Sukses


6 Superstar yang Gantung Sepatu di Tahun 2020: Perpisahan Senyap di Masa Pandemi Corona

Bola.com, Jakarta - Delapan bulan memasuki tahun 2020, dan sepak bola tak menjadi perhatian utama dunia. Pandemi virus corona telah melanda mayoritas negara di seluruh dunia jadi perbincangan hangat masyarakat luas.

Namun, tahun 2020 juga melihat jalan keluar yang tenang dari panggung sepakbola bagi banyak superstar. Dari pemenang Piala Dunia hingga beberapa pemenang Liga Champions, tahun ini beberapa sosok yang terbaikĀ  bisnis mengumumkan pengunduran diri mereka.

Berikut ini 7 superstar sepak bola yang pensiun pada tahun 2020 seperti yang dirangkum Sportskeeda.

Video

2 dari 8 halaman

Andre Schurrle

Penyerang sayap yang memberikan assist untuk gol kemenangan Mario Gotze di putaran final Piala Dunia 2014, Andre Schurrle mengumumkan pengunduran dirinya pada 17 Juli tahun ini.

Pria 29 tahun itu menyebut kesepian sebagai faktor utama untuk pensiun. Schurrle terkenal di Bayer Leverkusen, sebelum bermain untuk Chelsea, Wolfsburg, dan terakhir di Borussia Dortmund. Ia menghabiskan musim lalu dengan status pinjaman di Spartak Moscow.

Diberkati dengan kecepatan yang mumpuni dan terkenal karena etos kerjanya, pemain internasional Jerman itu membuat 373 penampilan di semua kompetisi klub dan mencetak 86 gol.

3 dari 8 halaman

Lucio

Dianggap sebagai salah satu bek tengah terbaik selama masa jayanya, Lucio adalah bek kuat yang terkenal karena kehebatannya di duel bola udara.

Pemain internasional Brasil itu menjadi pemain reguler di pertahanan Bayer Leverkusen selama tiga setengah musim, sebelum menjadi salah satu pemain terbaik Eropa di Bayern Munich dan Inter Milan. Dia adalah bagian dari tim Inter Milan yang akan memenangkan treble di bawah asuhan Jose Mourinho pada 2010.

Pemain yang kini berusia 42 tahun itu meninggalkan Inter Milan pada 2012, tampil untuk Juventus, FC Goa, dan Brasiliense. Dia mengumumkan pengunduran dirinya pada 29 Januari.

4 dari 8 halaman

Leighton Baines

Leighton Baines, bek yang diremehkan untuk sebagian besar karir di Liga Inggris, mengejutkan publik saat mengumumkan pensiun.

Produk akademi Wigan Athletic itu membuat lebih dari 150 penampilan untuk klub. Pemain internasional Inggris itu pindah ke Everton pada 2007 seharga 5 juta poundsterling.

Bek kiri itu segera menjadi roda penggerak penting di tim utama, dengan umpan silang, etos kerja, dan tendangan bola mati yang ciamik. Ia berkontribusi besar pada gaya permainan Everton.

Baines mengumumkan pengunduran dirinya pada akhir musim Premier League. Pemain berusia 35 tahun itu telah membuat lebih dari 400 penampilan di semua kompetisi untuk The Toffees.

5 dari 8 halaman

Daniele De Rossi

Daniele De Rossi menghabiskan sebagian besar karier bermainnya dengan klub masa kecilnya, Roma.

Seorang gelandang yang agresif dan energik, De Rossi punya tekel yang sangat kuat dengan visi dan kemampuan teknis yang mumpuni. Dia melakukan debut untuk Roma pada 2001, membuat lebih dari 600 penampilan di semua kompetisi sebelum meninggalkan klub pada 2019. Bersama Italia, dia memenangkan Piala Dunia 2006.

Setelah meninggalkan Roma, De Rossi memutuskan bergabung dengan Boca Juniors di Argentina. Setelah tujuh penampilan dan satu gol, pemain berusia 37 tahun itu mengumumkan pengunduran dirinya pada bulan Januari.

6 dari 8 halaman

David Villa

Dianggap sebagai salah satu penyerang terbaik di generasinya, David Villa bisa dibilang sebagai pemain nomor 9 terbaik Spanyol yang pernah dilahirkan.

Produk junior Sporting Gijon, Villa mengukir namanya bersama Valencia, di mana ia membuat 225 penampilan di semua kompetisi dan mencetak 129 gol. Kemudian ia pindah ke Barcelona.Ā Dia memenangkan trofi liga dua kali serta Liga Champions. Untuk Spanyol, dia memenangkan Piala DuniaĀ sekaligus pencetak gol terbanyak negaranya, serta Piala Eropa. Setelah sempat bersama Atletico Madrid, New York City, dan Vissel Kobe, pemain berusia 38 tahun itu pensiun tahun ini.

7 dari 8 halaman

Vincent Kompany

Vincent Kompany salah satu bek terbaik Premier League. Ia adalah legenda Manchester City, bergabung dengan proyek The Dream Team City sejak awal.

Pemain internasional Belgia itu mengukir namanya di Anderlecht dan Hamburger SV, sebelum pindah ke Manchester City pada 2008, di mana ia tampil lebih dari 350 di semua kompetisi dalam 11 tahun.

Berposisi sebagai bek tengah, ia dihargai atas kepemimpinan dan kecerdasan pertandingannya. Kompany memenangkan empat gelar Liga Inggris bersama klubnya.

Setelah sempat kembali sebentar di Anderlecht, ia mengumumkan pengunduran dirinya pada bulan Agustus ini.

Ā 

8 dari 8 halaman

Iker Casillas

Iker Casillas, salah satu kiper terbaik sepanjang masa. Ia identik dengan seni menghentikan tembakan yang menawan.

Sebagai produk junior Real Madrid, Casillas membuat lebih dari 700 penampilan di semua kompetisi untuk Los Blancos kesayangannya, juga menjadi kapten klub.

Kiper yang lincah dengan refleks yang baik dan sikap yang tenang, Casillas meninggalkan Real Madrid pada tahun 2015, pindah ke Porto.

Bersama klub Portugal itu, Casillas menjadi starter selama empat musim. Namun, masalah jantung pada 2019 mengakibatkan dia tidak bermain di musim terakhirnya di klub. Pemain berusia 39 tahun itu pensiun tahun ini dan sekarang menjadi penasihat Presiden Real Madrid, Florentino Perez.

Sumber: Sportskeeda

Ingin lihat jadwal pertandingan, hasil pertandingan dan highlights pertandingan Liga Champions, silakan klik di sini.

Jika kalian juga ingin melihat jadwal pertandingan, hasil pertandingan dan cuplikan pertandingan Liga Europa, silakan klik di sini.

Ā 

Video Populer

Foto Populer