Sukses


3 Catatan yang Diukir Lyon Usai Melibas Manchester City di Liga Champions, Termasuk Kisah 10 Tahun Lalu

Bola.com, Jakarta - Olympique Lyon mengukir tiga catatan menarik usai mengalahkan Manchester City liga perempat final Liga Champions. Satu di antaranya keberhasilan tim Ligue 1 itu lolos ke semifinal.

Berstatus sebagai tim underdog, Lyon tidak diunggulkan saat jumpa dengan Manchester City di Estadio Jose Alvalade, Lisbon. Banyak yang mengira bahwa The Citizens-lah yang akan lolos ke partai semifinal Liga Champions.

Namun ternyata oh ternyata, malah wakil Prancis itu yang meloloskan diri ke semi final. Mereka berhasil menumbangkan raksasa Inggris itu dengan skor 3-1 berkat gol dari Maxwel Cornet dan sepasang gol dari Moussa Dembele.

Berdasarkan catatan UEFA, kelolosan Lyon ke semifinal Liga Champions ini merupakan sebuah torehan yang sangat bagus. Namun apakah torehan yang dimaksud itu? Silakan intip di bawah ini.

 

Video

2 dari 3 halaman

Kali Kedua

Berdasarkan catatan UEFA, ini adalah kali kedua sepanjang sejarah Lyon berhasil lolos ke semi final Liga Champions.

Pertama kali mereka lolos ke babak empat besar turnamen elit ini terjadi di tahun 2009/2010. Pada saat itu mereka mengalahkan Bordeaux untuk lolos ke babak perempat final.

Kembali Bertemu Bayern Munchen

Keberhasilan menembus semifinal bakal dirayakan betul oleh Lyon. Hanya, pada laga nanti mereka akan menghadapi Bayern Munchen.

Masih pada 2009/2010 perjalanan mereka terhenti di babak semifinal, dan entah kebetulan atau tidak, lawan yang mereka hadapi di semi final pada saat itu adalah Bayern Munchen.

3 dari 3 halaman

Dua Klub Prancis

Kelolosan Lyon ke semi final Liga Champions ini juga membuat sejarah baru bagi Liga Champions. Karena ini adalah kali pertama ada dua klub asal Prancis yang bermain di semi final.

Sebelum Lyon memastikan diri lolos, PSG terlebih dahulu memastikan diri lolos ke empat besar. Setelah mereka menumbangkan Atalanta dengan skor 2-1 di perempat final.

Mengingat kedua tim ini berada di blok yang berbeda, tidak menutup kemungkinan akan terjadi all France Final, dengan catatan Lyon mengalahkan Bayern Munchen dan PSG mengalahkan RB Leipzig.

Sumber: UEFA

Disadur dari: Bola.net (Serafin Unus Pasi, published 16/8/2020)

Video Populer

Foto Populer