Sukses


9 Fakta Menarik Jelang Duel Ajax Vs Liverpool di Liga Champions

Bola.com, Amsterdam - Liverpool akan bersua Ajax Amsterdam di Johan Cruyff Arena pada laga perdana Grup D Liga Champions, Kamis (22/10/2020) dini hari WIB. Bagi The Reds, ini adalah pertemuan pertama kontra Ajax, setelah terakhir kali pada musim 1966/1967.

Kala itu, Liverpool berhadapan dengan Ajax dalam laga 16 besar Piala Champions. Skuad Si Merah dibuat tak berkutik dan menelan kekalahan agregat 3-7 dari Ajax Amsterdam.

Pada pertemuan pertama, 7 Desember 1966, Liverpool bertekuk lutut dengan skor 1-5. Adapun laga kedua fase 16 besar Piala Champions, 14 Desember 1966, The Reds harus puas bermain sama kuat 2-2.

Setelah 54 tahun berlalu, Liverpool bertekad untuk membalaskan hasil minor tersebut. Kemenangan tak hanya menuntaskan dendam kontra Ajax, namun juga mengembalikan kepercayaan diri anak asuh Jurgen Klopp tersebut.

Saat ini, Liverpool sedang dalam tren kurang bagus, karena hanya mampu meraih satu hasil imbang dan menelan dua kekalahan dari tiga laga terakhir di seluruh ajang. Teranyar, mereka ditahan 2-2 Everton pada pertandingan pekan kelima Premier League di Goodison Park, akhir pekan kemarin.

Meski begitu, Liverpool diprediksi tidak akan begitu saja mudah mengalahkan Ajax. Klub asuhan Erik ten Hag itu berhasil meraih empat kemenangan dan hanya sekali kalah, dari lima pertandingan yang sudah dijalani pada musim ini.

2 dari 4 halaman

Data dan Fakta Jelang Ajax Vs Liverpool

1. Ajax dan Liverpool untuk pertama kalinya bertemu, setelah terakhir kali terjadi pada Piala Champions 1966/1967. Kala itu, Ajax berhasil mendepak The Reds pada fase 16 besar dengan agregat 7-3.

2. Sejak kalah 1-5 dari Ajax pada Desember 1966, Liverpool tak terkalahkan dalam 13 pertemuan terakhir kontra klub Belanda di turnamen Eropa (8 menang; 5 imbang).

3. Ajax hanya meraih satu kemenangan dari enam pertemuan terakhir kontra klub Inggris di turnamen Eropa (2 imbang; 3 kalah). Satu-satunya kemenangan itu didapat ketika membungkam Tottenham Hotspur dengan skor 1-0, pada laga leg pertama semifinal Liga Champions 2018/2019.

4. Ajax hanya meraih satu kemenangan dari tujuh pertandingan kandang terakhir di Liga Champions (2 imbang; 4 kalah). Dua dari tiga kekalahan terakhir mereka pada periode tersebut didapat ketika bersua klub Inggris, yakni kalah 2-3 dari Tottenham pada Mei 2019 dan takluk 0-1 dari Chelsea pada Oktober 2019.

5. Liverpool menelan kekalahan dalam dua pertandingan terakhir di Liga Champions (keduanya didapat kontra Atletico Madrid pada musim lalu). The Reds belum pernah menelan tiga kekalahan secara beruntun di Liga Champions, sejak Oktober sampai November 2014.

3 dari 4 halaman

Data dan Fakta Jelang Ajax Vs Liverpool

6. Gelandang serang Ajax Amsterdam, Dusan Tadic, telah berkontribusi dalam 13 gol dari 18 penampilannya di Liga Champions (6 gol; 7 assist). Jumlah tersebut membuat Tadic menjadi pemain dengan kontribusi gol terbanyak untuk klub asal Belanda, sejak awal musim 2018/2019.

7. Roberto Firmino telah terlibat langsung dalam 26 gol dari 33 pertandingan Liga Champions bersama Liverpool (15 gol dan 11 assist).

8. Andai tampil pada duel kontra Liverpool, Klaas Jan Huntelaar (37 tahun dan 71 hari) akan menjadi pemain kedua yang tampil bersama Ajax di Liga Champions pada usia 37 tahun. Sebelumnya adalah Danny Blind pada 1998.

9. Sejak melakukan debut di Liga Champions bersama Liverpool pada September 2017, Mohamed Salah telah mencetak 19 gol di Liga Champions. Jumlah tersebut adalah yang terbanyak dibandingkan pemain lain dari klub Inggris, pada periode yang sama.

Sumber: BBC

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Video Populer

Foto Populer