Sukses


10 Bek Kiri dengan Mahar Transfer Termahal di Dunia: Hebat Mana Ben Chilwell, Luke Shaw, Sergio Reguilon?

Bola.com, Jakarta - Bek sayap bisa dibilang salah satu posisi paling penting dalam permainan sepak bola modern kekinian. Mereka unsur terpenting dalam serangan dan juga pertahanan.

Sebagian besar raksasa Eropa saat ini menganggap bek kiri sebagai kebutuhan utama. Mereka rela merogoh koceh banyak untuk mendapatkan pemain kelas dunia di posisi tersebut.

Klub-klub model Liverpool dan Bayern Munchen telah memimpin 'revolusi bek sayap' dalam persaingan elite sepak bola Benua Biru beberapa musim terakhir. Andy Robertson dan Alphonso Davies adalah dua bek kiri terbaik dunia saat ini. Mereka didatangkan dengan transfer murah. Begitu penampilannya on-fire bersama klub secara otomatis nilai jual keduanya terkerek naik.

Klub-klub lain bermimpi bisa mendapatkan pemain dengan kemampuan serupa. Chelsea, Manchester City, Real Madrid, dan Manchester United telah banyak berinvestasi pada bek sayap kiri.

Berikut ini daftar 10 bek kiri termahal di dunia, beberapa di antaranya telah membuktikan kualitasnya, ada juga yang masih mencari jati diri.

Video

2 dari 7 halaman

Peringkat 10-6

  • 10. Nico Schulz  (Borussia Dortmund) 25,5 juta euro
  • 9. Alex Sandro (Juventus) 26 juta euro
  • 8. Kieran Tierney (Arsenal) 27 juta euro
  • 7. Leonardo Spinazzola (AS Roma) 29,5 juta euro
  • 6. Fabio Coentrao (Real Madrid) 30 juta euro
3 dari 7 halaman

5. Sergio Reguilon (Tottenham) 30 juta uro

Sergio Reguilon tampil luar biasa musim lalu bersama Sevilla dengan torehan gelar Liga Europa. Mantan bek kiri Real Madrid itu dibeli Tottenham Hotspur musim panas ini. Jose Mourinho melihat ia sosok bek yang bisa menjadi solusi permasalahan di timnya.

Spurs membayar lebih dari 30 juta euro untuk Sergio Reguilon dan mengingat iklim keuangan saat ini di sepak bola Eropa, bek kiri Spanyol memiliki banyak pekerjaan yang harus dilakukan untuk membuktikan label harganya sepadan dengan kualitas permainan di lapangan.

Reguilon kemungkinan akan menggantikan posisi Ben Davies dalam susunan pemain Tottenham dalam beberapa bulan ke depan dan harus bekerja keras untuk mendapatkan dukungan Jose Mourinho. Bek kiri adalah bakat luar biasa dan bisa menjadi pemain fantastis di Liga Inggris.

4 dari 7 halaman

4. Luke Shaw (Manchester United) 37,5 juta euro

Luke Shaw disebut-sebut sebagai salah satu pemain muda Inggris terbaik setelah musim 2013-2014. Ia menjalani musim yang luar biasa bersama Southampton. Bek kiri berbakat itu kemudian pindah ke Manchester United pada musim berikutnya dengan biaya transfer 37,5 juta euro.

Bek sayap Inggris itu telah berjuang dengan cedera di Manchester United dan belum bisa mendapatkan tempat reguler di starting eleven. Luke Shaw sangat bisa diandalkan saat dia fit, tetapi hal itu belum terealisasi hingga saat ini.

Luke Shaw memang memiliki musim 2018-2019 yang positif untuk Manchester United tetapi berjuang dengan cedera lagi di tahun berikutnya. Ia masih memiliki beberapa tahun tersisa di masa jayanya, jika mau sedikit kerja keras plus beruntung tak dihantam cedera Shaw akan ada di level permainan terbaik.

5 dari 7 halaman

3. Ferland Mendy (Real Madrid) 48 juta euro

Ferland Mendy mencuat ke permukaan bersama Lyon pada musim 2018-2019. Barcelona dan Real Madrid langsung pasang radar memperhatikan pergerakan sang bek kiri berbakat tersebut.

Pada akhirnya Real Madrid mengalahkan musuh bebuyutan. Mereka sukses menggaet pemain Prancis tahun lalu dan menghabiskan brangkas mereka sebesar 48 juta euro.

Dengan Marcelo yang tidak semakin muda, Zinedine Zidane menaruh kepercayaan besar pada Ferland Mendy terutama di masa restart La Liga di tengah pandemi corona. Real Madrid meraih mahkota La Liga musim lalu dan Mendy memainkan peran penting dalam kesuksesan domestik timnya.

Ferland Mendy baru berusia 25 tahun dan kemungkinan akan mewarisi tempat Marcelo di tim.

6 dari 7 halaman

2. Ben Chilwell (Chelsea) 50 juta euro

Chelsea telah membuat gejolak di bursa transfer musim panas ini. Mereka berinvestasi besar pada pemain muda dan berbakat dari seluruh Eropa. The Blues mulai meremajakan pertahanan mereka tahun ini dan membawa bek kiri asli Inggris, Ben Chilwell ke klub dengan biaya transfer 50 juta euro yang menakjubkan.

Ben Chilwell menjadi inspirasi bagi Leicester City di musim 2019-2020 dan menarik perhatian beberapa klub elite Premier League. Chelsea memenangkan perlombaan untuk merekrutnya sebagai pengganti jangka panjang untuk Cesar Azpilicueta.

Bek Chelsea melakukan debutnya untuk klub dalam pertandingan Piala Liga Inggris saat The Blues menghajar 6-0 Barnsley. Chilwell adalah bek kiri dengan kemampuan lengkap yang pantas dihargai transfer mahal.

 

7 dari 7 halaman

1. Benjamin Mendy (Manchester City) 57,5 juta euro

Akuisisi Benjamin Mendy oleh Manchester City mengguncang pasar transfer pada 2017. Sang pemain digaet dengan biaya transfer 57,5 juta euro.

Citizens menghabiskan banyak uang untuk Kyle Walker hanya beberapa minggu sebelumnya dan kemudian mengelontorkan dana lebih besar buat seorang Benjamin Mendy.

Sementara Kyle Walker telah memantapkan dirinya di tim utama pilihan Pep Guardiola, karier Benjamin Mendy di klub suram telah penuh dengan cedera dan kontroversi. Bek kiri itu mengalami cedera ligamen anterior di musim pertamanya di klub dan mengalami kesulitan beradaptasi dengan sistem permainan Manchester City.

Joao Cancelo muncul sebagai alternatif yang layak sebagai bek kiri sementara untuk Pep Guardiola. Sang mentor amat berharap pemain termahalnya suatu saat bisa unjuk kapasitas sesuai banderol harganya.

Sumber: Sportskeeda

 

Video Populer

Foto Populer