Sukses


Andai Tidak Dibatalkan, Pelatih Timnas Jerman Dukung Manuel Neuer Raih Ballon d'Or

Bola.com, Jakarta - Pelatih Timnas Jerman, Joachim Loew, memilih tidak menjagokan striker Bayern Munchen, Robert Lewandowski, untuk meraih Ballon d'Or. Low justru lebih memilih sang penjaga gawang juara Bundesliga dan Liga Champions itu, Manuel Neuer, sebagai peraih penghargaan untuk pemain terbaik dunia itu.

Robert Lewandowski tidak diragukan lagi tampil luar biasa pada musim 2019/2020. Menjadi mesin gol Bayern Munchen, Lewandowski mampu mencetak 55 gol di semua kompetisi.

Jumlah gol yang fantastis itu juga membantu Bayern Munchen meraih treble winners, termasuk memenangi Liga Champions pertama bagi Lewandowski dalam sepanjang kariernya.

Produktivitas gol tersebut membuat banyak yang menjagokan Lewandowski meraih Ballon d'Or. Sayang, penghargaan tersebut pada tahun ini dibatalkan karena adanya pandemi virus corona.

Seandainya tidak dibatalkan, Joachim Low mengaku tidak berpikir seperti kebanyakan orang yang memilih Lewandowski. Pelatih Timnas Jerman itu mengaku justru akan memilih Manuel Neuer yang tampil bagus sepanjang musim, terutama di Liga Champions.

"Manu ada di kelas yang berbeda, benar-benar luar biasa," ujar Joachim Low dalam situs resmi Bundesliga.

"Dia menjadi alasan besar mengapa Bayern Munchen memenangi Liga Champions. Bahkan di semifinal, ia melakukan dua atau tiga kali penyelamatan besar. Bayern bisa saja tertinggal 0-1 atau disamakan kembali menjadi 1-1 jika tak ada dirinya saat menghadapi Lyon dan PSG," lanjut Joachim Low tentang Manuel Neuer.

2 dari 3 halaman

Torehan Bagus

Joachim Low juga menegaskan Manuel Neuer memiliki peran yang sangat penting bagi Bayern Munchen. Keperkasaan Neuer mengawal gawang Bayern membuat tim Bavaria itu hanya kebobolan 50 kali sepanjang musim 2019-2020.

"Bagi saya, dia akan menjadi pemain terbaik dunia tahun ini. Manu berada dalam performa yang luar biasa sepanjang musim," ujar Low.

"Cara dia berperilaku, ketenangan, kehadirannya. Anda hanya akan merasa dia selalu ada," lanjutnya.

Sumber: Bundesliga

Disadur dari: Bola.net (Aga Deta, published 1/9/2020)

3 dari 3 halaman

Video

Video Populer

Foto Populer