Sukses


5 Fakta Menarik Lionel Messi di Liga Champions: Arsenal Jadi Lumbung Gol, Bayern Munchen Bikin Sesak

Bola.com, Jakarta - Liga Champions 2020/2021 kembali tersaji pekan ini. Satu pertandingan yang digelar adalah Barcelona kontra Ferencvaros. Artinya, Lionel Messi akan kembali beraksi di kompetisi paling elite di tanah Eropa itu.

Barcelona dan Ferencvaros belum pernah sekalipun bertemu di kompetisi klub UEFA. Pertandingan di Camp Nou ini menjadi pertemuan perdana kedua tim.

Barcelona tentu tidak akan meremehkan Ferencvaros, karena itu Ronald Koeman akan menurunkan pemain terbaiknya, termasuk Lionel Messi.

Pemain asal Argentina itu selalu menjadi andalan Barcelona, terutama ketika bertarung di Liga Champions. Lionel Messi merupakan satu di antara sejumlah bintang dunia yang kerap cemerlang di Liga Champions.

La Pulga sejauh ini memiliki prestasi yang sangat mentereng di kompetisi Eropa tersebut. Lionel Messi sudah mengumpulkan 115 gol dalam 143 pertandingan.

Video

2 dari 6 halaman

Debut Messi

Lionel Messi pertama kali tampil di Liga Champions pada 7 Desember 2004. Ketika itu Barcelona menghadapi Shakhtar Donetsk dalam pertandingan Grup A Liga Champions 2004/2005.

Messi bermain selama 90 menit dalam pertandingan tersebut. Sayangnya, debut La Pulga di kompetisi Eropa tersebut tidak berakhir dengan manis.

La Pulga gagal menghindarkan timnya dari kekalahan. Bermain di Ukraina, Barcelona dipaksa menyerah dengan skor 0-2.

3 dari 6 halaman

Gol Lionel Messi

Lionel Messi mencetak gol pertamanya dalam ajang Liga Champions pada 2 November 2005. Kala itu Barcelona menang 5-0 atas tim asal Yunani, Panathinaikos, dalam pertandingan fase grup C Liga Champions 2005/2006.

Messi mencetak satu gol dalam pertandingan tersebut, yakni pada menit ke-34. Ketika itu, usia Messi baru menginjak 18 tahun.

Sekarang Messi sudah mencetak 115 gol selama bermain di kompetisi elite Eropa. Ia terpaut 16 gol dari pencetak gol terbanyak sepanjang masa Liga Champions, Cristiano Ronaldo.

4 dari 6 halaman

Lawan Favorit: Arsenal

Arsenal menjadi lawan favorit Lionel Messi di Liga Champions. Sebab, La Pulga paling sering menjebol gawang The Gunners di kompetisi Eropa ini.

Messi berhasil mencetak gol ke gawang Arsenal sebanyak sembilan kali. Pencapaian itu dibuat hanya dalam enam pertemuan saja.

Messi tercatat paling banyak menjebol gawang Arsenal pada leg kedua babak perempat final Liga Champions 2009-2010. Dalam laga tersebut Si Kutu memborong semua gol kemenangan 4-1 Barcelona atas The Gunners.

5 dari 6 halaman

Juara

Lionel Messi juga pernah merasakan manisnya mengangkat trofi Liga Champions. Ia berhasil memenangkan trofi tersebut sebanyak empat kali bersama Barcelona.

Messi pertama kali meraih juara Liga Champions pada musim 2005/2006. Ketika itu Barcelona yang ditangani Frank Rijkaard berhasil mengalahkan Arsenal di final.

Messi kemudian kembali memenangkan Liga Champions pada musim 2008/2009, 2010/2011, dan 2014/2015. Pencapaian pada musim 2008/2009 dan 2014/2015 tentu terasa spesial karena Barcelona menutup musim dengan raihan treble winners.

6 dari 6 halaman

Lawan Terakhir: Tragis Menghadapi Bayern Munchen

Bayern Munchen menjadi lawan terakhir Lionel Messi di Liga Champions. Kedua tim bertemu pada babak perempat final Liga Champions musim lalu.

Namun, Messi harus menerima kenyataan pahit dalam pertandingan tersebut. Barcelona dipermalukan Bayern Munchen dengan skor telak 2-8 di Estadion da Luz, Portugal.

Delapan gol Bayern dicetak oleh Thomas Muller (2), Philippe Coutinho (2), Ivan Perisic, Serge Gnabry, Robert Lewandowski dan Joshua Kimmich. Sedangkan dua gol Barcelona dicetak Luis Suarez dan gol bunuh diri David Alaba.

Sumber: Berbagai sumber

Disadur dari: Bola.net (Aga Deta, published 20/10/2020)

Video Populer

Foto Populer