Selecao menghadapi tuan rumah Prancis di Stade de France, 10 Juli 2016.

Sayangnya, Cristiano Ronaldo harus ditarik keluar lapangan pada menit ke-25 akibat mengalami cedera di lututnya. Meski tidak dapat bermain, CR7 tetap memberikan dukungan kepada rekan setimnya dari pinggir lapangan.

Bahkan, dia beberapa kali memberikan instruksi layaknya seorang pelatih. Timnas Portugal pun akhirnya berhasil mengalahkan Prancis berkat gol tunggal Eder pada menit ke-109.

Bagi Cristiano Ronaldo, gelar juara tersebut sekaligus melengkapi koleksi di lemari trofinya. Sebab sebelumnya, dia belum pernah sekalipun membawa Timnas Portugal merengkuh titel juara.

Cristiano Ronaldo bersama Timnas Portugal menjuarai Piala Eropa 2016 setelah mengalahkan Prancis, 1-0. (AFP)

Kebahagiaan Ronaldo pada tahun tersebut semakin bertambah setelah Real Madrid memberikan kontrak baru. Dia mendapatkan kontrak berdurasi lima musim dan menerima bayaran 21 juta euro per tahun.

"Memenangi Liga Champions bersama Real Madrid, Piala Eropa bersama Portugal dan mendapat kontrak baru dengan durasi lima tahun semakin melengkapi tahun indah saya. Tahun ini, semua impian saya bisa menjadi kenyataan," ujar Cristiano Ronaldo di situs resmi Real Madrid pada 7 November 2016.

 

2 dari 3 halaman

Ballon d'Or dan Piala Dunia Antarklub

Kebahagiaan Ronaldo semakin lengkap karena merengkuh penghargaan Ballon d'Or 2016. Cristiano Ronaldo berhasil mengumpulkan 745 poin, unggul jauh atas Lionel Messi yang berada di urutan kedua dengan 316 poin.

Ballon d'Or tersebut merupakan yang keempat diraih oleh Ronaldo. Sebelumnya, dia berhasil mendapatkan bola emas pada 2008, 2013, dan 2014.

"Sebuah kehormatan besar untuk menerima bola emas keempat saya. Perasaannya masih sama seperti yang pertama," ujar Ronaldo seperti dilansir The Guardian pada 12 Desemberr 2016.

"Mimpi itu menjadi kenyataan lagi. Saya tidak pernah berpikir untuk memenangkan bola emas empat kali jadi saya sangat senang dan bahagia," tambahnya.

Kebahagiaan Cristiano Ronaldo semakin lengkap setelah mengantarkan Real Madrid menjuarai Piala Dunia Antarklub 2016. Menghadapi Kashima Antlers di International Stadium Yokohama, 18 Desember 2016, Madrid menang 4-2.

Tiga dari empat gol Real Madrid disarangkan oleh CR7, yakni pada menit ke-60, 98', dan 104'. Tambahan satu trofi ini membuat Ronaldo mengoleksi tiga gelar juara Piala Dunia Antarklub, setelah sebelumnya pada 2008 bersama Manchester United dan 2014 dengan Madrid.

Sumber: Real Madrid, The Guardian, Transfermarkt

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Kisah Luka Modric, Jenderal Lapangan Tengah Real Madrid yang Jadi Korban Perang Balkan

Video Populer

Foto Populer