Sukses


10 Maestro Sepak Bola Bernomor Punggung 10 Sepanjang Masa: Anda Kurang Piknik Kalau Menganggap Lionel Messi yang Terbaik

Bola.com, Jakarta - Nomor punggung 10 di dunia sepak bola sakral. Tak sembarang pemain bisa menggunakan nomor satu ini. Sepuluh identik dengan pemain kreatif, tajam, jenderal permainan di dunia balbalan.

Pemain bernomor punggung 10 tak melulu harus penyerang. Ia bisa juga seorang gelandang serang atau bertahan sekalipun. Yang pasti seseorang yang dipersilahkan menggunakan nomor satu ini adalah sosok istimewa. Ia merupakan maestro permainan.

Beberapa tahun terakhir ini sakralitas nomor punggung 10 seperti golang. Sedikit pemain yang mengenakannya benar-benar berkualitas. Banyak di antara mereka gagal menunjukkan kualitas terbaik sebagai sosok pemimpin lapangan dan otak kreativitas dari sebuah permainan.

Ambil contoh yang terjadi pada Mesut Ozil dan James Rodriguez. Secara skill individu, keduanya tak perlu diragukan. Namun, saat menggunakan nomor punggung 10, aura yang mereka tunjukkan kurang menggema.

Berikut ini 10 pesepak bola terhebat dengan nomor punggung 10 sepanjang masa versi situs Sportskeeda.

Video

2 dari 11 halaman

Rivaldo

Salah satu pemain terbaik yang pernah dimiliki Brasil, Rivaldo dianggap sebagai salah satu penyerang terhebat di generasinya.

Bermain sebagai gelandang serang yang bisa juga diberdayakan sebagai striker, Rivaldo terkenal dengan kemampuan menggiring bola dan kreativitas yang menawan. Ia seorang spesialis tendangan bebas yang punya tendangan mematikan.

Rivaldo memesona saat membela Barcelona. Dia adalah pencetak gol tertinggi kesembilan di klub, dengan torehan 130 gol di semua kompetisi dalam 235 pertandingan.

Untuk tim nasionalnya, Rivaldo adalah pencetak gol tertinggi ketujuh, dengan 35 gol dalam 74 pertandingan. Pada 1999, dia memenangkan Ballon d'Or. Pasca Barcelona, ​​ia sempat bersama AC Milan, Cruzeiro dan Olympiacos di antara klub-klub lain, sebelum pensiun pada 2015.

3 dari 11 halaman

Michael Laudrup

Seorang gelandang serang yang bisa bermain di lini depan, Michael Laudrup memiliki karier yang mentereng di eranya.

Pemain internasional Denmark itu adalah seorang playmaker elegan dengan passing dan kemampuan teknis yang sangat baik, yang sangat dihargai atas kecerdasan dan ketenangannya. Dia memiliki mantra yang bagus dengan Juventus sebelum pindah ke Barcelona pada tahun 1989, di mana dia adalah bagian dari "Tim Impian" Johan Cruyff.

Ia pindah ke rival berat Real Madrid pada tahun 1994, juga tampil untuk Vissel Kobe dan Ajax sebelum pensiun pada tahun 1998. Ia saat ini adalah seorang pelatih, yang pernah menangani klub-klub seperti Getafe, Swansea City, dan Al Rayyan.

4 dari 11 halaman

Zico

Zico adalah satu pemain terhebat sepanjang masa. Ia dijuluki "White Pele", karena bakatnya yang luar biasa.

Zico menghabiskan sebagian besar karier bermainnya dengan Flamengo, membuat lebih dari 500 penampilan di semua kompetisi untuk mereka dan mencetak 378 gol. Seorang playmaker bertubuh mungil dengan passing dan teknik yang bagus, kreativitas pemain internasional Brasil itu membuat mesin permainan Flamengo dan Brasil lebih ngebut.

Ia meninggalkan Flamengo pada 1983 untuk bergabung dengan Udinese, di mana ia menjadi favorit penggemar meski hanya bermain dua musim di sana. Dia kembali ke Flamengo, dan lima tahun kemudian pindah ke Kashima Antlers. Ia pensiun pada tahun 1994, dan pernah bertugas di Timnas Jepang, Irak, dan FC Goa sebagai manajer.

5 dari 11 halaman

Michel Platini

Seorang pencetak gol produktif dari lini tengah, Michel Platini dianggap sebagai salah satu pesepak bola Prancis terbaik yang pernah ada.

Seorang pengumpan yang sangat kreatif serta pengambil tendangan bebas yang ciamik, Platini mendominasi dari posisi no. 10 meskipun tubuhnya amat kurus.

Memulai karirnya dengan Nancy, pemain internasional Prancis menikmati masa-masa bersama Saint-Etienne dan Juventus, membuat lebih dari seratus penampilan liga untuk ketiga klubnya.

Ia pensiun pada tahun 1987, menjadi pelatih Timnas Prancis pada tahun 1988. Ia mengundurkan diri sebagai pelatih pada tahun 1992. Dalam beberapa tahun terakhir Platini telah terlibat dalam kontroversi karena perannya di FIFA dan UEFA dan telah dituduh melakukan korupsi. Dia dilarang beraktivitas di dunia olahraga hingga 2023 karena tuduhan korupsi.

6 dari 11 halaman

Ronaldinho

Brasil produktif melahirkan penyerang hebat dari masa ke masa, dan Ronaldinho adalah salah satunya.

Terkenal karena kreativitas, bakat, dribbling, dan kemampuan teknisnya secara keseluruhan, Ronaldinho dipandang sebagai pemain modern yang hebat.

