Sukses


Eredivisie Musim Ini Resmi Dihentikan dan Tak Ada Juara

Bola.com, Amsterdam - Federasi Sepak Bola Belanda (KNVB) resmi menghentikan Eredivisie musim ini. Meski musim 2019-2020 telah berakhir, Eredivisie edisi ke-64 tidak memiliki sang juara.

Sama seperti kompetisi di negara Eropa lainnya, Eredivisie mengalami penundaan sejak 12 Maret 2020 akibat pandemi virus corona. Pertandingan diharapkan bisa kembali bergulir pada 30 Maret lalu.

Namun akibat penyebaran COVID-19 di Belanda yang terus meningkat, penundaan Eredivisie diperpanjang hingga 6 April 2020. Lagi-lagi, upaya untuk melanjutkan kompetisi pada musim ini sulit terwujud.

Pasalnya, Pemerintah Belanda memperpanjang larangan aktivitas yang mengundang keramaian hingga 1 September 2020. Situasi tersebut membuat KNVB menangguhkan berbagai kompetisi, termasuk Eredivisie musim ini hingga batas waktu yang tak ditentukan.

Setelah berkonsultasi dengan UEFA dan klub-klub peserta, KNVB memutuskan untuk menghentikan Eredivisie musim ini. Selain itu, liga teratas di Belanda tersebut juga tanpa juara pada musim 2019-2020.

Saat ini, Ajax Amsterdam berada di puncak klasemen dengan nilai 57, unggul selisih gol atas AZ Alkmaar di urutan kedua.

Selain memutuskan tanpa pemenang, musim ini juga tidak ada klub yang terdegradasi ataupun promosi dari Eerste Divisie. Alhasil, ADO Den Haag dan RKC Waalwijk yang menempati dua posisi terbawah akan tetap berlaga di Eredivisie musim depan.

 

2 dari 4 halaman

Pernyataan KNVB

"Menyadari perbedaan visi dan kepentingan klub-klub, KNVB sadar bahwa keputusan apa pun harus dibuat, setiap opsi akan tetap merugikan," bunyi pernyataan resmi KNVB.

"Akan sangat jelas bagi semua orang yang terlibat, mulai dari suporter dan pemain hingga direktur dan wasit, bahwa kesehatan masyarakat selalu didahulukan."

"Namun demikian, dewan sepak bola profesional sadar jika keputusan hari ini akan menyebabkan kekecewaan besar dalam sepak bola bagi sebagian orang."

"Karena banyaknya pertandingan yang masih harus dimainkan dalam kompetisi, kami percaya bahwa kami tidak dapat menerapkan promosi atau degradasi dan itu sudah diputuskan," tambah KNVB.

3 dari 4 halaman

Perwakilan Eredivisi di Turnamen Eropa Musim Depan

Selain itu, KNVB juga menetapkan klub-klub yang berlaga di turnamen Eropa musim depan. Berdasarkan posisi terakhir di klasemen pada 8 Maret 2020, Ajax dan AZ akan tampil di Liga Champions.

Ajax akan mengawali kiprahnya dari putaran terakhir kualifikasi, sedangkan AZ dari putaran kedua kualifikasi Liga Champions.

Sementara itu, Feyenoord, PSV Eindhoven, dan Willem II yang menghuni urutan tiga hingga lima meraih tiket berlaga di Liga Europa. Feyenoord langsung lolos ke fase grup, adapun PSV dan Willem harus melewati babak kualifikasi.

Sumber: BBC

4 dari 4 halaman

Saksikan video menarik di bawah ini:

VIDEO: 3 Calon Klub Paul Pogba Jika Angkat Kaki dari Manchester United

Video Populer

Foto Populer