Sukses


Fenomena Pensiun Dini Eks Timnas Jerman: Sandro Wagner Jadi Pemain Ketiga yang Mendadak Gantung Sepatu

Bola.com, Jakarta - Fenomena pensiun dini tengah menjangkiti pesepak bola Jerman. Setelah Andre Schurrle dan Benedikt Howedes, Sandro Wagner menyusul gantung sepatu.

Sandro Wagner, yang masih berusia 32 tahun, memutuskan untuk mundur dari dunia yang membesarkan namanya. Mantan penyerang Timnas Jerman ini memilih untuk pensiun setelah memutus kontraknya dengan klub China, Tianjin Teda.

Sebelum Wagner, Andre Schurrle lebih dulu pensiun di usia ke-29 tahun usai kontraknya diputus oleh Borussia Dortmund pada 17 Juli 2020. Adapun, Howedes mengumumkan gantung sepatu pada 31 Juli 2020 di usia ke-32 tahun. Keduanya adalah anggota Timnas Jerman ketika menjuarai Piala Dunia 2014.

Sebelum pensiun, Howedes juga mengakhiri kerja sama secara prematur dengan klub Rusia, Lokomotiv Moskow.

"Saya sangat bersyukur sepak bola telah memberikan kehidupan yang luar biasa. Saya mampu mencapai semua tujuan dan impian saya," kata Sandro Wagner dinukil dari Bild.

2 dari 3 halaman

Karena Faktor Keluarga

Keputusan pensiun dini Sandro Wagner dilatarbelakangi oleh keinginannya untuk menghabiskan lebih banyak waktu dengan keluarga. Padahal, mantan striker Bayern Munchen ini mengaku didekati oleh banyak klub.

"Saya benar-benar senang begitu menerima banyak ajakan dari klub Bundesliga dan luar negeri dalam beberapa hari terakhir. Tetapi keputusan saya sudah tetap. Pada September 2020, saya akan memulai persiapan untuk menjadi pelatih. Rencana saya adalah banting setir ke dunia kepelatihan pada musim panas tahun depan," jelasnya.

"Sekarang saya hanya ingin menikmati waktu bersama keluarga, yang harus kucintai lebih dari yang lain. Mereka selalu ada untukku, walaupun saya tidak selalu ada untuk istri saya dan anak-anak karena bermain sepak bola," ucap mantan pemain Timnas Jerman ini.

 

Sumber: Bild

3 dari 3 halaman

Video

Video Populer

Foto Populer