Dia mulai mencuri perhatian di Paris Saint-Germain sebelum pindah ke Barcelona, ​​di mana dia akan menjadi yang terbaik di dunia karena penampilannya yang konsisten. Sebelum Lionel Messi, Ronaldinho menjalankan mesin serangan Barcelona.

Dia memenangkan Piala Dunia 2002 bersama Brasil dan membuat 97 penampilan untuk tim nasional, mencetak 33 gol. Setelah meninggalkan Barcelona, ​​ia bermain untuk klub-klub seperti AC Milan, Flamengo dan Fluminense, sebelum pensiun pada 2015.

7 dari 11 halaman

Zinedine Zidane

Seorang playmaker yang luar biasa, sang pelatih Real Madrid dikenal karena visinya, passing dan keanggunannya. Zinedine Zidane memenangkan Ballon d'Or 1998 untuk penampilannya yang memesona.

Memulai kariernya dengan Cannes, Zidane mengukir namanya di Bordeaux, pindah ke Juventus pada tahun 1996. Di sini pemain internasional Prancis itu berada dalam kondisi terbaiknya, ditransfer mahal senilai 77,5 juta euro ke Real Madrid pada tahun 2001, pada usia 29.

Secara teknis brilian dan dipandang sebagai sosok panutan bagi banyak pemain, Zidane membuat pengaruh yang tak terhapuskan dengan penampilannya.

Setelah pensiun pada tahun 2006, Zidane menjadi arsitek Real Madrid pada tahun 2016, memenangkan tiga gelar Liga Champions berturut-turut bersama klub tersebut. Setelah semusim pergi, dia bergabung dengan klub lagi, kali ini memenangkan La Liga 2019-2020. Dia saat ini dianggap sebagai salah satu nakhoda terbaik di dunia.

8 dari 11 halaman

Alfredo Di Stefano

Alfredo Di Stefano memiliki pengaruh yang besar di Real Madrid sehingga klub memutuskan untuk menamai stadion tempat para pemain klub biasanya berlatih dengan namanya.

Pencetak gol produktif yang kuat dan cepat selama masa jayanya, Di Stefano menikmati kemitraan yang amat kompak dengan sesama penyerang Ferenc Puskas di Real Madrid. Dia bergabung dengan Los Blancos pada tahun 1953 dari Millonarios, memainkan 396 pertandingan di semua kompetisi dan mencetak 308 gol.

Setelah sempat bersama Espanyol, Di Stefano pensiun pada tahun 1966. Selanjutnya ia melatih tim seperti Boca Juniors, Valencia dan Real Madrid. Dia membuat penampilan untuk tiga tim nasional selama karier bermainnya; Argentina, Kolombia dan Spanyol.

9 dari 11 halaman

Johan Cruyff

Seorang pemain yang sangat berbakat, Johan Cruyff bisa dibilang mengubah cara permainan itu dimainkan. Pertama sebagai pemain, lalu sebagai pelatih.

Produk pemuda Ajax yang membuat lebih dari 200 penampilan liga dan mencetak 190 gol untuk klub masa kecilnya, Cruyff pindah ke Barcelona pada tahun 1973, di mana ia akan mengubah masa depan klub dengan berbagai cara.

Sebagai pemain, dia terkenal dengan "Cruyff Turn", serta kreativitas dan passingnya.

Ia pensiun sebagai pemain pada tahun 1984 dan menjadi pelatih Ajax pada tahun 1985. Di sini ia mulai menerapkan filosofi "Total Football"; sesuatu yang akan dia bawa ke Barcelona ketika dia menjadi arsitek di sana. Orang-orang seperti Pep Guardiola dan Quique Setien adalah "Cruyffistas" yang bersemangat, yang sangat dipengaruhi oleh pria hebat itu.

10 dari 11 halaman

Lionel Messi

Lionel Messi adalah sosok pengumpan terbaik, pencipta terbaik, dan pencetak gol terbaik di Barcelona. Bakat luar biasa, keterampilan Messi diasah di akademi La Masia yang terkenal, tempat ia berlatih bersama orang-orang seperti Cesc Fabregas dan Gerard Pique.

Barcelona sedang dalam kekacauan sekarang, dan Messi telah menjadi satu-satunya titik terang yang ada di klub. Pemain berusia 33 tahun itu hanya memiliki sisa satu tahun dalam kontraknya, dan telah banyak rumor yang mengatakan bahwa dia mungkin meninggalkan klub musim ini karena frustrasi atas bagaimana keadaan berjalan.

11 dari 11 halaman

Diego Maradona

Salah satu superstar global sejati sepakbola, Diego Armando Maradona adalah salah satu pemain terbaik.

Messi sering dibandingkan dengan Maradona karena berbagai alasan; gaya bermain mereka, kebangsaan mereka dan perawakan mereka yang kecil. Maradona adalah pemain sepak bola yang brilian dan dinamis dengan passing, dribbling, dan kemampuan teknis yang luar biasa.

Petualangannya di Eropa dimulai dengan Barcelona, ​​tetapi ia menjadi yang terbaik di dunia di Napoli, di mana ia dipandang sebagai legenda.

Maradona hampir sendirian memenangkan Piala Dunia 1986 untuk Argentina dengan beberapa gol spesial yang benar-benar melampaui permainan itu sendiri. Suatu prestasi yang tidak dapat ditiru Messi. Hal ini membuat kritik dan penggemar menempatkan Maradona di atas Messi, setiap kali muncul perdebatan tentang siapa pemain terbaik di antara keduanya.

Sumber: Sportskeeda

Video Populer

Foto Populer