Sukses


Bersaing dengan Jadon Sancho dan Mason Greenwood, Wonderkid Malaysia Jadi Kandidat Peraih Golden Boy Award 2020

Bola.com, Jakarta - Wonderkid Malaysia, Luqman Hakim Shamsudin, menjadi kandidat peraih Golden Boy Award 2020. Penyerang berusia 18 tahun ini akan bersaing dengan 79 youngsters lainnya.

Menukil 433, Luqman Hakim bersanding dengan para pemain muda seantero jagad raya, termasuk gelandang Borussia Dortmund, Jadon Sancho dan striker Manchester United, Mason Greenwood.

Luqman Hakim menjadi satu-satunya wakil dari Asia Tenggara, dan satu dari dua pemain Asia, yang masuk nominasi tersebut. Satu orang lainnya adalah wonderkid sensasional asal Jepang, Takefusa Kubo.

Luqman Hakim adalah bomber menjanjikan dari Negeri Jiran yang saat ini membela klub Belgia, KV Kortrijk. Pemain kelahiran 5 Maret 2002 ini merupakan anggota dari Timnas Malaysia U-19.

Luqman Hakim menandatangani kontrak selama lima musim di KV Kortricjk pada tahun ini. Klub kasta teratas Liga Belgia itu dimiliki oleh pengusaha asal Malaysia, Vincent Tan.

Nama mantan penyerang Selangor FA ini mulai melesat tatkala memperkuat Timnas Malaysia U-16. Di Piala AFC U-16 2018, pemain asal Kelantan ini berhasil merengkuh gelar top scorer dengan lima gol.

Luqman Hakim juga pernah menjadi mimpi buruk bagi Timnas Indonesia U-18.

Satu gol Luqman Hakim turut membawa Timnas Malaysia U-18 mengalahkan Timnas Indonesia U-18 pada babak semifinal Piala AFF U-18 2019. Pada turnamen itu, penyerang setinggi 170 cm ini mengemas empat gol.

Pada tahun lalu, pemenang dari Golden Boy Award adalah Joao Felix, penyerang Benfica yang telah hijrah ke Atletico Madrid.

Golden Boy Award pertama kali digagas pada 2003 oleh gabungan media di Eropa untuk memberikan penghargaan kepada pemain muda berusia 21 tahun ke bawah. Youngster pertama yang mencaplok predikat ini ialah Rafael van der Vaart yang saat itu masih berseragam Ajax Amsterdam.

Superstar Barcelona, Lionel Messi, juga pernah dihadiadi penghargaan ini pada 2005.

2 dari 3 halaman

Nominasi Golden Boy Award 2020

 

Sumber: 433

3 dari 3 halaman

Video

3 Video Pilihan Minggu Ini

Video Populer

Foto Populer