Sukses


Manchester United Vs Barcelona 1998: Parade12 Gol dalam 2 Laga, Tak Ada Pemenang

Bola.com, Jakarta - Manchester United benar-benar melalui jalan terjal saat meraih treble alias tiga gelar yang bersejarah padamusim 1998-1999. Salah satu perjuangan terberat Setan Merah tersaji di ajang Liga Champions. 

Pada partai final, Manchester United harus melakukan comeback dramatis melawan Bayern Munchen untuk mendekap trofi juara. Pertandingan tak kalah heroik juga tersaji pada semifinal kontra Juventus, terutama pada leg kedua saat MU meraih kemenangan comeback 3-2. 

Sebelum itu, salah satu pertandingan terberatnya adalah di fase grup, melawan Barcelona di Old Trafford dan Camp Nou.

Manchester United dan Barcelona tergabung di Grup D. Wakil Denmark, Brondby, juga masuk grup ini. Sementara itu, satu tim lainnya adalah tim yang di final nanti akan menjadi lawan MU, yakni Bayern Munchen.

Dua kali menghadapi Barcelona di fase grup, kandang dan tandang, Manchester United selalu gagal menang. Dua bentrokan mereka, yang diwarnai adu taktik Sir Alex Ferguson dan Louis van Gaal, semuanya berkesudahan imbang dengan skor identik 3-3.

 

2 dari 5 halaman

Matchday 1

Pada matchday pertama, 16 September 1998, Manchester United bermain 3-3 melawan Barcelona di Old Trafford. Setan Merah unggul 2-0 melalui gol-gol Ryan Giggs menit ke-17 dan Paul Scholes menit ke-24. Barcelona menyamakan skor lewat gol Sonny Anderson menit ke-46 dan penalti Giovanni menit ke-58.

MU kembali memimpin lewat tendangan bebas David Beckham di menit 63. Namun, Barcelona lagi-lagi bisa menyamakan kedudukan, dan kali ini melalui penalti Luis Enrique di menit ke-70.

Mereka bermain imbang 3-3 di Old trafford. Sementara itu, kejutan tersaji di partai lainnya, Brondby secara tak terduga menang 2-1 saat menjamu Bayern.

 

3 dari 5 halaman

Manchester United di Atas Barcelona

Pada matchday 2, Manchester United bermain imbang 2-2 di kandang Bayern, sedangkan Barcelona menang 2-0 menjamu Brondby.

Pada matchday 3, Setan Merah menang telak 6-2 di kandang Brondy, sedangkan Barcelona menyerah 0-1 di markas Bayern.

Pada matchday 4, Manchester United menang 5-0 menjamu Brondby, sedangkan Barcelona kalah 1-2 menjamu Bayern.

Manchester United berada di atas di Barcelona jelang bentrokan kedua kontra Blaugrana pada matchday 5.

 

4 dari 5 halaman

Magis Rivaldo di Camp Nou

Pada 25 November 1998, Barcelona ganti menjamu Manchester United di Camp Nou. Barcelona wajib menang jika ingin membuka jalan menuju babak berikutnya.

Barcelona langsung tancap gas dan membuka keunggulan lewat gol Sonny Anderson di menit pertama.

Namun, MU berbalik memimpin melalui gol-gol Dwight Yorke menit ke-25 dan Andy Cole menit ke-53.

Berikutnya, giliran Rivaldo yang beraksi. Eks pemain Brasil itu menyamakan kedudukan lewat eksekusi free kick di menit 56.

Namun, Yorke mencetak gol keduanya di menit ke-68 dan membawa MU kembali unggul. Selesai sampai di sini? Tidak. Skor 3-3 dari pertemuan sebelumnya ternyata kembali tersaji di laga ini.

Rivaldo kembali menunjukkan aksi magisnya. Menyambut crossing Sergi Barjuan dari sektor kiri, Rivaldo mengontrol bola dengan dada, lalu tanpa disangka dia kemudian melepaskan sebuah bicycle kick untuk membuat skor imbang 3-3 di menit 72.

Kiper Manchester United, Peter Schmeichel, sepertinya benar-benar tak menyangka kalau Rivaldo akan melakukan aksi itu. Kiper legendaris MU asal Denmark tersebut hanya bisa berkacak pinggang setelah gawangnya kebobolan untuk kali ketiga.

Haya sayang bagi Barcelona, gol spektakuler Rivaldo itu adalah gol terakhir yang tercipta di laga ini. Harapan lolos juga musnah.

 

 

5 dari 5 halaman

Bayern Munchen dan Manchester United Lolos dari Grup D, Bertemu di Final

Pada matchday terakhir, MU ditahan imbang Bayern Munchen 1-1 di Old Trafford. Sementara itu, Barcelona menang 2-0 di kandang Brondby lewat gol-gol Luis Figo dan Rivaldo.

Namun, itu tak ada artinya bagi Barcelona. Barcelona akhirnya finis peringkat tiga dengan delapan poin. Dua posisi teratas ditempati Bayern (11) dan MU (10). Brondby finis dengan tiga poin di tempat terbawah.

Manchester United kemudian menyingkirkan Inter Milan di perempat final, dan Juventus di semifinal. Sementara itu, Bayern melewati adangan Kaiserslautern dan Dynamo Kiev untuk melaju ke partai puncak.

Final digelar di Camp Nou, Barcelona, 26 Mei 1999. MU meraih titel keduanya, dan menyempurnakan musim treble setelah menekuk Bayern 2-1 lewat salah satu kemenangan paling dramatis dalam sejarah Liga Champion. 

Dari berbagai sumber

Disadur dari: Bola.net (Penulis Gia Yuda Pradana, published: 17/4/2020)

Video Populer

Foto Populer