Sukses


2 Syarat Serie A Bisa Dilanjutkan pada Bulan Mei

Bola.com, Milan - Ahli penyakit menular terkemuka Italia, Giovanni Rezza mengatakan, kompetisi Serie A bisa dilanjutkan dalam waktu satu bulan. 

Namun, harus ada dua syarat apabila ingin kembali digelar, yakni tanpa penonton dan dengan pengamanan yang ketat.

FIGC (Federasi Sepak Bola Italia) telah membuat protokol keamanan pemain dan staf selama pandemi virus corona. Klub ingin memulai latihan pada 4 Mei, sementara Liga dimulai lagi pada 30-31 Mei.

“Seperti keadaan hari ini, Serie A tidak dapat dilanjutkan, tetapi bisa dilakukan dalam waktu satu bulan, tanpa penonton dan dengan protokol yang ketat," kata Giovanni Rezza.

Rezza mengingatkan, sepak bola bisa membahayakan karena menyebabkan kerumunan.

“Setiap pertandingan membawa beberapa tingkat risiko. Yang harus kita lakukan adalah menurunkan risiko sebanyak mungkin dengan menetapkan pedoman yang sangat ketat," katanya.

"FIGC sedang memikirkan langkah-langkah ini untuk mengurangi risiko seminimal mungkin bagi para pemain, staf, dan semua orang di komunitas sepak bola," imbuhnya.

Video

2 dari 3 halaman

Pemain Jalani Tes

3 dari 3 halaman

Tanggal Belum Pasti

Asosiasi Sepak Bola Italia (FIGC) berniat melakukan tes virus corona terhadap semua pemain pada akhir April atau awal Mei. Tindakan itu untuk membuka jalan para pemain bisa kembali berlatih atau malah melanjutkan kompetisi Serie A pada Mei 2020. 

Presiden FIGC, Gabriele Gravina, menguraikan rencana tentatif itu dalam sebuah wawancara dengan Sky Sports Italia. Dia juga menekankan kembali pentingnya Serie A 2019-2020 diselesaikan sebelum bergulirnya musim baru.  

Italia menjadi satu di antara negara di Eropa yang terkena dampak pandemi virus corona paling parah, dengan kematian mencapai lebih dari 20.000 orang. Imbasnya, Serie A musim ini ditunda sejak 9 Maret 2020.  

FIGC menegaskan belum ada penetapan tanggal pasti terkait kapan latihan kembali dibuka dan kompetisi dilanjutkan. Tetapi, Gravina menyatakan menggelar tes virus corona untuk semua pemain adalah kunci pertama untuk kembali menggulirkan kompetisi. 

"Segera setelah kondisi membaik, kami akan merampungkan kompetisi. Segera ada pertemuan. Kami akan menetapkan prosedur yang kemudian akan kami komunikasikan," kata Gravina, seperti dilansir NBC Sports, Selasa (14/4/2020). 

"Kami akan mulai lagi, saya harap, pada Mei dengan diawali tes untuk memastikan pemain negatif virus corona dan kemudian bisa diikuti latihan. Apakah kami akan bermain sepanjang musim panas? Kami belum menetapkan tanggal, tapi idenya tetap merampungkan Serie A," imbuh Gravina. 

 

Sumber: Football Italia, NBC

Video Populer

Foto Populer