Sukses


Roberto Firmino dan 5 Pesepak Bola Paling Cerdas di Muka Bumi: Ketika Otak Mengalahkan Fisik

Bola.com, Jakarta - Sepak bola bukan hanya tentang fisik semata. Permainan ini membutuhkan lebih banyak otak daripada otot dan itu adalah fakta.

Pertarungan fisik yang intens selalu menjadi ciri khas permainan tetapi bukan hanya dominan secara fisik yang menang. Pemain cerdas dapat sepenuhnya menghindari situasi seperti itu dengan pemikiran cepat mereka.

Pemain sepak bola yang cerdas di luar lapangan bukanlah hal baru. Kecerdasan sepak bola adalah hal yang sama sekali berbeda.

 Diego Maradona, Pele, Johan Cruyff, adalah contoh pesepak bola dengan IQ di atas rata-rata.

Sebagian besar pesepak bola terkenal sepanjang masa instingnya sangat tajam, baik itu bermunculan di tempat yang tepat pada waktu yang tepat atau melewati pertahanan dengan operan dan lari yang lincah.

Berikut ini pesepak bola paling cerdas saat ini versi Sportskeeda.

2 dari 7 halaman

Angel Di Maria

Paris Saint-Germain memiliki salah satu unit barisan penyerang terbaik di dunia. Sulit menghentikan duo tajam Kylian Mbappe dan Neymar yang amat tajam.

Angel Di Maria jadi arsitek yang berpengaruh besar pada produktivitas kedua rekannya tersebut.

Mantan pemain Real Madrid dan Manchester United ini bisa membalikkan seluruh pertahanan berkat pemikiran cerdasnya di samping keahliannya yang jelas dalam menguasai bola.

Di Maria memiliki berbagai keterampilan, apakah itu backheel, operan, dan gerak kaki yang hebat. Hal ini memungkinkannya melakukan hal-hal di lapangan yang tidak bisa dilakukan oleh kebanyakan pemain.

Dia bisa memilih umpan sesuka hati dan merupakan pembaca permainan yang hebat. Di Maria, di musim terburuknya di Manchester United, masih mencatatkan 12 assist.

Itu menunjukkan keunggulannya. Bahkan dalam tim di mana dia dimainkan di luar posisinya dan kurang banyak dukungan, dia masih menciptakan peluang dengan kecepatan yang mengesankan.

Statistik Di Maria selama bertahun-tahun merupakan bukti kecerdasan dan kemampuannya. Dia memiliki 12 gol dan 18 assist di semua kompetisi musim ini untuk PSG.

3 dari 7 halaman

Frenkie De Jong

Frenkie De Jong contoh yang sempurna pesepak bola yang cerdas. Tim yang memainkan sepakbola ekspansif sangat bergantung pada gelandang bertahan mereka. Dia adalah orang yang harus membawa bola ke mana-mana di saluran sempit, menilai opsi, memilih yang tepat dan mengeksekusinya.

Frenkie De Jong melakukan semua ini dan dia sekarang dianggap sebagai penerus sempurna bagi Busquets dan Xavi. De Jong tidak hanya melakukan pekerjaannya dengan rapi, dia melakukannya dengan tempo tinggi.

Dia menampilkan kualitas kognitif yang merupakan fitur terbaik yang pernah dimainkan. Dan itulah mengapa Barcelona rela merogoh kocek gemuk untuk mendatangkannya dari Ajax.

De Jong memiliki potensi besar dan pada saat dia mencapai tahun-tahun puncaknya. Kecerdasannya amat berperan besar pada pencapaian itu.

 

4 dari 7 halaman

Bruno Fernandes

Manchester United beberapa musim terakhir kerap salah beli pemain di jendela transfer. Tapi dosa mereka ditutupi dengan menghadirkan Bruno Fernandes pertengahan musim lalu

Pemain asal Portugal itu telah menempatkan Setan Merah ke level teratas dan setelah bertahun-tahun tidak memiliki kreativitas di lini tengah.

