Sukses


Gianluigi Buffon Sikat Rekor Paolo Maldini di Serie A

Bola.com, Turin - Sebuah milestone kembali dibuat oleh Gianluigi Buffon. Kiper gaek Juventus itu resmi mengambil tahta Paolo Maldini sebagai pemain dengan jumlah penampilan terbanyak di Serie A.

Dini hari tadi, Gianluigi Buffon mendapatkan kesempatan untuk tampil di laga melawan Torino. Sang kiper dipasang menjadi starter di partai bertajuk Derby Della Mole tersebut.

Ini adalah kali kedelapan Buffon bermain di Serie A musim ini. Keikutsertaan Buffon di laga itu membuat ia sudah mencatatkan 648 penampilan di Serie A.

648 penampilan itu merupakan sebuah rekor baru. Pasalnya Kiper 42 tahun itu resmi menjadi pemain dengan jumlah penampilan terbanyak di Serie A sepanjang masa, menggeser legenda hidup AC Milan, Paolo Maldini.

Saat Maldini memutuskan pensiun di tahun 2009 yang lalu, bek legendaris AC Milan itu menciptakan rekor yang sulit untuk dilalui. Ia menjadi pemain dengan jumlah penampilan terbanyak di Serie A, dengan total 647 penampilan.

Pada saat itu ia berhasil memecahkan rekor Gianluca Pagliuca yang mencatatkan 592 penampilan di Serie A. Beberapa pesepakbola top seperti Javier Zanetti dan Francesco Totti mencoba untuk mendekati rekor Maldini, namun Totti hanya mampu membuat 618 penampilan sementara Zanetti hanya membuat 615 penampilan sebelum pensiun.

Setelah rekor ini bertahan selama 11 tahun, akhirnya rekor tersebut pecah pada dini hari tadi saat Buffon memainkan laga ke 648nya di Serie A kontra Torino.

Saksikan Video Pilihan Kami:

2 dari 2 halaman

Distribusi Penampilan

648 penampilan Gianluigi Buffon di Serie A itu disumbangkan dalam tiga periode dalam karirnya.

Periode pertama adalah saat ia membela Parma. Debut di tahun 1995, Buffon muda mencatatkan 168 penampilan di Parma selama enam tahun sebelum pindah ke Juventus di tahun 2001.

Periode pertamanya bersama Juventus menyumbangkan porsi terbesar dalam jumlah jam bermainnya. Menjadi kiper utama Juventus selama 17 tahun dari 2001-2018, Buffon mencatatkan 509 penampilan.

Buffon sempat 'merantau' selama satu musim ke PSG sebelum kembali ke Juventus tahun lalu. Di musim 2019/20 ini, ia tercatat membuat delapan penampilan sehingga jumlah penampilannya kini menyentuh angka 648 dan masih berpotensi bertambah.

Sumber asli: Bola.net 

Dosadur dari: Bola.net (Serafin Unus Pasi, Published 5/7/2020)

Video Populer

Foto Populer