Sukses


Roberto Mancini: Perubahan Taktik Timnas Belanda Bikin Italia Kaget

Bola.com, Bergamo - Pelatih Timnas Italia, Roberto Mancini, mengaku terkejut dengan perubahan taktik yang diterapkan Belanda pada laga keempat fase grup UEFA Nations League 2020/2021. Perubahan strategi skuad Oranje membuat Gli Azzurri kerepotan.

Italia sempat bersua Belanda dalam laga uji coba di Johan Cruijff Arena pada 8 September lalu. Dalam duel tersebut, Italia menerapkan formasi 4-3-3, sedangkan skuad Oranje bermain dengan taktik 4-2-3-1.

Bermain di kandang lawan, Gli Azzurri berhasil membungkam Timnas Belanda dengan skor 1-0. Gol tunggal kemenangan Italia dicetak Nicolo Barella pada menit ke-46.

Kedua tim kembali berhadapan, kali ini pada laga lanjutan fase grup UEFA Nations League di Gewiss Stadium, Kamis (15/10/2020) dini hari WIB. Melakoni duel ini, Timnas Italia masih menerapkan taktik 4-3-3.

Sementara itu, Belanda melakukan perubahan strategi. Pelatih Oranje, Frank de Boer, menggunakan formasi 3-5-2, dengan menempatkan Stefan de Vrij, Virgil van Dijk, dan Nathan Ake di jantung pertahanan.

Perubahan formasi yang diterapkan Timnas Belanda membuat Italia kewalahan. Gli Azzurri harus bekerja keras menembus solidnya pertahanan Belanda serta menguasai lini tengah.

Timnas Italia akhirnya harus puas bermain 1-1 kontra Belanda. Gol tunggal Italia dicetak Lorenzo Pellegrini pada menit ke-16, adapun gol Belanda disarangkan Donny van de Beek lewat tendangan 12 pas pada menit ke-25.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

2 dari 2 halaman

Kaget dengan Taktik Belanda

Roberto Mancini menyebut strategi Timnas Belanda dalam pertandingan tersebut membuat anak asuhnya kewalahan. Meski gagal memetik tiga poin, Mancini mengaku puas dengan penampilan Timnas Italia.

"Ini pertama kalinya mereka mengubah strategi dan itu mengejutkan, tetapi kami tahu ini akan menjadi pertandingan yang sulit. Lawan juga ada di sana, mereka bisa menciptakan masalah dan itulah yang terjadi malam ini," kata Mancini.

"Kami menyerang dan saya menilai secara keseluruhan kami menciptakan peluang yang paling jelas. Laga yang sulit, itu adalah pertandingan yang bagus, pertarungan yang sebenarnya," lanjut eks manajer Manchester City itu.

Hasil ini membuat Timnas Italia kini berada di peringkat kedua Grup 1 UEFA Nations League A dengan nilai enam. Mereka tertinggal satu angka dari Polandia yang berada di posisi teratas.

"Sekarang kami akan berhadapan langsung dengan Polandia untuk posisi teratas. Kami akan memenangkan dua laga berikutnya dan kemudian lolos ke semifinal," tuturnya.

Sumber: Football Italia

Video Populer

Foto Populer