Sukses


Jebolan Premier League Curi Panggung Pada Laga Pertama Liga Korea Selatan di Tengah Pandemi COVID-19

Bola.com, Jakarta - Eks pemain Premier League, Lee Dong-gook, berhasil mencuri perhatian pada pertandingan pembuka kasta teratas Liga Korea Selatan atau K League 1, Jumat (8/5/2020). Penyerang Jeonbuk Motors itu berhasil mencetak gol semata wayang timnya ketika bersua Suwon Bluewings di Jeonju World Cup Stadium, Jeonju.

Liga Korea Selatan musim ini akhirnya digulirkan setelah tertunda selama dua bulan lebih akibat pandemi virus corona. K League 1 menjadi kompetisi elite pertama yang diputar menyusul wabah penyakit berbahaya ini selama tiga bulan belakangan.

Pertandingan kedua tim berjalan dengan lambat. Maklum, Jeonbuk dan Suwon tidak punya cukup persiapan untuk mengarungi kompetisi ketika aktivitas terbatas karena penyebaran COVID-19.

Saat duel kedua kesebelasan diperkirakan bakal berakhir dengan skor kacamata karena berlangsung alot, Lee Dong-gook datang bak pahlawan bagi tuan rumah.

Lee Dong-gook baru masuk di babak kedua. Tepatnya pada menit ke-60 untuk menggantikan Cho Kyu-sung. Enam menit sebelum bubaran, tandukan bomber berusia 41 tahun ini berhasil menciptakan senyuman bagi pelatih Jose Morais.

Pencetak 33 gol bagi Timnas Korea Selatan ini merayakan golnya ke tepi lapangan. Di situ, Lee Dong-gook membentuk gestur satu telapak tangan menopang tangan satunya yang mengacungkan jempol.

Lantas, apa maksudnya? Ternyata, gerakan tersebut tengah populer di Korea Selatan. Namanya Thank You Challenge. Istilah ini dibuat sebagai tanda ucapan terima kasih bagi petugas medis yang menangani virus corona.

Saksikan Video Pilihan Kami:

2 dari 2 halaman

Terpuruk di Premier League, Pahlawan di K League 1

Lee Dong-gook pernah membawa nama Korea Selatan di Premier League saat berseragam Middelsbrough pada musim 2007-2008. Dua tahun di sana, pemain kelahiran Pohang, Gyeongbuk ini hanya mampu mengemas dua gol dari 29 penampilan.

Dia lalu kembali ke Korea Selatan untuk bergabung dengan Seongnam Ilhwa Chunma selama semusim sebelum menyebrang ke Jeonbuk pada 2009. Hingga saat ini, Lee Dong-gook tidak lagi berpindah-pindah klub.

Statistik mencatat, Lee Dong-gook adalah pemain tersubur sepanjang sejarah K League. Dia berhasil membukukan 224 gol dari 537 penampilan.

Di Timnas Korea Selatan, Le Dong-gook berada di urutan keempat sebagai pemain tertajam. Torehan 33 golnya masih kalah dari Park Lee-chun (36 gol), Hwang Sun-hong (50 gol), dan Cha Bum-kun (58 gol).

Video Populer

Foto Populer