Sukses


Zinedine Zidane dan 4 Pemain Terbaik Timnas Negara Papan Atas Dunia

Bola.com, Jakarta - Banyak bintang lahir dari pentas sepak bola profesional, baik di level klub maupun negara. Mereka dielu-elukan penggemar berkat aksi-aksi brilian di lapangan. 

Para pemain ini disanjung bak pahlawan karena berhasil mengharumkan nama negara, sukses membuat kalangan fans bahagia dan bangga setelah memberikan gelar prestius pada klub favorit.

Namun, terkadang, penampilan seorang pemain di level klub dan saat membela negara, tak sejalan. Ada pemain yang performanya mengilap saat beraksi di level klub, namun melempen ketiga gabung bersama rekan-rekannya di tim nasional.

Tentu berbagai faktor memengaruhi hal tersebut, seperti misalnya "dukungan" dari rekan satu tim.

Tak banyak, pemain yang mengecap kesuksesan bersama klub, juga berjaya bersama negara saat membela timnas.

Namun, dalam bahasan ini, ada satu pengecualian. Dia adalah Lionel Messi. Pemain berjuluk La Pulga ini sukses berat bersama Barcelona, tetapi seolah dijauhi dewi fortuna setiap kali tampil bersama Tim Tango.

Kendati belum meraih satu pun gelar bergengsi bersama Timnas Argentina, sosok Messi tetap jadi salah seorang pemain terhebat dari Argentina.

Sosoknya kerap disamakan dengan legenda negara itu; Diego Armando Maradona.

Messi, tak ayal, menjadi representasi alias icon sepak bola Argentina. 

Beberapa negara lain di dunia juga memiliki icon sepak bola masing-masing, sama halnya Messi di Argentina. Ada Luka Modric di Kroasia, Zlatan Ibrahimovic di Swedia, Peter Schmeichel (Denmark), Andres Iniesta (Spanyol),  Johan Cruyff (Belanda), Paolo Maldini (Italia), hingga Carlos Valderama (Colombia).

Berikut, Bola.com menyajikan pemain terbaik di beberapa negara, yang menjadi representasi atau icon sepak bola negara bersangkutan, Rabu (15/4/2020).

2 dari 6 halaman

1. Argentina - Lionel Messi

Lionel Messi telah mencatatkan caps 128 bersam Timnas Argentina dan mengoleksi 65 gol. Itu merupakan rekor di La Albiceleste.

Prestasi bergengsi Messi bersama Timnas Argentina mungkin hanya segelintir, semisal membantu timnas kelompok usia memenangkan medali emas Olimpiade 2008 di Beijing.

Termasuk pula membawa Argentina jadi runner-up di Piala Dunia 2014, dan tiga kali runner-up Copa America pada edisi 2007, 2015, dan 2016.

Messi kembali dari masa break di timnas, dengan tampil di Piala Dunia 2018.

Meski begitu, tak ada yang akan protes dengan menempatkan megabintang Barcelona ini dalam daftar pemain terbaik dalam sejarah, di satu negara.

3 dari 6 halaman

2. Portugal - Cristiano Ronaldo

Tak diragukan lagi, Cristiano Ronaldo adalah satu dari beberapa pemain terhebat sepanjang sejarah sepak bola dunia. Dia punya segudang prestasi, 26 trofi, termasuk lima titel Liga Champions dan lima Ballon d'Or.

Sejauh ini Ronaldo belum berhasil membawa Portugal memenangkan Piala Dunia, namun rival abadi Lionel Messi ini telah sukses mengantar Selecao das Quinas meraih gelar juara Piala Eropa pada 2016. Itu menjadi gelar paling prestius pertama yang berhasil diraih Portugal.

Ronaldo punya caps 154 dan koleksi 85 gol bersama Timnas Portugal.

4 dari 6 halaman

3. Brasil - Pele

Bicara perihal sepak bola Brasil, fans tak bisa mengesampingkan Pele. Ya, Pele adalah sepak bola Brasil dan sepak bola Brasil adalah Pele.

Pria yang kini berusia 79 tahun itu ada di daftar teratas pemain dengan koleksi gol terbanyak sepanjang sejarah sepak bola. Pundi-pundi gol Pele mencapai 1.281 yang dihasilkannya dari 1.363 pertandingan.

Pele ikut berjasa besar atas raihan tiga gelar juara Brasil di Piala Dunia, masing-masing pada edisi 1958, 1962, dan 1970.

Pele juga yang mengenalkan "joga bonito" atau permainan sepak bola yang indah, ke publik sepak bola di seluruh dunia dengan teknik dribbling dan tembakannya yang luar biasa.

5 dari 6 halaman

4. Prancis - Zinedine Zidane

Prancis sungguh beruntung memiliki pemain sekelas Zinedine Zidane. Pria yang kini jadi pelatih Real Madrid ini merupakan legenda sepak bola Negara Mode tersebut.

Semasa bermain, Zidane tampil memukau saat bersama Juventus dan Real Madrid.

Di level timnas, dia merupakan salah seorang pemain yang ikut menghadirkan trofi juara Piala Dunia 1998.

Satu hal yang diingat dari Zidane, yang membuatnya layak jadi icon sepak bola Prancis, ialah permainannya yang berkelas dan visi bermainnya yang mengesankan.

6 dari 6 halaman

5. Jerman - Franz Beckenbauer

Timnas Jerman dalam satu dekade terakhir ini memunculkan banyak pemain bintang. Namun, kebesaran Franz Beckenbauer masih belum tertandingi.

Pria yang mendapat julukan der kaiser atau Sang Kaisar ini punya statistik unik, tiada duanya, yang bisa menggambarkan betapa hebatnya dirinya.

Guinness World of Records mencatat, Beckenbauer merupakan sosok pertama yang mampu meraih trofi Piala Dunia sebagai pemain dan pelatih.

Beckenbauer tampil dalam tiga edisi Piala Dunia, dan berhasil mendapat trofi Piala Dunia pada edisi 1974.

Sang Kaisar memiliki statistik berupa 103 caps bermain bersama Jerman Barat selama 12 tahun kiprahnya.

Setelah pensiun, Beckenbauer berhasil mengantar Jerman menjuarai Piala Dunia 1990 di Italia.

 

Sumber: Soccergator

Video Populer

Foto Populer