Fernandes selalu berusaha mengoper bola ke depan. Dia adalah pengumpan yang sangat cepat dan sering membiarkan bola keluar dari kakinya dan menuju jalur penyerang yang melaju sebelum pemain bertahan bisa berkedip. Dia memiliki jarak umpan yang luar biasa dan bola kecilnya yang dimasukkan ke dalam kotak adalah suguhan yang harus diperhatikan.

Fernandes juga salah satu pengambil penalti terbaik. Dia sering mengganti gayanya dan hampir selalu menjadi yang terbaik untuk memperdayai penjaga gawang. Pemain Manchester United itu tidak melewatkan penalti dalam 4 musim terakhirnya. Kecerdasan Fernandes kerap dibandingkan dengan seniornya, Paul Scholes.

Francesco Guidolin, pelatih Bruno di Udinese, pernah berkata,

"Ketika saya berbicara tentang Bruno Fernandes, yang terlintas di benak saya adalah kecerdasan anak itu. Dia, di atas segalanya, sangat pintar - baik sebagai pemain maupun sebagai pribadi."

5 dari 7 halaman

Roberto Firmino

Bicara urusan produktivitas, mungkin ketajaman Roberto Firmino kalah dibanding kompatriotnya di lini depan Liverpool, Sadio Mane dan Mohamed Salah. Tetapi jika Anda telah menyaksikan pertandingan Liverpool secara lebih mendetail, Anda akan tahu bahwa Firmino adalah salah satu roda penggerak paling vital dalam sistem Klopp.

Nomor 9 tidak seperti yang lain, Firmino adalah salah satu alasan utama di balik rekor produktif Salah dan Mane. Pemain Brasil ini memiliki teknik luar biasa, operan dan tendangannya yang tidak terlihat membantu Liverpool mengecoh bek-bek Premier League dengan kaki datar dan mencengkeram udara tipis.

Firmino turun jauh dan menarik para pemain bertahan mengejarnya sehingga membebaskan ruang untuk rekan satu timnya lainnya dan juga memiliki kemampuan untuk mengejar mereka pada saat mereka mencapai sepertiga akhir. Semua itu tak bisa dilakukan bila sang pemain tak memiliki kecerdasan di atas rata-rata.

 

6 dari 7 halaman

Thomas Muller

Thomas Muller tidak menonjol di lapangan sepak bola dalam arti biasa. Tapi jangan salahkan anonimitasnya karena kekurangannya dari sisi skill dan fisik.

Thomas Muller telah menjadi salah satu penyerang terbaik satu dekade terakhir.

Pemain asal Jerman itu tidak dominan secara fisik dan juga tidak memiliki bakat yang luar biasa. Tapi dia bisa melakukan banyak hal istimewa di tengah keterbatasannya.

Dia hampir tidak mungkin untuk dijaga, suka berlari dari bahu bek terakhir dan selalu bermunculan di berbagai ruang untuk terhubung dengan rekan satu timnya.

Muller juga merupakan pembaca permainan yang sangat baik dan dia sering mengantisipasi bola ke dalam kotak lebih baik daripada orang lain di lapangan. Itu pasti salah satu alasan mengapa dia mencetak begitu banyak gol dalam kariernya.

Pemain yang bisa menyamai kecerdasan Muller di lapangan sulit didapat dan itulah alasan mengapa dia akan selalu dianggap sebagai salah satu pesepak bola terbaik di generasinya.

Sumber: Sportskeeda

Ingin lihat jadwal pertandingan, hasil pertandingan dan highlights pertandingan Liga Champions, silakan klik di sini.

Jika kalian juga ingin melihat jadwal pertandingan, hasil pertandingan dan cuplikan pertandingan Liga Europa, silakan klik di sini.

 

7 dari 7 halaman

Video

CERITA BOLA Binder Singh Soal Jersey Real Madrid dan Luis Milla

Video Populer

Foto Populer